Mudik Banyuwangi? Ini 10 Destinasi Keren yang Wajib Dikunjungi

"Anda akan terkagum-kagum melihat fenomena alamnya. Ayo ke Banyuwangi," ajak Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Puri Yuanita
| 8 Juli 2016 18:10

Dream - Pelaku dan penikmat pariwisata Indonesia belakangan terus membicarakan Banyuwangi. Kabupaten kecil di ujung timur Jawa Timur ini disebut memiliki reputasi kepariwisataannya 1000 persen keren.

Bagi Anda yang suka traveling, Banyuwangi memang harus ada dalam list Anda. Mau mudik? Anda juga harus sempatkan diri ke Banyuwangi.

Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu sudah sukses mendatangkan 1,5 juta wisatawan nusantara dan 30 ribu wisatawan mancanegara per tahun. Tempatnya dijamin kaya cerita. " Ada banyak lokasi menarik di sana," ujar Menpar Arief Yahya yang juga asli Banyuwangi itu.

Kalau suka dengan wisata gunung, ada blue fire. Ini adalah semacam kompor seluas 5000 hektare di atas gunung Ijen. Dan fenomena ini, hanya bisa dinikmati di dua negara saja. Satunya Islandia, satunya lagi di Ijen, Banyuwangi.

Soal pantai, arena surfing, tempat diving, Arief menjamin kehebatan G-Land Beach, dan banyak pantai di Banyuwangi. " Anda akan terkagum-kagum melihat fenomena alamnya. Ayo ke Banyuwangi," ajak Arief.

Dan bila Anda benar-benar mudik Lebaran, Pesona Lebaran Banyuwangi siap menyambut Anda dengan puluhan atraksi atau obyek wisata. Inilah 10 titik #PesonaLebaranBanyuwangi yang wajib Anda kunjungi.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan sebuah pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan di atas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah seluas 20 km yang dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter ini siap membuat siapa pun yang menyaksikannya terperangah kagum.

Daya tarik utama dari tempat wisata yang secara administrative terletak di Banyuwangi dan Bondowoso ini adalah Api Biru atau Blue Fire. Api yang terletak di bawah kawah ini berwarna biru dan terlihat semakin cantik saat kondisi sekitarnya gelap.

Hal menarik lainnya adalah Anda dapat menyaksikan kegiatan tambang belerang. Kawah Ijen merupakan salah satu dari dua kawasan tambang belerang tradisional yang ada di Indonesia setelah Welirang.

Para penambang tidak menggunakan alat canggih, mereka benar-benar turun ke bawah mendekati kawah untuk mengambil batangan belerang dengan alat seadanya dan tanpa perlengkapan pengaman yang memadai. Batangan belerang dengan berat mencapai 80-100 kg ini kemudian dipikul dan di bawah naik ke pos pengumpulan belerang.

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung atau yang juga disebut dengan G-Land ini sangat populer di kalangan peselancar domestik dan mancanegara. Pantai Plengkung memiliki ombak yang sangat ideal untuk berselancar dan mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder.

Hal ini dikarenakan ombak di tempat wisata ini berbentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian mencapai 6 meter. Ombak di pantai ini juga disebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii. Saat terbaik untuk berselancar di Pantai Plengkung adalah antara bulan Juli – September. Jika Anda kurang tertarik dengan kegiatan berselancar, tak perlu khawatir. Suasana tenang dan jauh dari keramaian membuat tempat wisata ini cocok bagi Anda yang mendamba liburan yang berkualitas.

Terdapat hutan tropis yang mengelilingi pantai, Anda bisa melakukan trekking dan mengunjungi air terjun yang ada di dalam hutan. Pantai Plengkung dan sekitarnya tak akan mengecewakan Anda.

Selanjutnya :

Mudik ke Banyuwangi? Ini 10 Destinasi Keren yang Wajib Dikunjungi

Eksklusif! Sonny Tulung: Indonesia Bangsa Tahan Uji

Jangan Lewatkan