Gua Penuh Kengerian di Sabah

Siapa yang berani masuk ke dalamnya?

Annisa Mutiara Asharini
| 29 Januari 2019 11:11

Dream - Siapa yang tahan dengan kecoa? Banyak orang langsung bergidik begitu melihatnya. Kamu yang takut sebaiknya berhati-hati dengan tempat ini.

Terletak di dalam hutan bagian utara Kalimantan, tepatnya telah memasuki wilayah Sabah, Malaysia, ada sebuah gua penuh kengerian.

Yup, ada ribuan kecoa yang menempel di dinding Gua Gomantong. Melansir worldofbuzz.com, Gua tersebut merupakan salah satu tempat dengan populasi kecoak terbanyak di dunia.



Foto: Trip Advisor

Tempat ini adalah 'neraka' bagi sebagian orang. Begitu masuk ke dalam, gua ini dijamin membuat keringat dingin bercucuran.

Gua ini tepatnya berlokasi di Bukit Gomantong, sekitar 100 kilometer dari kota Sandakan, Sabah, Malaysia.

Gua terbagi menjadi dua bagian, yaitu Simud Hitam yang mudah diakses karena berada di dekat pintu masuk dan Simud Putih yang berada di dalam.

Menurut WWF (World Wide Fund For Nature), gua tersebut juga menjadi habitat burung walet. Selain walet, ada pula kelelawar yang menghuni langit-langit.

 Goa Gomantong

Foto: Shutterstock

Konon, banyaknya kotoran berbau menyengat yang dihasilkan burung dan kelelawar itulah yang membuat kecoa betah tinggal di dalam gua.

Menariknya, meski dihuni ribuan kecoak, Gua Gomantong tak pernah sepi pengunjung. Kehadiran ribuan makhluk menjijikkan itu justru membuat mereka penasaran untuk datang.

Laporan: Tri Yuniwati Lestari

Topik Terkait :

Mubalig Cianjur Dukung Jokowi-Ma'ruf

Jangan Lewatkan