Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penampakan Alquran Raksasa Berusia 105 Tahun di Medan

Penampakan Alquran Raksasa Berusia 105 Tahun di Medan (Foto: Harian.analisadaily.com)

Dream - Menawarkan beragam daya tarik, Medan menjadi salah satu kota yang wajib banget didatangi untuk berwisata. Ada banyak hal yang bisa kita eksplor ketika berada di Medan, mulai dari obyek wisata hingga aneka kuliner unik menggugah selera.

Tak cuma itu, buat para penikmat wisata religi, Medan juga punya banyak suguhan lho. Salah satunya, Masjid Raya Medan yang jadi ikon wisata religi populer di sana.

masjid medan

Terletak di Jalan Sisingamangaraja, Masjid Raya Medan terkenal dengan kemegahan dan keunikan arsitekturnya. Ditambah lagi, keberadaan sebuah Alquran raksasa berusia ratusan tahun di dalamnya. Menjadikan masjid ini semakin menarik untuk disambangi.

Ya, memasuki area Masjid Raya Medan, tepatnya di sudut pintu jamaah laki-laki, kamu akan menjumpai sebuah rak besar dengan penutup kaca. Di dalamnya terpajang sebuah Alquran tertua yang kabarnya sudah berusia 105 tahun.

alquran

Menariknya lagi, Alquran tersebut merupakan hasil tulisan tangan lho, Sahabat Dream Travel. Dan meski usianya sudah ratusan tahun, kondisi Alquran masih utuh dan hurufnya pun masih terlihat jelas.

Menurut berbagai sumber, Alquran itu terbuat dari kertas kulit yang sudah sangat tua dan para penulisnya berasal dari Timur Tengah. Alquran tua itu masuk ke Masjid Raya Medan setelah 6 tahun peresmian masjid tersebut pada tahun 1906.

Hingga kini Alquran raksasa berusia ratusan tahun tersebut jadi magnet tersendiri yang membuat banyak wisatawan ingin datang ke Masjid Raya Medan.

(Berbagai sumber)

Alquran Raksasa yang Mendunia Tersimpan di Palembang

Dream - Wisata Palembang biasanya identik dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Nyaris semua pelancong yang datang ke Kota Pempek ini tak ingin melewatkan kesempatan untuk mengunjungi dua ikon tersebut.

Namun jangan salah, Palembang tak hanya itu. Masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa Anda datangi. Terlebih bagi Anda para pecinta wisata religi, Palembang menjadi salah satu kota di Indonesia yang sangat tepat dipilih sebagai destinasi wisata religi.

Di kota Pempek ini ada banyak tempat dan ikon-ikon Islami yang bisa Anda jelajahi. Mulai dari masjid-masjid, museum hingga tempat-tempat yang menyimpan jejaksejarah peradaban Islam masa lalu.

Nah, salah satu destinasi wisata religi yang tak boleh Anda lewatkan ketika berada di Palembang adalah Al-Quran Al-Akbar.

Takkan ada yang menduga jika di dalam sebuah bangunan seperti rumah pada umumnya ini, terdapat karya seni yang mendunia. Al-Quran Al-Akbar adalah Alquran raksasa yang berbentuk lembaran kayu yang dipasang seperti jendela di bangunan bertingkat lima.

Total 30 juz Alquran diukir pada kayu tembesu yang berukuran 1,77x1,4 meter. Lembaran kayu itu juga dihiasi ornamen bunga khas Palembang. Kabarnya, butuh waktu 7 tahun dan dana hingga Rp2 miliar untuk membuatnya.

Al-Quran Al-Akbar diresmikan pada 30 Januari 2012 oleh SBY dan seluruh delegasi Organisasi Konferensi Islam (OKI). Sebelumnya, Alquran ini dipajang di ruang pamer Masjid Agung Palembang selama 3 tahun untuk mendapat koreksi dari seluruh umat muslim. Setelah itu, barulah dipindahkan ke tempatnya sekarang.

Ingin tahu lebih banyak tentang destinasi wisata religi di Palembang? Yuk lihat selengkapnya di sini. 

Berkunjung ke Percetakan Alquran Terbesar di Dunia

Dream - Selain beribadah, momen umroh biasanya kerap dimanfaatkan para muslim untuk berwisata religi.

Ada banyak situs-situs bersejarah atau obyek wisata menarik yang bisa didatangi para jamaah umroh untuk berwisata religi. Dan salah satunya adalah Percetakan Alquran di Kota Madinah.

