Melihat Gunung Meletus dari Jarak Dekat di NTT

Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Festival 3 Gunung Lembata 2018 pada 22-29 September.

Muhammad Ilman Nafi'an
| 7 Mei 2018 17:32

Dream - Destinasi wisata alam menjadi salah satu andalan Indonesia untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Kali ini, Kabupaten Lembaga, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Festival 3 Gunung Lembata 2018 pada 22-29 September.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur mengatakan, festival ini diselenggarakan bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Lembata.

" Dalam event ini, akan menampilkan tiga keunikan gunung yaitu Ile Lewotolok, Ile Batutara dan Ile Werung sebagai daya tarik wisata alam," ujar Eliaser di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin 7 Mei 2018.

Eliaser menjelaskan, tiga gunung tersebut memiliki keunikan masing-masing salah satunya gunung Ile Batutara yang meletus setiap 20 menit sekali dan proses letusannya bisa ditonton oleh para pengunjung.

" Kita bisa tonton dalam jarak 50 meter," ucap dia.

Gunung Ile Batutara ini juga mendapat medali perak kategori destinasi wisata terunik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017.

Ia melanjutkan, gunung Ile Lewotolok memiliki kawah di puncaknya yang luas dan berpasir putih. Sehingga, dapat digunakan untuk bermain sepak bola. Tak hanya itu, obyek wisata rumah adat juga berada di gunung ini.

Kemudian, gunung Ile Werung memiliki panorama alam yang eksotik. Menurut Eliaser, di gunung ini terdapat sarang burung walet dan gua atau terowongan dari dalam gunung yang menembus hingga lantai.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan, ada dua hal yang sangat penting untuk menjadikan destinasi wisata yang berkualitas.

" Pertama keaslian, kedua kekhasan, suatu yang berada dari yang lain. Pasti di Lembata ini ada keunikannya, mulai dari budayanya, kainnya," kata I Gde.

Topik Terkait :

Audi Marissa - Anthony Xie | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 3

Jangan Lewatkan