Napak Tilas Kisah Alquran di Quranic Park Dubai

Taman ini berisi beragam tanaman yang semuanya disebutkan dalam Alquran dan Hadis.

Ahmad Baiquni
| 11 April 2019 14:14

Dream - Sebagai kitab suci, Alquran tidak hanya berisi ketentuan dalam menjalani hidup. Ada banyak kisah termaktub di dalam pedoman umat Islam itu.

Sebut saja kisah Nabi Musa AS membelah lautan dengan tongkatnya ketika sedang dikejar Firaun. Atau Ashabul Kahfi, kisah tujuh pemuda tertidur selama 300 tahun lamanya di dalam gua.

Beragam kisah penggugah iman itu menginspirasi otoritas Dubai untuk mewujudkannya secara nyata. Kini, Dubai memiliki destinasi baru yang mengangkat kisah-kisah dalam Alquran, Quranic Park.

 Quranic Park Dubai

Dikutip dari whatson.ae, taman ini berlokasi di Al Khawaneej, dekat dengan Mushreef Park ini pertama kali dibuka untuk umum pada 29 Maret 2019 lalu. Sepanjang pekan pertama usai pembukaan, jumlah pengunjung sudah mencapai 100 ribu orang, menurut otoritas Dubai.

Quranic Park berdiri di atas lahan seluas 60 hektare dan menelan biaya pembangunan mencapai 200 juta dirham Uni Emirat Arab, setara Rp771 miliar. Taman ini punya dua wahana utama yang mendidik, Rumah Kaca dan Gua Mukjizat.

 Quranic Park Dubai

Rumah Kaca berisi 29 jenis tanaman dan pepohonan berbeda. Semuanya adalah tanaman yang disebutkan di dalam Alquran dan Hadis seperti zaitun, biji adas, mentimun, melon, bawang putih, daun bawang, gandum, jagung, jahe, asam, kemangi, dan lain sebagainya.

Di bagian depan rumah kaca, terdapat gerobak yang menyediakan minuman ringan, jus segar, dan air mineral di siang hari. Pada malam hari, gerobak ini juga menyediakan makanan seperti sawarma atau burger.

Sedangkan wahana Gua Mukjizat berisi replika dari sejumlah kisah para Nabi. Seperti replika mukjizat Nabi Ibrahim AS yang menghidupkan burung, danau terbelah yang merupakan replika dari mukjizat Nabi Musa AS, mukjizat Nabi Isa AS saat menciptakan burung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 Quranic Park Dubai

Tanaman di taman ini tidak hanya ada di dalam Rumah Kaca. Di luar dua wahana, terbentang taman bunga indah dan kebun buah yang subur.

Ada juga danau dengan dua air mancur besar. Di antara dua air mancur terdapat jembatan untuk menyeberang ke sisi sebelah danau.

Taman ini dibuka setiap hari pukul 08.00 hingga 22.00 waktu setempat. Taman ini tidak memungut biasa masuk kecuali jika ingin ke Rumah Kaca dan Gua Mukjizat dikenai tarif 5 dirham UEA, setara Rp19 ribu.

Bongkar Isi HP Vidi Aldiano #PhoneChallenge

Jangan Lewatkan