Berlebaran di Kudus? Jangan Lupa Berwisata ke 5 Tempat Ini

Anda mudik ke Kudus? Jangan lupa mencoba beragam kuliner menarik, dan datangi destinasi unggulannya.

Puri Yuanita
| 7 Juli 2016 18:10

Dream - Orang biasanya mengenal Kudus sebagai " Kota Kretek" karena di kota tersebut berdiam perusahaan-perusahaan rokok besar di Tanah Air. Namun kota ini juga menyimpan kekhasan lain,

Kudus kaya akan cerita sejarah dan budaya, terutama pengaruh Islam di era wali-wali. Ada dua wali yang berada di sana, Sunan Kudus dan Sunan Muria di Gunung Muria. Juga dekat dengan Demak, yang menjadi tempat disemayamkan Sunan Kalijogo.

" Karena itu, wisata budaya dan religi cukup dominan di sana," kata Arief Yahya Menteri Pariwisata.

Dia mencontohkan tradisi Dandangan, yakni menutup jalan Sunan Kudus, selama 10 hari menjelang puasa. Biasanya digunakan untuk pasar malam dan tempat berjualan aneka kebutuhan harian, di sepanjang jalan dari selepas alun-alun Simpang Tujuh sampai ke perempatan dekat Masjid Sunan Kudus.

Nah, Anda yang sedang berlibur lebaran di Kudus? Silakan mencoba beragam kuliner menarik, dan datangi destinasi unggulan.

Ini 10 destinasi pilihan yang perlu dikunjungi di Kudus:

1. Makam Sunan Kudus

Sayyid Ja’far Shadiq Azmatkhan atau yang lebih dikenal dengan Sunan Kudus merupakan salah satu dari sembilan wali yang berjasa besar menyebarkan agama Islam di Indonesia. Meski berasal dari Palestina, namun jasanya yang besar dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa membuat nama Sunan Kudus tak bisa dipisahkan dari perjalanan sejarah Indonesia.

Makam Sunan Kudus berada dalam kawasan Menara Kudus dan Masjid Al-Aqsha. Maka wajib hukumnya bagi Anda untuk berkunjung ke sini bila sedang berada di Kudus.

2. Makam Sunan Muria

Sunan Muria juga salah satu dari sembilan wali yang berjasa besar menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Nama aslinya adalah Raden Umar Said. Nama Sunan Muria sendiri diambil dari nama gunung (Gunung Muria) yang berada di sebelah utara Kota Kudus yang kini menjadi tempat ia dimakamkan.

3. Wisata Alam Rejenu

Kawasan Wisata Rejenu terletak tak jauh dari makam Sunan Muria. Jaraknya hanya tiga kilometer dari makam Sunan Muria. Selain menikmati suasana pegunungan yang masih asri dan damai, di sini juga terdapat sumber mata air yang dinamai Sumur Tiga Rasa.

Sesuai dengan namanya mata air tersebut terdiri dari tiga sumber mata air. Mata air pertama berasa tawar, mata air yang kedua mempunyai rasa seperti soda, dan mata air yang terakhir mempunyai rasa seperti tuak.

4. Air Terjun Montel

Air terjun ini terletak di sebelah utara Makam Sunan Muria. Tinggi air terjun ini mencapai 50 meter. Besarnya debit air yang jatuh dari air terjun ini, membuat kawasan tersebut seakan terus diguyur hujan. Bila Anda datang ke sini harus siap basah-basahan.

5. Air Terjun Gonggomino Colo

Air terjun ini letaknya tak jauh dari Air Terjun Montel. Meski tak setinggi Air Terjun Montel, namun keindahan yang ditawarkan Air Terjun Gonggomino Colo tak boleh Anda lewatkan.

(Sumber: Pesona.indonesia.travel)

Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel

Jangan Lewatkan