Mentawai, Destinasi Cantik dan Aman Dikunjungi

Mentawai menawarkan pengalaman surfing yang menantang.

Ahmad Baiquni
| 22 November 2018 17:31

Dream - Mentawai begitu terkenal dengan panorama alamnya yang menakjubkan. Tidak mengherankan jika pulau ini menjadi destinasi favorit traveler lokal maupun mancanegara.

Sektor pariwisata Mentawai sempat terpuruk pasca-tsunami besar yang menghantam 2010. Hal itu berimbas pada perekonomian setempat.

Mentawai segera berbenah. Kesadaran akan letak Mentawai yang sangat rawan terhadap bencana, pemerintah setempat melengkapi pulau tersebut dengan sarana evakuasi.

Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, menyatakan kini Mentawai aman dikunjungi. Pihaknya telah membangun jalur evakuasi yang bisa digunakan apabila sewaktu-waktu ada bencana.

 Mentawai

Jalur tersebut berupa bukit yang bisa menjadi tempat berlindung manusia. Jalur tersebut juga dilengkapi cadangan makanan sehingga wisatawan tidak perlu khawatir berkunjung ke Mentawai.

" Tiga menit sampai ke bukit, aman. Di atas bukit kita tanam pisang, supaya kalau terjadi gempa jangan nunggu bantuan dari luar, itu kan lama," ujar Yudas, dikutip dari Merdeka.

Berkaca pada bencana sebelumnya, Yudas tidak mau lagi pengalaman pahit warga kelaparan terulang. Pemikiran itulah yang menjadi latar belakang ditanamnya sejumlah tanaman pangan di jalur evakuasi, seperti pisang dan kelapa.

" Kalau nunggu bantuan, satu minggu baru sampai, Di situ sudah ada pisang, kelapa, yang bisa dimakan terlebih dahulu, itu pendekatan yang kita buat," ucap Yudas.

 Mentawai

Meski demikian, Yudas menjelaskan sebenarnya posisi Mentawai jauh lebih aman dibandingkan Padang ketika terjadi gempa. Mengutip pendapat pakar geologi, Yudas mengatakan apabila lempeng Eurasia bergesekan bisa membuat ketinggian Mentawai naik.

" Lempengan Mentawai ketika (ada pergerakan) lempengen Eurasia ini menekan, yang turun lempengan Padang. Nah, lempengan Mentawai jika tersentak, dia naik tiga meter, Padang turun tiga meter," kata dia.

Selanjutnya, Yudas mempersilakan para wisatawan untuk berkunjung ke Mentawai tanpa perlu merasa khawatir. Keindahan alam dan adat istiadat Mentawai sangat sayang untuk dilewatkan.

" Kita punya tato Mentawai, itu sudah terkenal, lalu alam kita juga bagus, untuk surfing juga luar biasa," kata Yudas.

 Mentawai

Lebih lanjut, Yudas mengatakan masyarakat Indonesia cocok berkunjung pada Januari hingga pertengahan tahun. Sebab, ombak di Mentawai cukup tenang.

Sedangkan untuk traveler mancanegara, cocok datang pada Juni. Ombak Mentawai di bulan itu cukup tinggi, sangat pas bagi wisatawan asing yang begitu menyukai surfing.

" Jadi, silakan datang dan menikmati keindahan Mentawai," kata Yudas.

Topik Terkait :

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan