Menikmati Keindahan Dataran Tinggi di Wonosobo

Kota berjuluk "ASRI" (Aman Sehat Rapi Indah) ini wajib disambangi Anda yang tengah menikmati libur lebaran dan sekolah.

Puri Yuanita
| 10 Juli 2016 18:15

Dream - Wonosobo adalah kota kecil di Provinsi Jawa Tengah dengan bentang alam pegunungan yang indah. Kota berjuluk " ASRI" (Aman Sehat Rapi Indah) tersebut wajib disambangi Anda yang tengah menikmati libur lebaran dan sekolah.

" Kalaupun Anda berada di Jogja atau Semarang, sekali waktu boleh berwisata ke Wonosobo di kaki Dieng," ujar Menpar Arief Yahya, dikutip dari situs Pesona.indonesia.travel.

Anda dapat menikmati Gunung Sindoro-Sumbing atau Merapi-Merbabu yang terlihat begitu jelas dari kota ini. Ada juga Dieng, Telaga Warna, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Dieng, minuman purwoceng, sejumlah air terjun, Telaga Menjer, dan lainnya.

Mereka juga punya Kebun Teh Tambi, yang sekarang mulai dikembangkan sebagai destinasi outbond yang layak Anda kunjungi bersama keluarga. " Silakan ke Wonosobo, silakan ke Dieng, dan berbagai lokasi menarik lainnya," ungkap Arief.

Nah, sebagai referensi, berikut kami sajikan 5 destinasi Wonosobo yang dapat Anda sambangi.

1. Telaga Warna

Telaga warna adalah salah satu landmark dari wisata Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna diambil karena telaga ini memiliki warna yang berbeda-beda. Menurut legenda warga sekitar, warna yang muncul di permukaan telaga tersebut karena zaman dahulu kala ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut.

Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga. Dominasi warna dari telaga ini adalah hijau, biru laut dan putih kekuningan.

Jika ingin melihat keindahan warna dari telaga, Anda dapat mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut. Di daerah tepian telaga, terdapat balkon yang dapat digunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan telaga ini.

2. Bukit Sikunir

Ingin melihat sunrise? Anda bisa datang ke Bukit Sikunir. Bukit ini adalah bukit yang terkenal di kalangan wisatawan sebagai tempat berburu sunrise. Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.200 mdpl.

Dinamakan bukit Sikunir karena bukit ini banyak membuat wisatawan ketagihan berburu sunrise. Warna sinar matahari yang kekuningan seperti kunir membuat masyarakat setempat menamainya sikunir. Kunir adalah bahasa Jawa dari kunyit.

Selanjutnya :

Menikmati Keindahan Dataran Tinggi di Wonosobo

Streaming Potret 2 Jam Tangan Pemberian Suami Maia Estianty Untuk Alwi

Jangan Lewatkan