Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menyusuri Ragam Destinasi Wisata Religi di Kalsel

Menyusuri Ragam Destinasi Wisata Religi di Kalsel Masjid Agung Al Karomah Martapura (Foto: Iqbalsafwan.com)

Dream - Masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) terkenal akan sifat religius. Mereka tumbuh berbalut adat-istiadat yang kental akan spiritualitas. Sehingga membuat kebudayaannya sarat akan nilai-nilai Islami.

Adat-istiadat ini lambat laun semakin berkembang menjadi daya tarik wisata hingga membuat banyak turis ingin berkunjung. Keistimewaan ini mendorong pemerintah setempat untuk gencar mempromosikan potensi wisata religinya.

"Masjid Sabilal Muttaqin, menjadi Salah satu masjid yang terkenal menjadi persinggahan wisatawan yang datang ke Banjarmasin," tutur Kepala Seksi Pengembangan Pasar Pariwisata Kalsel, Leni Arfan, saat ditemui di Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Ribuan orang juga datang berkunjung ke makam ulama agung Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Atau biasa disapa Datuk Kelampayan yang terletak di Martapura. Di tempat ini peziarah dapat menyaksikan secara langsung Alquran besar yang tersimpan di muka Museum Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

"Tempat ini terkenal di negara-negara Islam karena dulunya ulama besar Kalimantan namanya Al Alamah KH Zaini Gani atau kita panggil Abah Gyru Sekumpul," terang Leni menambahkan.

Selain itu, ada sebuah upacara budaya, Baayaun Maulid yang dilaksanakan bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Acara ini dilangsungkan guna mensyukuri pertumbuhan anak-anak bayi bertepatan dengan acara Maulid Nabi.

Setiap anak akan digendong oleh ibunya, dan kemudian diayun-ayun untuk ditidurkan. Kegiatan yang berlangsung di masjid tua Karamat Al Mukkaramah Banua Halat, Kabupaten Tapin ini dilakukan seraya membaca syair Shalawat Nabi bersama-sama.

Dan untuk acara budaya yang berlangsung selama bulan April yaitu Mappanretasi. Sebuah ritual adat sebagai ungkapan rasa syukur nelayan Suku Bugis Pagatan atas rezeki yang mereka dapatkan.

"Acaranya di Kabupaten Tanah Bumbu dari tanggal 8-26 April. Setiap tahun dilaksanakan setelah musim ikan atau musim barat mulai berakhir," kata dia.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi untuk Libur Lebaran
9 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi untuk Libur Lebaran

Ini rekomendasi destinasi wisata religi untuk libur Lebaran

Baca Selengkapnya
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

Tradisi tersebut dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya saat menyabut bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.