Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menyambangi Kawasan Wisata Muslim di Pulau Dewata

Menyambangi Kawasan Wisata Muslim di Pulau Dewata Masjid Agung Ibnu Batutah, Bali (Sumber: Commons.wikimedia.org)

Dream - Bali terkenal sebagai Pulau Seribu Pura yang eksotis dengan keindahan pantai-pantainya. Mayoritas masyarakat yang memeluk agama Hindu melahirkan budaya lokal hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat-tempat seperti Tanah Lot dan Pura Besakih menjadi andalan masyarakat Bali dalam mempromosikan wisata. Tapi, ada sebuah tempat menarik di Nusa Dua, Badung yang wajib masuk dalam daftar kunjungan saat ke Pulau Dewata.

Adalah kawasan Puja Mandala. Pada tahun 1997, kawasan ini dibuka resmi sebagai kawasan wisata religi. Tempat ini sungguh unik karena memiliki tempat peribadatan umat lima agama, yaitu Hindu, Budha, Katolik, Kristen dan Islam.

Bangunan tersebut berdiri berdampingan sebagai bentuk toleransi nyata warga Bali. Sedangkan untuk umat muslim yang tertarik ke tempat ini, dapat mampir ke kawasan wisata Islam yang berpusat di Masjid Agung Ibnu Batutah.

Puja Mandala dibangun di atas tanah seluas dua hektar. Sementara Masjid Agung Ibnu Batutah mulai dibangun tiga tahun sebelum kawasan diresmikan.

Masyarakat setempat sangat antusias dalam menjaga Puja Mandala. Mereka menilai hal ini sebagai bentuk dari Bhinneka Tunggal Ika yang sangat bermanfaat dalam merayakan hari-hari besar umat.

Selain itu, salah satu alasan dibangunnya Puja Mandala adalah karena ingin memfasilitasi tempat ibadah umat muslim yang masih sangat jarang ditemui di Bali. Serta untuk memenuhi kebutuhan warga muslim di kawasan Nusa Dua dan sekitarnya.

Keindahan alam di sekitar Masjid Ibnu Batutah menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang berkunjung. Selain menunaikan salat, pengunjung dapat pula melihat pemandangan laut bagian selatan Pulau Dewata.

Masjid Agung Ibnu Batutah dibangun dalam dua lantai dengan luas 3000 meter persegi. Serta tepat berdampingan dengan Gereja Katholik Bunda Maria Segala Bangsa, Gereja Kristen Protestan Bukit Doa, Wihara Budhina Guna dan Pura Jagat Nata.

Masjid Agung Ibnu Batutah memiliki arsitektur yang menarik dengan memadukan desain tradisional dan modern. Sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di masjid ini. Wisatawan banyak mengunjungi masjid pada waktu salat Zuhur hingga memasuki waktu salat Ashar.

Di masjid ini juga telah dibangunkan sebuah lembaga pusat pendidikan Alquran atau Mihrab Quran. Lembaga ini menjadi pusat pendidikan, pelatihan, pemahaman, perpustakaan tentang Alquran dan menjadi yang terbesar di wilayah Bali.

(Berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Beralasan Ada di Kawasan Hutan Lindung, Masjid Bersejarah Usia 600 Tahun di India Dihancurkan

Beralasan Ada di Kawasan Hutan Lindung, Masjid Bersejarah Usia 600 Tahun di India Dihancurkan

Penghancuran masjid ini termasuk dalam proyek penggusuran bangunan dari kawasan hutan yang dilindungi.

Baca Selengkapnya
Bagaimana jika Puasa Syawal Tidak Genap 6 Hari? Begini Penjelasannya yang Penting Diketahui Umat Islam

Bagaimana jika Puasa Syawal Tidak Genap 6 Hari? Begini Penjelasannya yang Penting Diketahui Umat Islam

Menjalankan puasa Syawal selama enam hari bisa mendapatkan ganjaran puasa selama setahun penuh.

Baca Selengkapnya
Jangan Sampai Puasamu Sia-Sia, Ini Dia 8 Perbuatan yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadan, Umat Islam Wajib Tahu!

Jangan Sampai Puasamu Sia-Sia, Ini Dia 8 Perbuatan yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadan, Umat Islam Wajib Tahu!

Hindarilah hal-hal yang berpotensi membuat puasa kamu batal, terutama perbuatan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.