Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pelesir ke Timur Tengah, Bawa Uang Tunai atau Kartu Kredit?

Pelesir ke Timur Tengah, Bawa Uang Tunai atau Kartu Kredit? Ilustrasi (Sumber: Http://blog.visitorscoverage.com/)

Dream - Situs pencari wisata Wego.com baru saja merilis panduan singkat mengenai tata cara pembayaran di negara-negara Timur Tengah. Panduan ini dapat membantu Anda yang kerap melakukan perjalanan bisnis maupun wisata ke "negara-negara padang pasir".

"Masing-masing negara sangat berbeda dalam hal pembayaran, dan banyak traveler yang kekurangan informasi tentang fasilitas dan cara pembayaran yang berlaku umum di Timur Tengah. Masih banyak traveler yang bingung harus membawa uang tunai atau kartu kredit," ungkap Mamoun Hmedan, Managing Director Wego Timur Tengah, Afrika Utara dan India.

Nah, agar Anda tak lagi bingung, berikut Dream.co.id berikan ulasan mengenai tata cara pembayaran yang berlaku di beberapa negara Timur Tengah.

Yordania (Dinar Yordania, JD)

Di Yordania, kartu kredit berlogo Visa lebih banyak diterima dibanding MasterCard, terutama untuk restoran dan hotel besar. Sedangkan tempat wisata seperti museum dan kafe lokal, biasanya hanya menerima uang tunai.

"Amman adalah pusat budaya, ekonomi dan politik Yordania. Kota ini terbilang istimewa karena menawarkan sensasi Timur Tengah yang modern. Wilayah Amman dibagi dua, pusat budaya yang menyimpan peninggalan sejarah, dan wilayah urban yang berisi pusat perbelanjaan, gedung pencakar langit, dan fasilitas modern lainnya. Di kedua bagian kota tersebut, mesin ATM sudah banyak tersedia," jelas Hmedan.

Oman (Rial Oman, OMR)

Oman adalah negara spektakuler yang menawarkan petualangan padang pasir dan kecantikan barisan Pegunungan Al Hajar. Namun juga mampu memanjakan wisatawan dengan resort spa mewah. Di ibukotanya, Muscat, terdapat pelabuhan terpenting di Jazirah Arab sejak awal abad pertengahan, serta spot-spot historis yang meninggalkan jejak kolonialisme Portugis.

Pemerintah Oman menerapkan aturan pembangunan yang ketat. Setiap bangunan baru harus mengikuti gaya arsitektur tradisional Oman sehingga atmosfer budaya tetap terjaga di negara ini.

"ATM telah tersedia dan pembayaran dengan Visa dan MasterCard juga banyak diterima," lanjut Hmedan. "Muscat terbilang modern dalam hal teknologi pembayaran. Sebagai tambahan, hotel berbintang dan agen travel juga menawarkan penarikan tunai dengan kartu kredit dan jasa pencairan cek. Hal lain yang membuat jalan-jalan ke Muscat menyenangkan adalah Anda bisa tawar-menawar di banyak toko."

Kuwait (Dinar Kuwait, KWD)

Di Kuwait yang serba mewah, pusat belanja spektakuler The Avenues dan Corniche yang punya banyak hiburan malam sudah menanti. Pemerintahnya juga menerapkan tarif 0% untuk PPN dan pajak penghasilan.

"Meskipun tergolong negara yang mahal, bank-bank Kuwait umumnya menerima MasterCard dan Visa, American Express dan Diners Club juga bisa digunakan, meskipun cukup jarang. Mesin ATM juga mudah ditemukan dan untuk mendapatkan KWD dengan nilai tukar terbaik, sangat disarankan untuk menarik langsung dari ATM," jelas Hmedan.

United Arab Emirate (Dirham UAE)

"Angka pertumbuhan penduduk UAE sangat mencengangkan, dengan Dubai sebagai kota terpadat," ungkap Hmedan. "Saat ini Dubai adalah pusat penghubung penerbangan tersibuk dunia, dengan populasi yang berkembang dari 100.000 penduduk ke 9 juta penduduk hanya dalam 50 tahun."

Dubai, Abu Dhabi, Sharjah, dan Ajman memiliki fasilitas sistem pembayaran yang sangat baik. Kartu kredit diterima di hampir semua tempat, dengan Visa dan MasterCard dengan jaringan terluas, tapi di beberapa area American Express juga diterima.

Arab Saudi (Riyal Saudi, SAR)

"Tunai dan kartu debit paling banyak diterima di Arab Saudi," jelas Hmedan. "Kartu kredit juga mulai banyak diterima di pusat belanja dan hotel besar, tapi akan sangat memudahkan jika Anda membawa uang tunai, terutama jika ingin ke toko atau pasar yang umum disebut souq."

