Memanjakan Selera dengan Khazanah Kuliner Gorontalo yang Kaya

Gorontalo punya sejumlah menu yang mulai bahkan sudah hilang. Hal ini memupuk kesadaran kaum muda untuk melestarikan kekayaan kuliner Gorontalo.

Ahmad Baiquni
| 19 Desember 2021 13:09

Dream - Setiap daerah, tidak dapat dipungkiri, punya karakter khas yang menjadi identitas. Tak melulu soal produk budaya benda namun hingga pada dunia kulinernya.

Apalagi, kebanyakan daerah di Indonesia punya memperlakukan makanan tak sekadar untuk konsumsi. Lebih dari itu, makanan menjadi simbol syukur dan hanya terjadi dalam momen tertentu.

Seperti Gorontalo yang memiliki khazanah kuliner begitu kaya. Meski peruntukannya mengalami perubahan, khazanah tersebut terawat baik hingga menjadi kebanggaan Gorontalo.

Kontestan MasterChef Indonesia Musim 8, Seto Nurseto, mengungkapkan kuliner Gorontalo punya karakter cukup beragam, yang banyak berkaitan dengan kehidupan. Dia yakin, ada kuliner Gorontalo yang begitu identik dengan kelahiran, pernikahan, dan kematian.

" Salah satunya Tili'aya, yang menjadi syarat dalam acara syukuran adat," ujar Seto.

Selain itu, ada nasi kuning yang disajikan dalam bentuk segitiga. Dia menjelaskan nasi kuning menyimbolkan gunung emas perlambang kemakmuran.

" Dulu, nasi kuning berfungsi sebagai sesaji sebelum orang masuk ke hutan. Namun, ketika Islam masuk, sesaji perlahan ditinggalkan," kata Seto.

Pelaku UMKM Bakul Goronto, Zahra Khan, mengungkapkan beberapa kuliner Gorontalo mulai sulit ditemukan. Seperti Milu Siram Pulo atau Binde Biluhuta.

Dua kuliner ini memiliki bahan dasar jagung pulut. Sementara, keberadaan jagung pulut sendiri sudah sulit ditemukan lantaran banyak petani lebih suka menanam jagung hibrida.

Menyadari hal tersebut, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LKTL) menjalin kemitraan dengan sejumlah restoran untuk mengangkat menu Milu Siram Pilo. Langkah ini sebagai bagian untuk mempromosikan kuliner khas Gorontalo selaku salah satu anggota LKTL agar dapat lestari.

 

Selanjutnya :

Kuatnya Pengaruh Arab

Kabar Terbaru Betharia Sonata, Makin Cantik Gunakan Hijab, Dipuji Awet Muda!

Jangan Lewatkan