Menyusuri Jejak Sejarah Islam di Lamongan

Lamongan, kota pesisir ini menyimpan banyak peninggalan Islam.

Siwi Nur Wakhidah
| 8 Oktober 2019 11:11

Dream - Penyebaran Islam di Tanah Jawa meninggalkan banyak sekali jejak sejarah. Jejak tersebut dapat ditemukan di sejumlah kota, salah satunya di Lamongan, Jawa Timur. 

Tersebarnya Islam kerap diidentikan dengan sembilan orang ulama yang dikenal dengan Wali Songo. Tetapi, peninggalan Islam di Lamongan ternyata memiliki usia lebih tua dibandingkan era Walisongo.

Pemerhati budaya, Supriyo, mengatakan jejak Islam di Lamongan lebih tua dibandingkan di Gresik yang ditandai dengan Makam Fatimah binti Maimun yang terkenal. Di Lamongan, terdapat kompleks Makam Mbah Mbarang dan Makam Hisyamudin yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-10 atau 11.

Selain dua kompleks makam itu, masih ada beberapa makam lain yang diperkirakan berusia lebih tua. Tetapi, temuan makam kuno ini membutuhkan penelitian lebih mendalam untuk memastikan jejak Islam di Lamongan.

Jejak-jejak sejarah Islam tersebut cukup penting untuk mengetahui penyebaran Islam di Jawa, khususnya Jawa Timur. Sahabat Dream yang penasaran dengan cerita sejarah penyebaran Islam ini bisa mengunjungi beberapa tempat wisata religius di Lamongan, seperti lima tempat ini.

Selanjutnya :

Makam Sunan Drajat

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan