Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Melongok Kemeriahan Pasar Ramadan di Malaysia

Melongok Kemeriahan Pasar Ramadan di Malaysia Pasar Di Malaysia (Foto: Shutterstock)

Dream - Salah satu tujuan wisata kuliner yang terkenal di Kuala Lumpur adalah 'weekly night markets', di mana pecinta makanan dapat menemukan berbagai macam camilan lokal Melayu dan mencicipi masakan lezat dari komunitas besar China dan India di kota itu.

Tetapi pasar malam terkenal dan terbesar itu hanya ada sekali setahun, yakni selama bulan suci Ramadan. Karena umat Muslim berpuasa sepanjang hari, pasar malam di Kuala Lumpur adalah tempat yang sempurna untuk mengisi perut kosong saat waktu berbuka puasa tiba.

Pada siang hari, pasar tersebut menawarkan tempat terbaik untuk berbelanja semua kebutuhan masyarakat untuk Hari Raya Idul Fitri, yang menandai akhir Ramadan dan merupakan festival terbesar Malaysia tahun ini.

Selama satu bulan penuh, jalan-jalan di sekitar Jalan Tuanku Abdul Rahman - distrik perbelanjaan utama Kuala Lumpur - berubah menjadi bazaar tenda berwarna-warni yang ramai. Terletak di sekitar sudut dari tempat wisata yang wajib dikunjungi seperti Masjid Jamek dan Alun-Alun Merdeka, pasar tersebut menyediakan suasana yang menyenangkan, serta menyelam ke dalam tradisi kuno metropolis yang sangat modern ini.

Warung makanan mengambil peran terbesar dari pasar, menawarkan makanan favorit klasik Malaysia, serta camilan yang hanya dimakan selama Ramadan dan Hari Raya.

Makanan favorit wisatawan di pasar ini adalah rendang, kari pedas yang diisi dengan potongan daging sapi yang sangat besar dan lembut. Camilan pasar populer lainnya termasuk roti john, sandwich terbuka seperti pizza, char kuey teow, mi beras tumis, serta pangsit dan makanan ringan lainnya.

Mengembara melalui pasar di Kuala Lumpur, Anda pasti akan melihat banyak paket kecil dibungkus dengan daun lontar. Ini adalah ketupat, dan di dalam cangkang berdaun itu adalah kue beras ketan, padanan sempurna untuk rendang dan hidangan lainnya yang disajikan di meja makan pada saat Hari Raya.

Sementara, camilan favorit yang paling dicari di pasar di Kuala Lumpur adalah kuih lapis, kue kukus lembut yang terbuat dari tepung beras dan santan. Makanan yang berwarna-warni seperti neon ini sangat lezat dan hadir dalam berbagai macam rasa. Untuk warna hijau pada kue, terbuat dari pandan, tanaman lokal yang mirip dengan vanili, tetapi dengan rasa herbal yang menggiurkan.

Tak jauh berbeda dengan Indonesia, demam petasan juga terjadi di Malaysia saat Ramadan tiba. Kembang api secara teknis memang ilegal di Malaysia, tapi itu tidak menghentikan penjual untuk berjualan. Saat malam tiba Anda akan melihat kembang api menghiasi langit di atas pasar malam.

Perjalanan ke pasar Ramadan di Kuala Lumpur adalah pemandangan yang menarik. Wisatawan bisa menyelam lebih dalam ke tradisi budaya dan agama Malaysia.

(Sumber: whywaittoseetheworld.com)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penumpang Boleh Buka Puasa di Gerbong KRL, Begini Aturannya
Penumpang Boleh Buka Puasa di Gerbong KRL, Begini Aturannya

Begini aturan berbuka puasa di KRL selama Ramadan 2024

Baca Selengkapnya
Ketentuan Puasa bagi Musafir, Mana yang Lebih Utama Antara Tetap Puasa atau Membatalkannya?
Ketentuan Puasa bagi Musafir, Mana yang Lebih Utama Antara Tetap Puasa atau Membatalkannya?

Ketentuan puasa Ramadan bagi musafir dalam membatalkan atau melanjutkan puasanya disesuaikan dengan kondisi mereka.

Baca Selengkapnya
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan pada 10 Maret 2024, Berikut 134 Titik Seluruh Indonesia

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Puasa Ramadan Sebentar Lagi, Ini Dia Persiapannya agar Lebih Khusyuk dan Maksimal
Puasa Ramadan Sebentar Lagi, Ini Dia Persiapannya agar Lebih Khusyuk dan Maksimal

Bulan Ramadan menjadi momen untuk melatih kesabaran serta ketakwaan di dalam diri.

Baca Selengkapnya