Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Masuk Film Tiongkok, Pesona Manado Sukses Pukau Penonton

Masuk Film Tiongkok, Pesona Manado Sukses Pukau Penonton Manado (Foto: Shutterstock)

Dream - Pesona Manado sepertinya tidak akan pernah ada habisnya menggoda sineas dunia. Tengok saja film 'Predecessor 3: Goodbye Former'. Film besutan sineas Tiongkok yang sukses mengangkat pesona Manado ke layar perak.

Torehan gemilang langsung dibukukan film bergenre roman urban ini. Di hari pertama pemutaran, film ini langsung menempati tiga besar box office di Tiongkok. Tiket terjual minimal 70% hingga mendatangkan pendapatan RMB 1,4 miliar. Padahal harga tiket itu dibanderol RMB 50 sampai RMB 100. Dibintangi Han Geng dan Zheng Kai, film ini berhasil memanaskan daratan Tiongkok yang memasuki musim salju.

"Masuknya film yang syuting di Manado menjadi box office di Tiongkok tentu luar biasa. Secara teknis film ini berkualitas. Alur cerita menarik dan pengerjaannya bagus," ujar Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Daniel A Mewengkang, dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 15 Januari 2018.

Rekor baru ditorehkan film ini. Predecessor 3 diklaim melewati status blockbuster milik 'Passing Your World' atau 'Beijing Meets Seattle'. Pemerhati film Tiongkok pun memprediksi, film ini akan menembus pendapatan RMB 1,8 miliar dalam waktu dekat. "Packaging dari film ini juga disempurnakan dengan lokasi syuting yang eksotis. Wajar bila banyak yang menyukainya," terang Daniel.

Memakai trailer-nya sebagai acuan, Predecessor 3 mengeksplor semua latar. Klub malam yang glamor hingga nuansa hangat rumah dipilih sebagai warna latarnya. Untuk outdoor, kota beserta landmark-nya plus nuansa laut pun dieksplorasi total. Keindahan pantai beserta bawah laut Manado menjadi spot yang menonjol di film tersebut.

"Sutradara film Predecessor 3 jeli. Keindahan bawah laut Manado juga muncul. Keindahan bawah laut Manado sudah sudah tidak diragukan lagi dengan Bunakennya," ujar Daniel.

Menjadi ikon dunia dan diakui UNESCO, Bunaken adalah surganya bawah laut Manado. Menempati perairan seluas 89.065 hektar, taman laut ini punya 13 dive spot. Kedalamannya bervariasi hingga 1.344 meter. Aneka warna terumbu karangnya wow dengan 2.000 spesies ikan dan biota laut lainnya. Unicorn, sweetlip, trigger, dansel, dan wrase adalah ikan yang kerap dijumpai.

Bila menyelam di kedalaman 1.000 meter, ikan besar akan menyapa. Hiu kepala martil, lumba-lumba, pari, layar, marlin hingga ikan paus akan menemani penyelam menikmati suasana. "Bunaken memang terkenal. Namun Manado bukan hanya Bunaken. Masih banyak spot bagus lainnya. Taman Laut Tumbak, Pulau Siladen, Pulau Lembah, juga Pantai Malalayang. Pilihan lokasi film Predecessor 3 sudah tepat," jelas Daniel.

Mengacu film Predecessor 3, atraksi di Manado itu juara. Pemerintah daerahnya juga getol mengembangkan pariwisata. Amenitasnya jangan ditanya. Dari mulai homestay sampai hotel dan resort berkelas ada di Manado. Mencari harga di atas Rp1 juta, Ibis Manado City, Heine Hotel & Resto, Onong Resort, atau Bahowo Lodge bisa menjadi referensi. Untuk medium ada Novotel, NDC Resort & Spa, dan Grand Luley. Homestay pun bertebaran di Manado.

"Hotel di Manado itu bagus-bagus dan nyaman. Mau penginapan yang lebih intim tinggal menginap di homestay desa wisata. Soal fasilitas jangan ragu, fasilitasnya tidak kalah dengan hotel berbintang. Harganya pun sangat terjangkau," katanya.

Kulinernya? Yang khas dan nikmat banyak. Nasinya bisa dipilih. Yang Kuning Saroja atau Jaha. Lauknya Ayam Tuturuga, Ayam Woku Woku, atau Ikan Cakalang Fufu. Biar tambah nikmat ditambah Sambal Roa atau Sambal Bakasang. "Kalau kuliner tidak perlu berbusa-busa diterangkan. Sudah pasti nikmat. Kalau harga ya sudah pasti murah-murah," tutur Daniel.

Soal akses tidak perlu diragukan lagi. Sudah ada 15 tujuan penerbangan domestik dan 9 penerbangan internasional ke Manado. Koneksi internasionalnya langsung tersambung dengan Singapura dan 8 kota di Tiongkok.

Fasilitas Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado juga makin keren. Sudah banyak upgrade dilakukan oleh bandara ini. Tahun ini Kapasitasitas terminal dinaikkan jadi 30.000 meter persegi. Panjang runway juga digenapi 3.000 meter.

Tampilnya Manado di film produksi Tiongkok pun disambut gembira oleh Menpar Arief Yahya. Dia jadi makin yakin, pamor Manado akan makin berkibar di level dunia. Sebab, fenomena menziarahi tempat-tempat yang berada dalam film, bukanlah hal baru. Selama ini film terbukti menjadi promosi yang baik bagi pariwisata.

"Manado sudah sering digunakan sebagai lokasi syuting. Sineas-sineas asal Korea Selatan sering ke sana. Manado punya segalanya. Attraction, accessibility, dan amenities sudah oke semua. Dengan respon besar dari film Predecessor 3, kami yakin akan semakin banyak wisatawan Tiongkok yang ke Manado," tegas Menteri Pariwisata Arief Yahya.

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Detik-Detik Ledakan Dahsyat di Gudang Peluru Bekasi, Api Membumbung Tinggi
Detik-Detik Ledakan Dahsyat di Gudang Peluru Bekasi, Api Membumbung Tinggi

Terlihat juga dari video lain, sejumlah warga panik dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Sosok Putih Melayang di Jalan Gelap, Dari Dekat Terungkap Aslinya
Detik-Detik Sosok Putih Melayang di Jalan Gelap, Dari Dekat Terungkap Aslinya

Momen lucu wanita bermukena naik skuter di jalan gelap bikin yang lewat deg-degan.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Cak Imin Ditegur karena Main Ponsel di Sidang Sengketa Pilpres, Ketua MK Beri Peringatan
Detik-Detik Cak Imin Ditegur karena Main Ponsel di Sidang Sengketa Pilpres, Ketua MK Beri Peringatan

Main ponsel ketika sidang, cak imin kena tegur petugas.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pesona Pantai Pangasan di Pacitan, Ada Hamparan Sawah yang Manjakan Mata
Pesona Pantai Pangasan di Pacitan, Ada Hamparan Sawah yang Manjakan Mata

Ketika pesona pantai dan sawah berdeketan, nikmat mana lagi yang mau kamu dustakan?

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Menegangkan Warga Temukan Ular Piton dalam Rumah, Sembunyi di Balik Lemari
Detik-Detik Menegangkan Warga Temukan Ular Piton dalam Rumah, Sembunyi di Balik Lemari

Momen warga temukan ular piton di balik lemari, bikin merinding!

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Open Minded
NOTED KAK! Open Minded

Sahabat Dream, ada gak sih temen kalian yang se-open minded ini? Kamu seterbuka Dreamitie ini nggak sih?

Baca Selengkapnya