Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mengenang Pahlawan, 4 Tempat di Surabaya Ini Perlu Disambangi

Mengenang Pahlawan, 4 Tempat di Surabaya Ini Perlu Disambangi Jembatan Merah (Foto: Begajol.com)

Dream - Hari ini, tepatnya tanggal 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan. Bicara soal Hari Pahlawan, maka menarik rasanya untuk membahas Kota Surabaya.

Sebab, Surabaya merupakan kota yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan Indonesia ketika melawan tentara Inggris pada 10 November 1945 silam. Kalau kamu bertandang ke Surabaya saat ini pun, suasana perjuangan dan patriotisme pun masih begitu kentara.

Terlebih jika kamu menyambangi beberapa tempat bersejarah berikut ini. Apa saja tempatnya? Simak yuk ulasannya!

1. Tugu Pahlawan

Terletak di Jalan Tembaan, depan kantor gubernur, Tugu Pahlawan dibangun untuk mengenang dan menghormati para prajurit Surabaya yang tewas dalam pertempuran besar 10 November. Tugu ini dibangun dengan bentuk paku terbalik dan memiliki ketinggian 40,45 meter serta berdiameter 3,10 meter.

Bagian bawahnya berdiameter 1,30 meter dan dihiasi dengan "Trisula" bergambar, "Cakra", serta "Padma" yang merupakan simbol api perjuangan.

surabaya

(Sumber: club.iyaa.com)

2. Jembatan Merah

Jembatan Merah menjadi saksi pertempuran antara pemuda Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby yang berakhir dengan kematian Birgjen Mallaby.

Dulunya, jembatan tersebut hanya menggunakan pagar kayu sebagai pembatas. Tapi sekarang, sudah menggunakan pagar besi. Warna merah pada pagar pembatas digunakan untuk mengenang pertumpahan darah yang pernah terjadi.

surabaya

(Sumber: panduanwisata.id)

3. Gedung Pertamina

Gedung Pertamina terletak tak jauh dari Jembatan Merah, tepatnya di jalan Niaga. Gedung ini dibangun pada 25 Oktober 1945 lalu diduduki oleh pasukan sekutu di bawah pimpinan Kolonel Pugh. 

Di gedung tersebut, ia mengajari cara merampas senjata perang warga Surabaya. Sehingga, menimbulkan pertempuran yang menewaskan Brigjen Mallaby di sekitar Jembatan Merah.

surabaya

(Sumber: pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com)

4. Monumen Jenderal Soedirman

Monumen Jenderal Soedirman yang berada di Yos Sudarso berdiri sejak 10 November 1970 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto untuk memperingati Hari Pahlawan. Monumen tersebut menampilkan patung Jenderal Soedirman dengan seragam PETA, sepatu boot, dan sebilah pedang di pinggang sebelah kiri.

Di bawah patung terdapat kubus dan di sisi-sisinya terpampang kata-kata Jenderal Soedirman yang sering dilontarkan selama revolusi fisik berlangsung. Jasa Soedirman yang terbesar adalah beliau berhasil memukul mundur tentara Inggris ke Semarang. Peristiwa ini disebut Palagan Ambarawa dan berlangsung dari 12 sampai 15 Desember 1945. Usai peristiwa bersejarah itu, Soedirman diangkat menjadi Panglima Besar TKR (Tentara Keamanan Rakyat).

surabaya

(Sumber: pegipegi.com)

(Berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Beda Pernyataan Istana dan NasDem Soal Pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi

Beda Pernyataan Istana dan NasDem Soal Pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi

Beda Pernyataan Istana dan Nasdem Soal Pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! 3 Tutotrial Hijab Simple Dan Mudah

DRESS IT! 3 Tutotrial Hijab Simple Dan Mudah

Sahabat Dream lagi nggak mau ribet? Nih tips and trick 3 cara tampil dengan hijab simple dan mudah. Yuk coba

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya