Destinasi Mengagumkan, Perahu Terapung Membentuk Jembatan

Perahu-perahu yang dibiarkan terapung di tengah suangai ini ternyata jembatan yang dibangun ratusan tahun silam.

Ratih Wulan
| 31 Mei 2016 09:21

Dream - China selalu menawarkan paket wisata yang menarik. Seperti salah satunya jembatan kuno yang terletak di seberang sungai Han di Chaozhou, Provinsi Guangdong.

Jika adan berkesempatan berwisata ke Chazhou, akan kurang lengkap jika belum mengunjungi jembatan Guangji atau dikenal juga dengan sebutan jembatan Xiangzi.

Selain berusia ratusan tahun, jembatan ini juga banyak menyimpan sejarah. Salah satunya tercatat sebagai jembatan ponton pertama di dunia yang dapat dibuka dan ditutup. Menariknya lagi, bagian bawah jembatan didukung oleh 18 perahu yang berjejer mengambang.

Perahu-perahu ini dapat dipindahkan ke samping, untuk menciptakan saluran terbuka bagi perahu atau kapal yang melewatinya. Pada awalnya, jembatan didukung oleh sebuah kapal besar yang hanya dapat dibuka di bagian tengahnya saja.

Jembatan Guangji ini dibangun seperti sebuah jembatan terapung di tahun 1170. Pembangunan dipimpin oleh hakim bernama Zeng Wang dan dinamai sebagai jembatan Kangji.

Namun sayangnya, empat tahun setelah jembatan selesai dibangun, banjir memporak-porandakan konstruksi jembatan. Kemudian pada tahun 1194, hakim lain ikut membangun paviliun di pantai timur dan dinamai sebagai jembatan Jinchuan.

Dan pada 1206, ujung barat menyusul selesai dibangun. Di bagian tengah diletakan beberapa perahu sebagai penghubung dengan ujung timur.

Selama Dinasti Ming jembatan kembali dibangun dan berganti nama menjadi Guangji. Jembatan ini mendapat tambahan dua patung lembu saat Dinasti Qing. Jarak jembatan diperkirkan 500 meter yang didukung 24 dermaga batu, 18 kapal dengan 24 paviliun.

(Sumber:amusingplanet)

Topik Terkait :

Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan