Misteri 'Pasar Setan' Gunung Lawu yang Ditakuti Para Pendaki

Di balik segala daya tariknya, Gunung Lawu ternyata menyimpan sebuah misteri mengenai keberadaan 'Pasar Setan'.

Puri Yuanita
| 13 September 2016 15:33

Dream - Kamu yang hobi mendaki mungkin sudah tak asing lagi dengan Gunung Lawu. Gunung yang dulunya bernama Wukir Mahendra ini merupakan gunung tertua di Pulau Jawa dan termasuk dalam salah satu gunung purba.

Segudang keunikan dimiliki gunung yang satu ini. Karena itu, banyak pendaki tertarik untuk menaklukkannya. Di kawasan gunung ini terdapat flora dan fauna langka seperti cemara gunung, Edelweis, harimau dan elang Jawa.

Bisa dikatakan, Gunung Lawu merupakan salah satu favorit para pendaki. Pendakian ke gunung ini biasanya ditempuh dari Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah; Cemorosewu di Sarangan, Jawa Timur; dan jalur Candi Cetho.

Nah, di balik segala daya tariknya, Gunung Lawu ternyata menyimpan sebuah misteri mengenai keberadaan 'Pasar Setan'. Ya, konon para pendaki Gunung yang melewati jalur pendakian Candi Cetho kerap melihat penampakan 'Pasar Setan' (Pasar Bubrah).

Jalur ini boleh dikatakan favorit para pendaki karena bisa menikmati sensasi turunnya kabut tebal secara perlahan. Meski begitu, jalur ini juga menjadi jalur yang paling ditakuti alias angker dibandingkan dua jalur lainnya.

Medannya sulit, didominasi tanjakan terjal serta jurang yang cukup dalam. Ditambah lagi, jalur ini dipercaya sebagai jalur perlintasan ke alam gaib. Banyak pendaki yang dihadapkan pada hal-hal aneh ketika melewati jalur ini.

Terlebih ketika melewati sebuah lokasi yang disebut sebagai 'Pasar Setan'. Bagi yang sudah pernah mendaki Gunung Lawu, pasti tak asing dengan nama 'Pasar Setan'.

Lokasi tersebut berupa sebuah lahan di lereng Gunung Lawu yang penuh dengan ilalang dan angin yang berhembus cukup kencang. Konon, ketika melewati lokasi tersebut, para pendaki sering mendengar suara bising layaknya sebuah pasar. Ada suara yang seolah menawari untuk belanja.

Sebagian pendaki percaya, ketika mendengar suara tersebut, mereka harus membuang apa saja di lokasi 'Pasar Setan' layaknya melakukan transaksi jual beli di pasar. Dan hingga saat ini cerita tentang Pasar Setan di Gunung Lawu masih menjadi misteri gaib yang tak terpecahkan.

(Berbagai sumber)

 

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah

Jangan Lewatkan