Mengenal Singapura Lewat Budaya Baba dan Nyonya yang Unik

Baba dan Nyonya merupakan representasi dari hasil akulturasi budaya China dan pribumi Melayu.

Ahmad Baiquni
| 31 Oktober 2021 19:37

Kuliner Khas

Puas berfoto, lepaskan lelahmu dengan menikmati beragam kuliner khas Katong. Ada banyak kuliner legendaris Katong yang ramah Muslim dan pastinya harus dicoba.

Salah satu menu wajib coba adalah laksa Katong. Bisa dibilang, makanan ini menjadi wakil Singapura karena punya karakter yang tidak ada pada laksa di negara lain.

Laksa Katong terkenal dengan mi putihnya yang terbuat dari tepung beras. Kuah kaldu udang gurih dan segar menjadi inti dari kenikmatan menu ini.

Katong

Ada dua kedai laksa legendaris di Katong yaitu 328 Katong Laksa dan Kedai Janggut Laksa. Keduanya adalah kedai yang menyajikan rasa laksa original sekaligus ramah Muslim.

Selain laksa, jangan lupa mencicipi kueh Peranakan di Katong. Camilan klasik ini dibuat dengan bahan berkualitas tinggi dan cocok untuk sarapan atau minum teh sore.

Kueh juga menjadi salah satu ciri khas makanan Peranakan di Singapura, karena banyak resepnya tetap bertahan antar generasi.

Rekomendasi kueh Peranakan yang bisa kamu coba di Katong seperti Ang Ku Kueh. Kue berbentuk cangkang kura-kura ini terbuat dari bahan tepung beras ketan yang kenyal dan isian kacang hijau yang dihaluskan.

Ada juga Sugee Cake yang merupakan kue bolu almond dilapisi gula icing di atasnya. Camilan ini merupakan kue khas komunitas Eurasian, yang mendapatkan pengaruh kue Eropa.

Inovasi kueh Peranakan dengan bahan premium seperti durian juga sedang hits di Singapura. Kueh salat yaitu kueh dengan dua lapisan, ketan, krim pandan, dan kelapa kini dibuat versi durian. Kueh lapis, pineapple tarts (nastar), dan mooncake (kue bulan), juga dikreasikan dengan isian durian di Singapura.

Masih ada banyak sekali hal menarik yang bisa kamu dapatkan di Katong. Segera masukkan dalam catatan rencana liburanmu dan wujudkan begitu pandemi selesai ya.

Kenangan Kiki Farrel Tentang Almarhumah Mama Dahlia Semasa Hidup

Jangan Lewatkan