"Sekarang, Riyadh sangat sibuk dan merupakan salah satu kota metropolis terkaya di dunia. Gedung bertingkat, kondominium modern, pusat perbelanjaan Al Faisalah, serta jalan raya yang ramai mobil mewah adalah pemandangan yang umum dijumpai di Riyadh."

"Sedangkan Jeddah, yang merupakan pintu gerbang jemaah haji menuju Mekah, cenderung lebih santai dengan wisata yang terpusat di tepi Laut Merah."

Iran (Rial Iran, IRR)

"Iran adalah negara yang sangat indah dan belum banyak terekspos, padahal ia punya kota abad pertengahan seperti Isfahan dan Shiraz, belum lagi Tehran yang penuh energi," jelas Hmedan.

"Negara ini punya banyak resort ski bagus, padang pasir luas, museum keren (National Museum, Malek Museum), Azadi Square yang tersohor, dan kompleks Sadabad. Era baru pariwisata Iran dimulai pada 2014-2015, di mana mereka menjamu lebih dari 5 juta turis per tahun."

"Jaringan kartu kredit internasional tidak diterima, sehingga Anda perlu membawa uang tunai yang cukup untuk membayar hotel dan biaya lain selama berada di sana."

Lebanon (Pound Lebanon LBP)

"Visa dan MasterCard diterima secara luas, sedangkan American Express hanya di beberapa tempat. Mesin ATM tidak menerima kartu internasional, sehingga membawa uang tunai tambahan berupa USD dan LBP sangat direkomendasikan."

"Beirut juga menarik sebagai destinasi wisata," jelas Hmedan. "Kota yang penduduknya sangat sadar fashion ini telah berkembang pesat selama beberapa dekade. Pusat belanja besar di Hamra, Manara, dan Rue Verdun adalah sejumlah daya tarik utama Beirut. Begitu pula dengan tepi pantai Ain El Mraiseh yang dipenuhi butik dan restoran."

Mesir (Pound Mesir, EGP)

"MasterCard, Maestro, Visa, dan jaringan kartu kredit lainnya diterima di Mesir," jelas Hmedan. "Hotel-hotel juga sudah bisa POS transaction, sedangkan kartu Visa dan MasterCard juga banyak diterima di hotel dan restoran, meskipun Diners Club masih jarang. Tetap bawa uang tunai untuk jaga-jaga karena beberapa restoran, toko, dan pasar hanya menerima pembayaran tunai."

"Mesir telah jadi destinasi petualangan idaman sejak dulu kala, berkat misteri yang ditawarkan Giza, Sungai Nil, serta Laut Merah."

"Kairo adalah kota yang sangat sibuk, di sana terdapat Universitas Al-Azhar yang telah menjadi institusi idaman mahasiswa seluruh dunia untuk mendalami ilmu agama Islam. Tak heran bank dan mesin ATM sangat mudah ditemui. Jangan lupa ada Tahrir Square dan Museum Kairo yang punya koleksi artefak Mesir terlengkap dunia."

Turki (Lira Turki, TRY)

"Jaringan kartu kredit internasional umumnya diterima, sedangkan American Express dan Diner’s Club hanya diterima di kota-kota besar," jelas Hmedan. "Turki yang berada di antara Eropa dan Timur Tengah masuk ke daftar 10 kota paling banyak dikunjungi di dunia. Kebanyakan pengunjung mengincar Bodrum, tepi pantai Laut Aegean, balon udara Cappadocia, dan Istanbul yang meriah."

"Karena Anda tetap perlu uang tunai untuk belanja di pasar, cobalah menukar di Sultanahmet atau Taksim yang punya nilai tukar bagus. Istanbul sendiri adalah perpaduan fantastis tradisi Eropa, Asia, dan Arab, dengan kehidupan malam yang bergairah, bazaar historis Hagia Sofia, dan Blue Mosque yang memukau."

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

Buatlah momen liburan bersama ibu tercinta menjadi spesial dengan memilih destinasi yang pas untuk keduanya.

Baca Selengkapnya
Tiket Calon Penumpang Terdampak Kecelakaan KA Turangga di Bandung Dikembalikan 100%
Tiket Calon Penumpang Terdampak Kecelakaan KA Turangga di Bandung Dikembalikan 100%

Apabila akan membatalkan perjalanan, bea dikembalikan sebesar 100 persen.

Baca Selengkapnya
4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung
4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung

Beli tiket lebih mudah untuk perjalanan selama Ramadan dan Lebaran dengan melakukan 4 tips sederhana.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten
NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

Kurang lebih begini keadaannya kalau anak kantor jadi diajak bikin konten. Temen kalian ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya