Menikmati Pengalaman Belanja Khas Bali Tempo Dulu

Di Peken Nusantara, uang konvensional tidak berlaku.

Ahmad Baiquni
| 20 November 2018 11:28

Dream - Tempo dulu tak selamanya usang. Malah, suasana masa lalu memberikan ketertarikan tersendiri untuk era kekinian.

Seperti yang tengah digagas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bali. Dalam inovasi terbarunya, GenPI menawarkan pengalaman unik berbelanja memakai uang kepeng pada destinasi digital Peken Nusantara di kawasan wisata Tukad Bindu, Denpasar.

Suasana Peken Nusantara yang dibuka pada Minggu, 18 November 2018 ini sungguh asri dengan aliran sungai yang menjadi pemandangan utamanya. Masyarakat memanfaatkan bantaran sungai yang melintasi Kota Denpasar.

 Peken Nusantara Bali

Sembari berbelanja sejumlah penganan khas Bali, masyarakat sekaligus bisa melepas penat dengan memandangi aliran sungai berpadu sejuknya pepohonan. Anak-anak juga bisa mandi di sungai yang jernih.

" Peken Nusantara adalah salah satu destinasi digital yang kami inisiasi di Tukad Bindu," ujar Juragan Peken Nusantara, Diajeng Vayantri Dewi Divianta, dikutip dari merdeka.com.

Wanita yang akrab disapa Divi ini menjelaskan Peken Nusantara bakal dilengkapi sejumlah hal seru. Selain booth kuliner khas Bali, ada pertunjukan seni, permainan anak tradisional zona swafoto dan masih banyak lainnya.

" Jika ingin mencicipi kuliner di Peken Nusantara, kita harus menukar uang kita dengan uang kepeng, baru bisa dibelanjakan," kata Divi.

 Peken Nusantara Bali

Selanjutnya, kata Divi, GenPI secara nasional menggelar lomba foto Instagram untuk menyemarakkan pariwisata Tanah Air. Mengangkat tema 'Destinasi Digital', tersedia hadiah dengan total mencapai Rp50 juta.

" Jadi yang mau mengikuti lomba silakan datang ke destinasi digital GenPI, upload (unggah) foto keseruannya," kata Divi.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengapresiasi inovasi yang telah dihasilkan oleh GenPI Bali. Menurut dia, destinasi digital memberikan warna baru bagi pengembangan pariwisata, khususnya Bali, serta berdampak pada tumbuhnya perekonomian sekitar.

" Berikan manfaat ekonomi sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitar. Media value yang kini berperan penting di era digital akan otomatis menjadi milik GenPI, karena GenPI lah yang telah mengorkestrasi ini semua," kata Arief.

Topik Terkait :

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik

Jangan Lewatkan