Mencicip Kelezatan Menu Kantin Ramah Muslim di Jepang

Menu yang disajikan cukup sehat dan segar.

Ahmad Baiquni
| 24 Februari 2020 14:36

Dream - Jepang merupakan negara yang kerap menjadi tujuan masyarakat Muslim. Mereka punya kepentingan beragam, mulai dari bekerja, sekolah, maupun travelling.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi umat Islam ketika berada di Jepang adalah makanan halal. Tetapi, masalah itu perlahan teratasi dengan semakin banyaknya tempat makan ramah Muslim yang menyediakan menu halal.

Salah satu tempat makan itu adalah Premium Marche Cafe. Kantin yang dikelola produsen mesin diesel, Yanmar Co., Ltd., dan beroperasi di kantor pusatnya di Osaka ini menyajikan menu Muslim-friendly.

Kantin yang pertama kali beroperasi pada 1 Maret 2016 ini merupakan salah satu wujud komitmen Yanmar dalam melayani karyawan dan pengunjung beragama Islam. Meski menu yang tersedia ramah Muslim, para pekerja Jepang dan pengunjung non-Muslim tetap bisa menikmatinya.

 Menu ramah Muslim

Penyediaan menu ramah Muslim merupakan gagasan dari salah satu karyawan Yanmar, Shohruhbek Ibragimov. Sejak bergabung dengan Yanmar pada 2011, Shohruhbek memprakarsai perubahan dan menginspirasi rekan kerjanya dalam proyek menyediakan makanan ramah Muslim di kantin.

Sebagai seorang Muslim, Shohrunbek mengalami sendiri betapa sulitnya menemukan makanan halal di Jepang. Hal itulah menjadi motivasi bagi dia dalam proyek tersebut.

Suasana di Premium Marche Cafe cukup nyaman. Ditambah adanya ruang khusus sholat, membuat betah beribadah di tempat ini.

 ruang sholat kantin ramah muslim Jepang

Menunya tak sekadar ramah Muslim namun juga sehat, segar dan istimewa. Seluruh menu dimasak menggunakan bahan hasil para petani setempat yang menggunakan mesin pertanian Yanmar.

Tak hanya itu, tersedia pula kue ramah Muslim yaitu Baumkuchen yang telah tersertifikasi halal.

" Saya ingat ketika saya berkunjung ke the Premium Marche Cafe di kantor pusat Yanmar, saya terkejut karena mereka menyediakan menu ramah Muslim dan ruangan sholat," ucap karyawan PT. Yanmar Diesel Indonesia, Rino Ardaya Taher, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Sebagai seorang Muslim, Rino tentu memandang makanan halal dan tempat sholat sebagai kebutuhan primer. Makanan bersertifikat halal serta alat makan yang tersedia secara terpisah membuatnya nyaman ketika makan di Premium Marche Cafe.

" Setiap kali saya datang ke Osaka, the Premium Marche Cafe di kantor pusat Yanmar jadi tempat favorit saya," kata dia.

 Kantin ramah muslim Jepang

The Premium Marche Cafe menerapkan standar ketat dalam penyediaan menu ramah Muslim. Seperti menu tidak mengandung babi, produk babi, maupun alkohol.

Daging yang digunakan seluruhnya bersertifikat halal. Selain itu, zat aditif yang dipakai juga telah mengantongi sertifikat halal serta sudah diperiksa secara teliti.

Syarat selanjutnya, peralatan memasak dan makan disimpan secara terpisah dari peralatan yang digunakan untuk memasak maupun mengonsumsi makanan non-halal.

Menuju kantin ini tidaklah sulit. Kamu cukup berjalan kaki selama lima menit dari Hankyu Line Umeda Station, delapan menit dari Subway Umeda Station, dan 10 menit dari JR Osaka Station menuju Yanmar Flying-Y Building.

Lokasi kantin terletak di lantai 12 kantor pusat Yanmar. Kantin ini melayani karyawan dan pengunjung setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 11.00 hingga 15.00 dengan pemesanan terakhir pukul 14.30 waktu setempat.

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK

Jangan Lewatkan