Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Napak Tilas Sejarah Peradaban Dunia di Istanbul

Napak Tilas Sejarah Peradaban Dunia di Istanbul Istanbul (Shutterstock.com)

Dream - Dalam perjalanan sejarah peradaban dunia, peran Turki tidak pernah bisa diabaikan. Negara yang terletak di pertemuan dua benua, Asia dan Eropa ini menyimpan jejak-jejak peradaban masa lalu.

Salah satu kota yang terkenal memiliki banyak situs sejarah di Turki adalah Istanbul. Bahkan, selama 1.500 tahun lamanya Istanbul menjadi ibu kota tiga kekaisaran terbesar dunia, mulai Romawi, Bizantium, dan Ottoman.

Terletak di tepi Selat Bosphorus menjadikan Istanbul sebagai kota strategis baik untuk perdagangan maupun politik. Ada banyak sekali monumen berdiri di kota ini, yang merupakan peninggalan tiga kekaisaran besar tersebut.

Tak hanya itu, Istanbul tumbuh menjadi kota metropolis yang kaya unsur budaya. Di kota ini, masyarakat hidup dengan unsur budaya perpaduan antara Asia Tengah dan Eropa.

Dalam catatan sejarah, pembangunan Istanbul secara besar-besaran dimulai pertama kali ketika kota tersebut dikuasai Kekaisaran Bizantium. Pembangunan dilanjutkan kekuasaan beralih ke Kekaisaran Ottoman yang bercorak Islam.

 

Kemegahan Jejak Masa Lalu

Tak hanya soal budaya, Istanbul kaya akan nilai-nilai keagamaan. Di kota ini, interaksi antar agama berlangsung dengan penuh kedamaian selama ratusan tahun lamanya. Hal ini terlihat dari banyaknya bangunan peninggalan keagamaan seperti masjid dan gereja kuno.

Berlibur di Istanbul selalu menjadi pengalaman tak terlupakan. Perpaduan yang cantik antara masjid, gereja, museum, istana, pasar menjadi daya tarik tersendiri kota ini.

Hagia Sophia

Hagia Sophia (Shutterstock.com)

Menikmati sore dengan menyaksikan matahari tenggelam di tepi Selat Bosphorus lalu menyaksikan kerlip lampu dari seberang benua akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Pengalaman tersebut akan memberikan pemahaman mengapa banyak pendatang sejak berabad-abad lalu memilih tinggal dan membangun kota ini menjadi tempat yang menakjubkan.

Menyusuri setiap sudut Istanbul juga jadi aktivitas yang menarik. Kamu akan menyaksikan banyak sekali bangunan kuno berusia ribuan tahun tetap berdiri dengan kokoh.

Sebut saja Hagia Sophia, situs yang pernah menjadi rumah ibadah dua agama. Juga Masjid Biru yang menawarkan suasana penuh ketenangan dan mistik.

 

Nuansa Penuh Keindahan

Jangan lupa untuk berkunjung ke Istana Topkapi. Istana yang menjadi pusat aktivitas pemerintahan Kekaisaran Ottoman. Di istana inilah, Kaisar Ottoman mengendalikan kekuasaan yang terbentang luas mulai dari Asia hingga Eropa.

Pun jika ingin memuaskan hasrat berbelanja, Istanbul punya banyak sekali pasar. Ada banyak sekali barang khas yang bisa didapat dengan harga relatif ringan di kantong. Dia antara sekian banyak tempat belanja, ada dua yang paling tersohor yaitu Kapali Carsi (Pasar Besar) dan Misir Carsisi (Pasar Cabai).

Istana Topkapi

Istana Topkapi (Shutterstock.com)

Kapali Carsi merupakan salah satu pasar tua di Istanbul, dengan usia mencapai 250 tahun. Pasar ini memperdagangkan sejumlah benda mulai barang antik, berlian, emas, hingga sovenir khas yang ditawarkan di lebih dari 3.000 toko.

Sedangkan Misir Carsisi relatif berusia belum terlalu tua. Pasar ini juga menyediakan berbagai jenis sovenir khas Istanbul.

Dengan pesonanya yang menawan mulai sejarah hingga belanja, Istanbul laik dijuluki sebagai kota terindah di dunia. Berlibur ke sana akan selalu menjadi pilihan tepat.

Sumber: Goturkey.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun

15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun

Semua orang tentu pernah melihat atau bahkan pergi mengunjungi pasar jalanan. Yuk, simak pasar jalanan apa saja yang paling tua di dunia!

Baca Selengkapnya
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

Tradisi tersebut dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya saat menyabut bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

Yogyakarta juga memiliki banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman liburan yang unik

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kapan Hari Ibu? Catat Tanggal Sambil Belajar Sejarahnya dan Ide Perayaan Sederhana

Kapan Hari Ibu? Catat Tanggal Sambil Belajar Sejarahnya dan Ide Perayaan Sederhana

Sejarah Hari Ibu mengajarkan kita untuk selalu menghargai peran ibu dalam kehidupan.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Saat Dipanggil ke Ruangan Bos

NOTED KAK! Saat Dipanggil ke Ruangan Bos

Begini POV saat dipanggil bos, rasanya degdegan deh. Kalian ada yang suka merasa begini?

Baca Selengkapnya