Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Nikmati Pesona Kebudayaan Dubai di 10 Destinasi Wisata Ini

Nikmati Pesona Kebudayaan Dubai di 10 Destinasi Wisata Ini Spice Souk, Dubai (Foto: Dubai Tourism)

Dream - Di balik kemegahan gedung pencakar langit dan banyaknya aktivitas seru yang dapat dilakukan, masih banyak hal yang bisa kamu temukan di Dubai. Apakah itu kembali ke masa lalu, mengagumi kesenian kontemporer, atau menikmati wisata kuliner. Kamu bisa memilih aktivitas apapun dan merasakan 'denyut nadi' asli Dubai.

Seperti beberapa aktivitas yang sarat kebudayaan berikut ini, yang direkomendasikan oleh masyarakat yang tinggal di Dubai. Yuk simak ulasannya!

1. Vilma Jurkute, Direktur Alserkal Avenue

Menurut Vilma pengalaman kebudayaan terbaik di Dubai bisa dirasakan dengan mengunjungi area sejarah Al Fahidi dan Museum Etihad. "Harus dirasakan langsung, beragam dan terus berevolusi," kata Vilma dikutip dari keterangan pers tertulis, Jumat 24 Maret 2017.

Kunjungan ke area bersejarah Al Fahidi, kata Vilma, merupakan kesempatan terbaik untuk mengenal cara hidup tradisional masyarakat Dubai, tercermin dari bangunan kuno dengan Menara angin (Barajeel) yang dibuat dari batu, gipsum, kayu jati, kayu cendana, daun dan kayu kelapa. Kelilingi jalan-jalan kecil, jalan setapak dan singkap keindahan kota tua Dubai.

Sementara itu, Museum Etihad juga tak kalah menarik. Museum Etihad seluas 2,5 hektar menceritakan kisah pendiri Uni Emirat Arab, dan berlokasi strategis di sebelah Union House, tempat penandatanganan perjanjian pendirian UEA pada tahun 1971. Terdiri dari delapan paviliun permanen yang menjadi tempat penting bagi UEA, kunjungan ke museum ini akan membawa kamu ke dalam kisah historis negara ini. Mulai dari sebuah dokumenter tentang masa lalu UEA, hingga peta interaktif dan juga lini masa yang mengilustrasikan area ini sebelum dibangun, juga kompleksitas proses penyatuan Emirati serta pendirian konstitusi.

Museum Etihad

2. Arva Ahmed, Pendiri Frying Pan Adventures

Arva Ahmed merekomendasikan dua tempat bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman kebudayaan terbaik di Dubai, yakni Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding dan Souk Naif. "Beragam, ada banyak kantong kebudayaan dari etnik yang berbeda di sudut-sudut kota. Keluarlah dari mall dan kunjungi Kota Tua Dubai untuk dapat benar-benar merasakannya," kata Arva.

Dapatkan sensasi kebudayaan dan kebiasaan lokal terbaik Dubai di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding (SMCCU), berlokasi di bekas Menara angin yang indah di daerah kota tua Al Fahidi di Bur Dubai. Daftarkan diri untuk mengikuti sesi sarapan, makan siang atau makan malam tradisional khas Emirati yang akan dimulai dengan tur keliling daerah tradisional ini. Setelah itu, duduklah di atas karpet dan bantal khas Bedouin untuk menikmati kuliner tradisional sambil berbincang-bincang dengan penduduk lokal tentang kehidupan di Emirat.

Jangan lupa juga kunjungi Souk Naif. Tempat ini merupakan pasar tradisional (souk) tertua di kota ini, yang dulunya merupakan pasar unta. Saat ini kamu dapat menemukan lebih dari 100 toko dan kedai yang menjual hampir segalanya, termasuk tekstil, kerajinan kulit, elektronik dan suvenir. Souk juga terkenal menjual pakaian tradisional (abaya) yang murah, yang menarik bagi para wanita. Di balik segala tawar menawar yang dapat kamu lakukan, Souk akan menjadi tempat terbaik untuk merasakan kebudayaan tradisional Dubai. Kunjungi pada malam hari, dimana area ini akan lebih terasa hidup.

dubai

3. Ritchie Plaza, Kepala Concierge Atlantis The Palm

Ritchie merekomendasikan dua tempat yang menurutnya bakal memberikan pengalaman kebudayaan terbaik di Dubai, yakni Pacuan Unta dan Pusat Kebudayaan Hatta. "Unik dan hidup, kota ini selalu ramai dan memiliki sesuatu yang menyentuh setiap wisatawan, untuk bisa menikmati waktu luang dan juga belajar sedikit mengenai sejarah kota ini secara bersamaan," kata Ritchie.

Lomba pacu unta merupakan salah satu olahraga tradisional khas UEA dan menjadi kegiatan seru yang dapat disaksikan secara cuma-cuma dan memiliki daya tarik tersendiri bagi penggila olahraga di kota ini. Berlangsung di bulan-bulan tertentu sepanjang tahun, perlombaan biasanya dimulai pada pagi atau siang hari dan mengambil jalur di padang pasir. Wisatawan dapat menyaksikan ratusan unta yang dilatih secara intens dari berbagai kota di Timur Tengah berlomba untuk memenangkan hadiah menggiurkan bagi pemilik. Seru!

Sementara itu, berada dekat batas kota Oman dan Dubai, Pusat Kebudayaan Hatta bukan hanya sebuah pusat kebudayaan, namun juga tempat berjalan-jalan fantastis. Berlokasi di jantung Pegunungan Hatta yang memesona sekitar 100 km dari pusat kota, Hatta menawarkan sudut pandang unik terhadap kehidupan tradisional di daerah pegunungan di UEA, pada masa 3.000 tahun silam. Memiliki sekitar 30 gedung, juga kanal air segar dan pemakaman arkeologis dan dilengkapi dengan prototipe orisinil, senjata, model, dokumen dan pahatandari wilayah ini.

4. Wemmy De Maaker, Managing Director Mawaheb from Beautiful People

Menurut Wemmy dua tempat yang paling cocok dikunjungi untuk mendapatkan pengalaman kebudayaan terbaik di Dubai adalah Pameran Seni SIKKA dan Sungai Al Qudra. "Menghargai, toleransi dan selalu menyambut," kata Wemmy.

Pameran Seni SIKKA atau SIKKA Art Fair merupakan acara tahunan yang menampilkan karya seniman-seniman UAE, yang merepresentasikan banyak negara dan menginspirasi mereka untuk memamerkan talenta mereka dengan komunitas luas, untuk menunjukkan karya seni Dubai. Pameran ini menampilkan beragam karya seni dengan medium yang berbeda, seperti instalasi suara dan visual, multi-disiplin, artistik, pertunjukkan musik dan seni visual seperti lukisan, fotografi dan pahatan.

Kemudian, habiskan hari yang tenang di alam Al Qudra, yang merupakan kumpulan sungai-sungai buatan manusia di sepanjang padang pasir Dubai Said Al Salam. Wisatawan dapat berpiknik di tepi sungai, setelah puas bersepeda mengelilingi Al Qudra Cycling Track, atau juga dapat bermalam dengan berkemah. Ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pemandangan matahari terbenam Dubai dengan pemandangan sungai, dan juga untuk mendapatkan kesempatan untuk melihat satwa liar seperti rubah padang pasir, oryx dan 170 spesies burung yang hidup di sekitar sungai, termasuk flamingo dan angsa.

5. Georgina Trigg, Pendiri Georges of Dubai

Georgina merekomendasikan Al Satwa dan Hotel XVA Art untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman kebudayaan terbaik di Dubai. "Selalu menyambut, bersedia membantu dan selalu berevolusi," kata Georgina.

Al Satwa memiliki karpet, pita, tanaman, cat dan hal lainnya yang menarik yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Jadilah bagian dari kota ini saat kamu menjelajahi jalanan ini, dan jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba roti khas Timur Tengah terbaik di kota ini!

Sementara Hotel XVA Art menawarkan perpaduan gaya kontemporer Dubai dengan gaya kuno Dubai. Kamu akan melihat jelas gabungan budaya seni dan tradisional di sini. Yang harus dicoba di hotel ini adalah makanan vegetarian yang hadir dengan sentuhan Arab dan India yang lezat!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Persiapan Penting Agar Traveling di Dubai Lebih Seru

4 Persiapan Penting Agar Traveling di Dubai Lebih Seru

Nikmati petualangan yang penuh dengan pengalaman tak terlupakan di Dubai.

Baca Selengkapnya
Lakukan Pemetaan Dasar Samudera, Ilmuwan Temukan Gunung Setinggi 2 Kali Burj Khalifa Tersembunyi di Bawah Laut

Lakukan Pemetaan Dasar Samudera, Ilmuwan Temukan Gunung Setinggi 2 Kali Burj Khalifa Tersembunyi di Bawah Laut

Penemuan gunung bawah laut tingginya 2 kali Burj Khalifa di kedalaman Samudera Pasifik

Baca Selengkapnya
Dubai Bangun Piramida Terbesar di Dunia, Bisa Dihuni 1 Juta Orang

Dubai Bangun Piramida Terbesar di Dunia, Bisa Dihuni 1 Juta Orang

Bangunan tersebut juga menyertakan teknologi pengenalan wajah sebagai bentuk keamanan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ilmuwan Temukan Gunung Bawah Laut Misterius, Tingginya Setara 3 Kali Burj Khalifa Dubai

Ilmuwan Temukan Gunung Bawah Laut Misterius, Tingginya Setara 3 Kali Burj Khalifa Dubai

Empat gunung tersebut memiliki ketinggian yang bervariasi, mulai dari 1.591 km sampai 2,681 km atau setara dengan tiga kali tinggi Burj Khalifa

Baca Selengkapnya
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah milik Ustad Abudl Somad atau UAS berada di perkampungan dengan jalan yang cuma muat dilintasi satu mobil.

Baca Selengkapnya