Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menjajal Wisata Hiu Paus di Gorontalo, Tertarik?

Menjajal Wisata Hiu Paus di Gorontalo, Tertarik? Situs Selam Hiu Paus Di Gorontalo (Foto: Benzano.com)

Dream - Sebuah situs selam hiu paus, baru saja dibuka di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Situs ini kini menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan pecinta selam.

Namun, para penyelam dihimbau untuk cukup berenang saja bersama hiu paus langka yang ada. Dilaarang memberi makan atau hanya menyentuhnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo, Sutrisno, tengah menyiapkan regulasi baru untuk melindungi situs ini seiring membanjirnya wisatawan yang baru saja mengetahui keberadaan hiu paus di Gorontalo.

Foto-foto menyentuh dan memberi makan hiu paus yang berada di Gorontalo kini marak di media sosial, dan mengundang wisatawan lain untuk berperilaku serupa.

Sutrisno akan memberlakukan zona proteksi seluas satu hektar untuk perlindungan hiu paus.

"Nelayan dan wisatawan tidak diizinkan untuk melewati zona tersebut (zona yang menjadi tempat berkumpulnya hiu paus)," kata Sutrisno dikutip dari Indonesia.travel.

Regulasi yang baru juga tidak mengizinkan penggunaan motorboat ke zona tersebut. Wisatawan masih bisa melihat hiu paus namun dari luar batas zona. Mereka dikenakan biaya Rp 15 ribu bagi yang tidak menyelam, dan Rp 50 ribu bagi yang menyelam.

Keuntungan dari retribusi tersebut akan dimanfaatkan untuk pembelian pakan hiu paus. Hanya penyelam grup kecil yang diizinkan untuk melihat hiu paus. Mereka pun diwajibkan menyelam bersama pemandu lokal resmi.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, juga sudah memberikan himbauan terkait wisata hiu paus yang berkelanjutan. Ia telah menetapkan hiu paus sebagai ikan yang dilindungi melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 tahun 2013.

"Wisatawan hiu paus harus dikelola secara bijaksana dan dilakukan dengan pedoman yang sudah diterbitkan oleh KKP sehingga aktivitas wisata dilakukan secara lestari dengan tetap memperhatikan aspek konservasi," ujar Susi Pudjiastuti.

Lanjutnya, masyarakat Gorontalo, khususnya di Kabupaten Bone Bolango merupakan pihak yang sangat penting dalam memajukan potensi wisata hiu paus ini.

Sebelumnya, penduduk sekitar melaporkan bahwa hiu paus mulai sering muncul di wilayah perairan mereka selama dua tahun terakhir ini. Frekuensi munculnya hiu paus semakin sering, mencapai sekitar 8 ekor setiap pagi.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023
20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023

Apakah Jakarta masuk dalam daftar kota tujuan wisata teratas?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.