Ya, Madinah punya pusat percetakan Alquran yang berada di Komplek Raja Fahd. Digadang-gadang sebagai percetakan Alquran terbesar dunia, komplek ini berdiri sejak tahun 1405 H/1984 M di atas tanah seluas 250.000 meter persegi.

Percetakan Alquran

Selain membuat Alquran, baik versi cetak dan audio CD atau kaset, percetakan ini juga mencetak beragam jurnal. Khususnya jurnal yang terkait dengan penelitian dan kajian tentang kandungan Alquran.

Pada musim haji dan umroh, Komplek Percetakan Alquran Madinah ini nyaris selalu dipenuhi pengunjung.

Namun satu yal yang menarik, jamaah wanita tidak diperkenankan masuk ke dalam komplek percetakan ini. Mereka hanya diperbolehkan memasuki dan melihat berbagai jenis Alquran di salah satu bagian komplek.

Daripada penasaran, langsung saja yuk intip Percetakan Alquran di Kota Madinah lewat videonya.

(Berbagai sumber)

5 Lokasi Keberadaan Alquran Raksasa di Indonesia

Dream - Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia punya banyak spot wisata religi yang bisa dieksplor. Mulai dari masjid-masjid bersejarah, pesantren hingga makam-makam alim ulama yang bisa diziarahi.

Nah dari sekian banyak objek wisata religi yang ada, ada satu yang menarik nih. Yakni, lokasi atau tempat-tempat yang menyimpan Alquran raksasa.

Ya, ternyata banyak lho tempat di Indonesia yang menjadi lokasi keberadaan Alquran raksasa. Ingin tahu dimana saja? Berikut Dream ulas lima di antaranya.

1. Alquran di Pondok Pesantren Al-Ashriyyan Nurul Iman

Pondok pesantren yang didirikan oleh Habib Saggaf bin Mahdi di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini, menyimpan Alquran raksasa yang beratnya mencapai 1,2 ton. Alquran tersebut terbuat dari baja stainless, terdiri dari 306 halaman dengan ukuran perhalaman 100x140 cm serta memiliki berat 4 kg per halamannya.

Pembuatannya sendiri kabarnya membutuhkan waktu hingga 5 tahun. Pondok Pesantren Al-Ashriyyan Nurul Iman juga memiliki 8 koleksi Alquran berukuran raksasa. Setiap Alquran berisi surat lengkap 30 juz. Ukurannya variatif, yakni 2 m x 3,8 m; 1,5 m x 2,4 m; 1,8 m x 2,4 m; serta 1,8 m x 2,6 m.

2. Alquran di Masjid Raya Makassar

Alquran yang dipajang di depan pintu masuk Masjid Raya Makassar di Jalan Veteran Utara ini tak kalah menakjubkan. Alquran raksasa tersebut memiliki ukuran 1 x 1,5 m, sedangkan beratnya mencapai 584 kg. Untuk melindungi Alquran tersebut dari kerusakan, pihak pengelola masjid pun membingkainya dalam sebuah kaca dengan bingkai kayu.

3. Alquran di Masjid Agung Semarang

Alquran tersebut memiliki ukuran 145 x 95 cm. Alquran yang ada di Masjid Agung Semarang ini ditulis oleh Drs. Khyatudin, dari Pondok Pesantren Al-Asyariyyah. Selain Alquran raksasa, masjid yang menjadi kebanggaan warga semarang ini juga memiliki bedug raksasa.

Bedug tersebut memiliki ukuran panjang 310 cm dengan diameter 220 cm. Bedug tersebut merupakan replika dari bedug Pendowo di Purworejo. Pengerjaan bedug tersebut dilakukan oleh beberapa santri dari Pondok Pesantren Al Falah, Tinggar Jaya, Jatilawang, Kab. Banyumas.

4. Alquran Al-Akbar di Palembang

Alquran raksasa selanjutnya ada di kota Palembang. Uniknya, pembuatan Alquran satu ini dilakukan di media kayu. Ukiran Alquran tersebut dinamai Alquran Al-Akbar.

Penamaan tersebut jelas karena bentuknya yang besar. Alquran Al-Akbar tersusun secara rapi setinggi 15 m dengan jumlah susunan 315 papan. Susunan setiap papan tersebut memiliki ukuran 177 x 140 cm, yang kedua sisinya diukir ayat Alquran.

