Ngeri! Pulau Ini Jadi Sarang Ular Paling Mematikan di Dunia

Berbagai cerita rakyat mengerikan mengenai pulau ini banyak terdengar luas.

Puri Yuanita
| 12 Januari 2018 10:17

Dream - Di daerah Sao Paulo, Brazil, terdapat suatu pulau yang dijuluki Ilha da Queimada Grande, atau Pulau Ular. Lahan seluas 430.000 meter persegi ini merupakan rumah dari satwa endemik ular, termasuk spesies Golden Lancehead Viper (Bothrops insularis).

Berbagai cerita rakyat mengerikan mengenai pulau ini juga banyak terdengar luas. Seperti banyaknya kematian para nelayan yang berlabuh ke pulau untuk mencari pisang dan kematian keluarga yang tinggal menjaga mercusuar di sana.

Namun sebetulnya belum pernah ada laporan kasus gigitan ular di pulau ini, sehingga bisa dari para ular belum dapat diuji tingkat racunnya. Kendati demikian, gigitan ular spesies Lancehead memiliki risiko kematian sebesar tujuh persen.

Racun ular tersebut dapat melelehkan daging makhluk hidup dan menyebabkan pendarahan internal di beberapa organ seperti ginjal dan otak. Jenis racun ular ini merupakan salah satu bisa ular yang bekerja paling cepat di antara genus Bothrops lainnya.

Pulau ini awalnya menyatu dengan dataran utama Brazil. Namun pada sekitar 12.000 tahun yang lalu, kenaikan air laut menyebabkan keduanya terpisah dan banyak spesies ular yang terdampar ke dataran Queimada.

Ular tersebut kemudian bertahan hidup dengan tinggal di pepohonan. Saat itu, mereka hanya bisa memakan burung yang hinggap di atas pohon. Mereka bahkan mampu bergantung di pohon untuk mengintai mangsanya.

Setelah bertahun-tahun beradaptasi, daya bunuh racun ular tersebut meningkat sebanyak lima kali lipat. Pemerintah Brazil pun membatasi akses masuk pulau ini dengan sangat ketat. Walaupun masih saja terdapat banyak pemburu yang mengincar Lancehead untuk dijual ke pasar gelap.

(Sumber: amusingplanet.com/Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Jangan Lewatkan