Nyata! Batang Pohon Hidup Berubah Jadi Sel Penjara

Bisa dibayangkan berapa besar rongga batang pohon itu.

Ratih Wulan
| 21 Juli 2016 08:20

Dream - Pohon baobab terkenal memiliki bentuk yang besar dengan usia puluhan tahun. Begitu pula yang terdapat di Australia. Pohon baobab yang didatangkan dari Madagaskar dan Afrika tumbuh menyerupai botol raksasa, sehingga masyarakat menyebutnya sebagai pohon botol.

Bentuk yang unik dengan sejarah yang menarik, mampu memikat kunjungan para pelancong untuk mengunjunginya saat ke Australia.

 baobab australia

Foto:Marie-Luise Klaus/Flickr

Salah satu pohon baobab yang terkenal tumbuh di jalan King river di Wyndham selatan, Australia Barat. Diameter pohon ini berkisar 15 meter dengan bagian tengah batangnya yang berongga. Salah satu sisi batang pohon bisa dilubangi dan menjadi pintu masuk.

Cerita menjadi sangat menarik berawal di tahun 90-an atau abad ke 19. Saat itu, polisi-polisi yang akan membawa tahanan Aborigin untuk dijatuhi hukuman di Derby, harus melewati Wyndham.

Mereka harus bermalam di Wyndham dan melihat pohon besar yang berongga. Setelah memeriksanya, mereka menemukan pintu untuk masuk ke dalamnya, sehingga mereka berinisiatif untuk memasukan para tahanan ke dalamnya.

Kebiasaan ini terus mereka lakukan saat melintas di wilayah Wyndham, hingga kemudian orang-orang mulai menyebutnya sebagai penjara Hillgrove. Namun terkadang, saat mereka membawa sekelompok besar tahanan dan tidak cukup untuk menampung semua tahanan di dalamnya, sebagian akan dirantai di bagian luar atau di sekeliling pohon baobab itu.

 baobab australia

Foto: Djambalawa/Wikimedia

Rongga yang dijadikan sel berukuran 9 meter persegi, dan mampu menampung 30 tahanan dalam satu waktu.

Selain baobab yang satu ini, masih ada lagi pohon serupa yang tumbuh di selatan Derby. Pohon itu dikabarkan digunakan juga sebagai sel tahanan, namun memiliki rongga yang lebih kecil. Yaitu hanya memiliki ketinggian 6 meter dan memiliki dua lubang alam sebagai ventilasi.

Banyak sejarawan yang menampik cerita-cerita rakyat tersebut. Pasalnya tidak pernah ada bukti yang menggambarkan baobab pernah digunakan sebagai penjara.

 baobab australia

Foto:Jon Connell/Flickr

Laporan tentang pohon-pohon penjara ini muncul pertama kali saat dimuat di surat kabar tahun 1910-an. Cukup banyak publikasi mengenai cerita rakyat yang bersifat seperti sebuah informasi. Beberapa orang bahkan menyatakan bahwa pohon baobab Wyndham memiliki baut besar yang digunakan untuk mengikat tahanan di dalamnya.

(Sumber:amusingplanet)

Potret Rumah 5 Seleb yang Punya Lapangan Golf Pribadi

Jangan Lewatkan