Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Nagari Pariangan, Permata Sumbar yang Jadi Desa Terindah Dunia

Nagari Pariangan, Permata Sumbar yang Jadi Desa Terindah Dunia Nagari Pariangan (Foto: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

Dream - Beberapa waktu lalu Budget Travel memasukkan Nagari Pariangan di Sumatera Barat sebagai desa terindah di dunia. Budget Travel sendiri merupakan sebuah media wisata ternama yang sering merekomendasikan tempat-tempat indah dan anti-mainstream di dunia yang layak dikunjungi.

Sebelumnya hanya sedikit wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang tahu keindahan desa ini. Dream.co.id berkesempatan mengunjungi desa cantik ini bersama Elhijab, induk merek hijab Elzatta, Dauky, Zatta Men, dan Aira Festive Hijab pada Sabtu, 4 November 2017.

Desa

Untuk bisa mencapai desa, waktu yang harus ditempuh sekitar 2 jam dari Bandara Internasional Minangkabau. Desanya sendiri merupakan salah satu desa tertua di lereng Merapi.

Dalam perjalanan menuju desa, jangan sampai kamu memejamkan mata. Lihat keluar jendela. Sawah hijau yang berundak, langit biru, dan kekhasan Rumah Gadang jadi pemandangan yang menakjubkan. Lukisan Allah SWT di depan mata!

Untuk menuju desa nantinya, wisatawan akan diturunkan di gapura yang merupakan pintu masuk desa. Lalu, berjalan kaki menyusuri tiap sudut desa.

desa

Kontur tanah yang berbukit-bukit, menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan. Jadi siapkan stamina dan kaki untuk menyusurinya.

Awalnya menuruni anak tangga. Lalu akan langsung terlihat pemandian air panas yang berseberangan langsung dengan Masjid Tuo, masjid tertua di Minangkabau.

 

 

Inilah Masjid Tuo

Masjid Tuo Dibangun pertama kali saat masuknya Islam di ranah Minang sekitar abad ke-11. Lokasi awalnya berada di Makam Panjang yang kemudian dipindah ke area dekat pemandian.

"Dipindah karena agar lebih dekat dengan masyarakat dan adat, sebelum beribadah juga para ulama bisa membilas diri dengan air hangat," ujar Datuk Mangkudum Dalimi Kasim, pengurus Masjid Tuo.

masjid tuo

Awalnya masjid hanya berupa bangunan kayu sederhana. Kemudian pembangunan dilakukan namun ada pakem yang tetap dijaga. Masjid tak boleh dibuat bertingkat dan hanya satu lantai. Tentunya dengan atap khas Minang.

"Hanya satu lantai, jika bertingkat nanti akan mengubah sejarah. Masjid ini sudah direnovasi sebanyak 3 kali, selesai direnovasi 1985. Kubah di atas yang paling tinggi menggambarkan keesaan Allah SWT," ungkap Datuak Mangkudum.

 

 

Menuju Puncak Desa Terindah

Untuk menuju puncak desa terindah kamu bisa berjalan kaki sekitar 15 hingga 30 menit atau naik mobil.

Jika ingin banyak foto-foto di sawah dan suka mendaki, jalan kaki adalah pilihan terbaik. Pastikan saja pakai alas kaki yang nyaman.

Sampai di puncak, areanya tak terlalu besar. Terdapat beberapa gubuk penjual makanan dan minuman, sederhana, namun pemandangannya sangat memanjakan mata.

Ada bambu yang dipasang khusus untuk tempat berfoto di bibir jurang. Berposelah!

Desa

Hamparan sawah hijau, lalu ada gunung menjulang, eksotisnya Rumah Gadang serta liukan jalan. Mirip seperti gambar pemandangan yang ada di buku-buku pelajaran.

Nuansa alam yang cantik, alami, sederhana, memang sangat kental. Masyarakatnya juga masih menjaga nilai adat dengan sangat baik. Mungkin itulah alasan Budget Travel menobatkan Nagari Pariangan jadi salah satu desa terindah di dunia.

desa

Penasaran ingin mengunjunginya, Sahabat Dream?

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Dilarang Ngeres! Inilah Daftar 6 Nama Desa Unik di Kabupaten Pamekasan, No 3 dan Terakhir Bikin Pikiran Traveling ke Mana-mana

Dilarang Ngeres! Inilah Daftar 6 Nama Desa Unik di Kabupaten Pamekasan, No 3 dan Terakhir Bikin Pikiran Traveling ke Mana-mana

Kabupaten dengan bahasa sehari-hari Bahasa Madura ini ternyata memiliki banyak nama desa yang terdengar unik.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Menegangkan Warga Temukan Ular Piton dalam Rumah, Sembunyi di Balik Lemari

Detik-Detik Menegangkan Warga Temukan Ular Piton dalam Rumah, Sembunyi di Balik Lemari

Momen warga temukan ular piton di balik lemari, bikin merinding!

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Hari pertama Kerja VS 2 Bulan Kerja

NOTED KAK! Hari pertama Kerja VS 2 Bulan Kerja

Sahabat Dream ada gak yang mengalami kaya gini saat pertama kali kalian masuk kerja? Kalau ada komen dibawah yaa

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU

DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU

Sahabat Dream, referensi kali cocok banget nih buat kalian yang suka nonton konser. Kali ini bisa jadi referensi buat nonton Coldplay.

Baca Selengkapnya