5. Alquran di Masjid Agung Al-Munada Darussalam Baiturrohman

Alquran raksasa selanjutnya ternyata ada di Jakarta. Tepatnya di Masjid Agung Al-Munada Darrussalam Baiturrohman yang terletak di antara dua sisi tower Apartemen Casablanca yang menjulang tinggi.

Tak banyak yang tahu jika masjid unik berbentuk menyerupai kapal ini ternyata menyimpan sebuah Alquran raksasa. Alquran tersebut dibalut dengan bingkai dari kayu yang dihiasi batu giok berjumlah 13 buah. 

(Berbagai sumber)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jangan Sampai Terlewatkan! Inilah 5 Keistimewaan Membaca Al-Quran saat Malam Nuzulul Quran, Salah Satunya Jadi Syafaat di Hari Kiamat
Jangan Sampai Terlewatkan! Inilah 5 Keistimewaan Membaca Al-Quran saat Malam Nuzulul Quran, Salah Satunya Jadi Syafaat di Hari Kiamat

Tidak hanya mendapatkan petunjuk, tetapi juga dengan membaca Al-Quran ada limpahan pahala yang akan diberikan Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Dalil tentang Mendidik Anak dalam Al-Quran, Lengkap dengan Cara-Caranya Sesuai Ajaran Islam
Dalil tentang Mendidik Anak dalam Al-Quran, Lengkap dengan Cara-Caranya Sesuai Ajaran Islam

Orang tua yang mendidik anaknya dengan baik, maka balasannya adalah surga.

Baca Selengkapnya
Viral Alquran Ditemukan Masih Utuh di Tengah Bangunan Terbakar Hebat, Huruf Masih Tampak Jelas
Viral Alquran Ditemukan Masih Utuh di Tengah Bangunan Terbakar Hebat, Huruf Masih Tampak Jelas

Viral Pria Temukan Al Quran Dalam Kondisi Utuh di Tengah Bangunan Terbakar, Huruf Masih Terbaca Jelas

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Memperingati Turunnya Al-Quran, Inilah 4 Hikmah Nuzulul Quran yang Penting Diketahui Umat Islam
Memperingati Turunnya Al-Quran, Inilah 4 Hikmah Nuzulul Quran yang Penting Diketahui Umat Islam

Malam Nuzulul Quran menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kapada Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Senandung Al-Quran yang Dibaca Setelah Menghatamkannya, 4 Ribu Malaikan Mengaminkan
Doa Senandung Al-Quran yang Dibaca Setelah Menghatamkannya, 4 Ribu Malaikan Mengaminkan

Membaca dan mengamalkan doa senandung Al-Quran memiliki banyak keistimewaan.

Baca Selengkapnya
Dalil Al-Quran dan Hadis tentang Malam Nuzulul Quran, Ingatkan Kembali tentang Peristiwa Bersejarah Umat Islam
Dalil Al-Quran dan Hadis tentang Malam Nuzulul Quran, Ingatkan Kembali tentang Peristiwa Bersejarah Umat Islam

Allah SWT telah menurunkan ajaran dan pedoman yang akan menuntun umat Islam menuju jalan kebaikan.

Baca Selengkapnya
Doa Sebelum dan Sesudah Baca Al-Quran, Ini Pahala Dahsyat yang Akan Didapat
Doa Sebelum dan Sesudah Baca Al-Quran, Ini Pahala Dahsyat yang Akan Didapat

Doa sebelum dan sesudah membaca Al-Quran bertujuan untuk menyempurnakan pahala dan meraih berkah dalam hidup.

Baca Selengkapnya
Masya Allah! Semangat Bocah Tetap Hafalkan Al Quran di Kereta Bikin Kagum, Dapat Pertolongan Tak Terduga
Masya Allah! Semangat Bocah Tetap Hafalkan Al Quran di Kereta Bikin Kagum, Dapat Pertolongan Tak Terduga

Momen bocah semangat hafalkan Al Quran meski sedang perjalanan di kereta ini banjir pujian.

Baca Selengkapnya
Masyaallah! Inilah 20 Fakta Menarik Al-Quran yang Belum Banyak Diketahui Umat Islam
Masyaallah! Inilah 20 Fakta Menarik Al-Quran yang Belum Banyak Diketahui Umat Islam

Al-Quran tak hanya memuat tentang ajaran dan hukum-hukum Islam saja. Tetapi juga ada kisah-kisah para Nabi yang penuh hikmah.

Baca Selengkapnya