Melihat 10 Masjid Megah di Cape Town Afrika Selatan

Inilah beberapa masjid yang wajib kamu kunjungi di Cape Town, Afrika Selatan.

Puri Yuanita
| 11 September 2017 08:19

Dream - Masjid-masjid yang paling menonjol di Cape Town, Afrika ini memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan yang ramah muslim di Afrika Selatan. Dengan beberapa diantaranya yang merupakan masjid tertua di Cape Town dari tahun 1800-an, yang menyimpan makna historis tentang bagaimana para muslim terdahulu menciptakan komunitasnya.

Berikut ini adalah beberapa masjid yang wajib kamu kunjungi di Cape Town, Afrika Selatan:

1. Auwal Mosque, 43 Dorp Street, Bo-Kaap

Masjid Auwal adalah salah satu dari masjid terkenal di Afrika Selatan karena merupakan masjid pertama yang dibangun di negara tersebut. Berlokasi di Distrik Bo-Kaap, Masjid Auwal dibangun pada tahun 1794 di atas lahan milik Coridon Van Ceylon yang merupakan budak bebas, setelah anak perempuannya mewarisi tanah tersebut dan mendonasikan propertinya. Masjid Auwal merupakan masjid tertua di Cape Town dan memegang peranan penting pada masa perjuangan Islam untuk dapat diterima di Afrika.

2. Palm Tree Mosque, 185 Long Street, Cape Town City Centre

Masjid Palm Tree merupakan salah satu masjid yang populer di Cape Town, dan termasuk masjid tertua nomor dua di Afrika Selatan. Dibangun pada tahun 1788 dan kemudian dibeli oleh Jan Van Bougies dan Frans Van Bengal yang mengembangkan masjidnya di tahun 1807.

3. Habibia Soofie Saheb Masjid, 63 Flat Road, Rylands

Masjid ini dibangun di tahun 1905 oleh Hazrath Soofie Saheb dan masih menjadi masjid populer di Cape Town, Afrika Selatan, di area Rylands. Menara dan kubah utamanya paling menarik perhatian dengan warna hijau dan putih, ditambah dengan aksen emas dan jeruji putih pada interiornya.

4. Masjid Boorhaanol Islam, 196 Longmarket Street, Bokaap

Masjid Boorhaanol merupakan masjid yang terkenal di kawasan Bo-Kaap, Cape Town. Masjid ini dikenal dengan aksitekturnya yang simpel, cantik, dengan interiornya yang berwarna hijau dan putih. Dulu, masjid ini dikenal dengan nama Masjid Pilgrims dan pertama kali dibangun di tahun 1884 dan direnovasi di tahun 1903. Namanya kemudian diganti pada tahun 1970 dan dijadikan monumen nasional.

5. Jumu'a Mosque of Cape Town, Greys Pass, Orange Street

Masjid Jumu'a didirikan oleh Shaykh Dr. Abdalqadir as-Sufi di tahun 2006. Walaupun masjidnya masih berusia muda, masjid ini terkenal karena sering diadakannya aktivitas komunitas muslim.

6. Zeenatul Islam Masjid, Chapel Street (Muir Street Mosque Cape Town)

Masjid yang juga terkenal di Cape Town ini dibangun pada tahun 1923, dan merupakan masjid terbesar di Cape Town dan menjadi tempat diselenggarakannya aktifitas budaya.

7. Masjid Nurul Islam, 134 Buitengracht St, Cape Town City Centre

Masjid Nurul Islam merupakan masjid tertua ketiga di Cape Town dan didirikan oleh Imam Abdol Rauf di tahun 1844 dan dapat menampung hingga 700 jamaah. Masjid ini terkenal di daerah Bo-Kaap.

8. Jameah Mosque, Lower Chiappini Street, Bo Kaap

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Queen Victoria dan menggunakan lahan yang memang khusus untuk dibangun masjid. Bangunan ini juga merupakan masjid terbesar di daerah Bo-Kaap. Tadinya, lahan masjid ini didapatkan melalui konflik Battle of the Axe dan Battle of Blaauwberg.

9. Coowatul Mosque, Loop Street, Cape Town

Masjid Coowatul dibangun pada tahun 1892 semasa meningkatnya pemukim India dan Mauritian yang tiba di Afrika Selatan. Masjid ini juga merupakan masjid India pertama di Cape Town. Ciri khas masjid ini adalah nuansa putih dan aksen hijau gelap yang terdapat pada eksteriornya.

10. Mosque Shafee, Upper Chiappini Street, Bo Kaap

Masjid yang terletak di Chiappini Street ini merupakan masjid kelima yang dibangun di area Bo-Kaap pada tahun 1859 dan memegang peran penting dalam menyatukan komunitas Islam. Hingga sekarang, masjid ini masih menjadi situs bersejarah yang penting.

(Sumber: halaltrip.com/Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Reza Rahadian Sebutkan Kriteria untuk Jadi Manajernya!

Jangan Lewatkan