Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menapaki Romantisme Karawang Tempo Dulu di Bendung Walahar

Menapaki Romantisme Karawang Tempo Dulu di Bendung Walahar Bendung Walahar (Shutterstock.com)

Dream - Di masa PPKM saat ini, kita belum bisa bebas bepergian meski sudah banyak aktivitas dilonggarkan. Masih banyak destinasi wisata yang belum diizinkan dibuka.

Tapi buat kamu yang sudah ingin jalan-jalan, tidak ada salahnya menghabiskan waktu libur di Karawang, Jawa Barat. Kabupaten yang tidak terlalu jauh dari Jakarta ini punya banyak destinasi menarik.

Apalagi buat kamu penyuka tempat yang menggambarkan romantisme tempo dulu. Karawang jadi pilihan tepat.

Walahar

Salah satu tempat yang pas buat liburan adalah Bendung Walahar. Bendungan yang berlokasi di Klari ini punya desain eksotis khas bangunan era kolonial.

Bendungan ini dibangun pada 1925 oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda untuk mengairi sawah-sawah di Karawang, Hingga saat ini, bendungan yang mengatur debit air Sungai Citarum ini masih berfungsi.

 

Jembatan Eksotis

Pembangunan bendungan ini berangkat dari persoalan yang dihadapi para petani Karawang yaitu kekeringan. Dampaknya, hasil pertanian tidak maksimal.

Tak semata untuk pintu air, bangunan dari bendungan ini sejak awal juga difungsikan sebagai jembatan penyeberangan. Untuk memudahkan pemantauan, sepanjang bangunan dibuat beratap.

Walahar

 

Konsep ini ternyata mendatangkan manfaat tambahan. Orang jadi bisa menikmati pemandangan Sungai Citarum dengan nyaman tanpa perlu kepanasan maupun kehujanan.

Bangunan ini kemudian menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Karawang. Banyak dari mereka memanfaatkan waktu luang untuk bersantai menikmati suasana di sekitar Sungai Citarum yang sejuk.

Sumber: Merdeka.com.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP