Oman Buka Suaka Margasatwa Khusus untuk Spesies Langka

Suaka margasatwa ini dibuka khusus untuk Arabian oryx, hewan khas gurun pasir cantik yang dijuluki 'Unicorn Arab'.

Puri Yuanita
| 27 Desember 2017 15:55

Dream - Kesultanan Oman melakukan terobosan untuk melestarikan ekosistem alam, termasuk dengan cara membuka suaka margasatwa untuk Arabian oryx, hewan khas gurun pasir.

Termasuk salah satu spesies langka di dunia, hewan sejenis antelope ini terkenal dengan bentuk tanduknya yang menawan. Suaka margasatwa tersebut sekaligus dibuka guna meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata lantaran sektor minyak bumi yang sedang terpuruk.

" Sudah bertahun-tahun lamanya kami memiliki keinginan untuk melestarikan oryx. Dengan keunikannya tersebut, suaka margasatwa ini diharapkan mampu turut serta meningkatkan potensi pariwisata," tutur Hamed bin Mahmoud Al-Harsousi seperti dilansir dari Arabnews.

Oryx kerap kali dijuluki sebagai 'Unicorn Arab' karena bentuk tubuhnya yang cantik. Spesies ini mulai diburu sejak tahun 1972 oleh para pemburu ilegal.

Suaka Margasatwa Oman ini berdiri di atas lahan seluas 2.824 kilometer persegi dengan berbagai jenis lahan mulai dari gurun, bebatuan hingga gundukan pasir. Di tahun 2007, suaka ini menjadi Warisan Dunia pertama yang dicabut dari daftar UNESCO karena digantikan oleh minyak bumi.

Kini saat harga minyak bumi semakin jatuh, oryx kembali menjadi prioritas pemerintah untuk dilestarikan. Sudah ada sekitar 742 spesies yang berhasil dilestarikan di Suaka Margasatwa Oman. Ditambah lagi dengan 12 spesies pepohonan yang menjadi habitat dari para burung.

Pihak kesultanan merasa optimistis dengan rencana pelestarian ini. " Tiga tahun yang lalu, kami berhasil meningkatkan populasi gazelle Arab dari 300 hingga mencapai 850 ekor," imbuh Hamed.

Ke depannya, akan ada rencana proyek pariwisata besar yang bakal diluncurkan. Sementara saat ini, pelestarian oryx masih dilakukan dengan melibatkan banyak petugas yang bergiliran mengawasi suaka dari ancaman pemburu ilegal.

(Sumber: arabnews.com/Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan