Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pohon Mangga Berbuah Mengkudu Bikin Geger Warga Probolinggo

Pohon Mangga Berbuah Mengkudu Bikin Geger Warga Probolinggo (Foto: Reportasenews.com)

Dream - Sebuah fenomena ajaib terjadi di Probolinggo dan sukses membuat geger warga setempat. Aneh tapi nyata, ada sebuah pohon mangga yang berbuah mengkudu.

Foto dan video yang memperlihatkan pohon ajaib ini beredar di media sosial dan kemudian menjadi viral. Banyak netizen yang dibuat penasaran.

Menurut informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, foto atau video tersebut bukanlah hasil rekayasa atau hoax. Peristiwa langka itu kabarnya memang benar terjadi.

Pohon yang berada di Jalan Kartini, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo itu adalah pohon mangga berjenis manalagi, namun juga memiliki buah mengkudu. Buah mengkudu sebanyak tiga biji tumbuh di salah satu tangkai pohon.

Pohon buah ajaib itu tumbuh di kebun kosong yang diketahui merupakan milik Nyonya Alfonso. Pasca foto dan videonya viral, banyak orang yang kemudian datang ke kebun ini untuk melihat langsung pohon mangga berbuah mengkudu tersebut.

Sampai saat ini, belum diketahui pasti apa yang sebenarnya terjadi pada pohon tersebut. Apakah memang benar-benar asli atau hanya rekayasa. Warga pun berharap ada dinas terkait yang datang untuk melakukan uji sampel pada pohon tersebut agar bisa diteliti lebih lanjut di laboratorium. 

Misteri Pohon dengan Buah Menyerupai Tubuh Wanita

Dream - Warga Thailand geger dengan video yang memperlihatkan pohon dengan buah yang benar-benar aneh menyerupai anatomi tubuh wanita!

Walau banyak yang mengagumi bentuk unik buah itu, namun tidak sedikit yang meragukan keaslian rekaman video tersebut.

Dalam mitologi Buddha, pohon berbuah aneh itu disebut Nariphon. Pohon ini menghasilkan buah berbentuk tubuh wanita dengan kepala mereka menempel pada tangkai-tangkai pohon.

Pohon ini dikatakan tumbuh di hutan mitos yang disebut Himaphan. Berdasarkan cerita, Nariphon diciptakan untuk mengelabui pertapa jahat yang mencoba mengganggu keluarga Buddha.

Mitologi Buddha mengisahkan Dewa Indra menciptakan paviliun yang dihuni oleh seorang kerabat Buddha dan keluarganya di Himaphan. Ketika istri kerabat Buddha itu memetik buah di hutan, dia diganggu oleh para pertapa jahat.

Melihat hal itu, Dewa Indra menciptakan 12 pohon Nariphon yang menghasilkan buah yang bentuknya mirip dengan tubuh istri kerabat Buddha.

Para pertapa yang tertipu kemudian mengambil buah tersebut dan bercintadengannya. Akibatnya, mereka tertidur selama empat bulan dan kehilangan kesaktian.

Menurut cerita rakyat masyarakat Thailand, setelah kerabat Buddha dan istrinya itu meninggal, pohon Nariphon terus menghasilkan buah aneh sampai sekarang.

Saat ini, pohon Nariphon bisa ditemui di Luang Pho Jarun, Wat Ampawan di Kuil Buddha Singburi dekat Bangkok.

Hingga kini belum ada yang memastikan apakah buah di dalam video yang mirip dengan bentuk tubuh wanita ini nyata atau hanya tipuan gambar belaka. Menurut Anda?

(Sumber: elitereaders.com)

Dianggap Buah Terlarang, Tapi Diincar Pangeran Timur Tengah

Dream - Di Pulau Praslin dan Curieuse, di Seychelles, tumbuh salah satu pohon palem yang paling eksklusif di dunia. Coco de mer (Lodoicea Maldivica) memiliki batang tinggi ramping yang ukurannya lebih dari 30 meter di atas tanah. Di mahkotanya ada banyak daun, dengan bilah daun mengembang hampir lima meter. Pada individu dewasa, daunnya sering terlipat di tepinya. Ujungnya layu menggantung di bawah mahkota hijau.

Mungkin bagian yang paling terkenal dari coco de mer adalah bijinya yang sangat besar, bahkan disebut-sebut sebagai biji terbesar dan terberat di dunia tumbuhan. Tapi bukan itu saja yang membuat biji coco de mer terkenal.

coco de mer

Biji-bijinya juga menarik perhatian lantaran dianggap memiliki kemiripan dengan bokong wanita. Itulah kenapa salah satu nama botani milik coco de mer adalah Lodoicea callipyge, yang berarti 'bokong yang indah'.

Coco de mer menjadi tumbuhan penuh misteri sekaligus legenda, lebih dari pohon lain di dunia. Berabad-abad yang lalu, sebelum Seychelles ditemukan, kacang dari coco de mer banyak diperdagagkan di Maladewa. Karena bentuk dan ukurannya yang tidak biasa, biji coco de mer diipandang sebagai benda menarik dengan kualitas afrodisiak yang kuat. Dan karena awalnya berasal dari Maladewa, biji coco de mer disebut kelapa Maladewa. Ini masih tercermin dalam nama ilmiahnya saat ini, Lodoicea Maldivica.

coco de mer

Ketika buah coco de mer jatuh ke laut, tidak bisa mengapung karena berat dan kerapatannya yang sangat besar. Sebaliknya, ia akan tenggelam ke bawah. Setelah menghabiskan banyak waktu di dasar laut, kulitnya melemah.

Kemudian terjadi pembusukan, dan menyebabkan buah tersebut naik ke permukaan. Banyak pelaut telah melihat buah itu naik dari dasar laut, dan mengira mereka tumbuh di bawah air di hutan dasar Samudra Hindia. asumsi ini kemudian membuat tumbuhan itu dinamai coco de mer, yang merupakan bahasa Prancis untuk 'kelapa laut'.

Pada masa itu, buah atau biji coco de mer bernilai besar dan semua yang ditemukan di laut atau di pantai langsung menjadi milik raja, yang menjualnya dengan harga sangat tinggi. Buah ini bahkan bisa menjadi hadiah agung yang sangat berharga. Para Pangeran Timur Tengah bahkan Kaisar Romawi Suci, Rudolf II menawarkan banyak uang untuk harta langka ini.

coco de mer

Sumber coco de mer akhirnya ditelusuri kembali ke Seychelles, sekitar pertengahan abad ke-18, dimana para penjelajah menemukan kejutan lain. Berbeda dengan kelapa sawit yang memiliki bunga jantan dan betina terpisah, proses penyerbukan coco de mer sulit dipahami. Namun inilah yang juga menambah daya pikatnya.

Seorang ahli kosmologi Kristen, Mayor Jenderal Charles George Gordon dari angkatan darat Inggris pernah berasumsi jika coco de mer adalah buah terlarang yang ditawarkan Hawa kepada Adam.

Coco de mer yang menakjubkan ini memiliki beberapa keunggulan antara lain, menghasilkan buah liar terbesar dengan berat sampai 42 kg; bijinya berbobor hingga 17,6 kg, yang paling berat di dunia; menghasilkan kotiledon terpanjang, sampai 4 meter; bunga betinanya adalah yang terbesar, lebih besar dari telapak tangan; dan coco de mer adalah tanaman paling efisien yang diketahui mampu memulihkan nutrisi daun yang hampir mati.

coco de mer

(Sumber: amusingplanet.com)

Ajaib! Pohon Ini Bisa Hasilkan 40 Jenis Buah Berbeda Sekaligus

Dream - Percaya tak percaya ada lho pohon ajaib yang bisa menghasil 40 jenis buah sekaligus. Tumbuh di Amerika, pohon ajaib ini merupakan hasil rekayasa seorang profesor jurusan seni dari Syracuse University, Van Aken.

Berbekal pengalamannya mengelola perkebunan milik keluarga ditambah pengetahuannya sebagai seorang seniman, Van Aken mencoba mengembangkan temuannya. Yakni sebuah pohon yang bisa menghasilkan 40 jenis buah.

Menggunakan teknik yang disebut chip grafting, Van Aken mencoba menghasilkan beraneka macam buah dalam tiap cabang batang pohon. Proses tersebut rupanya berjalan sukses.

Setelah sekitar lima tahun teknik tersebut diujicoba dan diterapkan, pohon berbuah 40 macam hasil rekayasa Van Aken akhirnya selesai. Menariknya, saat musim semi pohon ajaib ini akan tampil sangat cantik.

Ketika musim semi, pohon ini akan terlihat sangat indah dipenuhi bunga-bunga berwarna pink, putih merah, dan ungu. Dan pada akhirnya, bunga-bunga tersebut akan berbuah menjadi plum, aprikot, kesemek, ceri hingga almon pada musim panas.

(Sumber: cnn.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Potret Seleb Punya Kebun Binatang Dirumahnya, Ada yang Pernah Digigit sampai Jarinya Gosong

9 Potret Seleb Punya Kebun Binatang Dirumahnya, Ada yang Pernah Digigit sampai Jarinya Gosong

Mereka memiliki cara unik untuk ungkapkan rasa sayangnya pada hewan-hewan yang dicintai.

Baca Selengkapnya
10 Burung Tercantik di Dunia, Tak Semuanya Gampang Ditemukan

10 Burung Tercantik di Dunia, Tak Semuanya Gampang Ditemukan

Inilah beberapa burung yang tercantik di dunia, sudah pernah lihat?

Baca Selengkapnya
Viral Pertarungan King Kobra Lawan Biawak di Jalan Raya, Endingnya Justru Mengejutkan, Videonya Ditonton 10 Juta Kali

Viral Pertarungan King Kobra Lawan Biawak di Jalan Raya, Endingnya Justru Mengejutkan, Videonya Ditonton 10 Juta Kali

Gigitan king kobra tersebut terlihat menancap dengan sangat kuat di leher biawak malang itu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Video Viral Sosok Misterius Disebut Hantu Kuyang di Bogor, Asli atau Khayalan?

Video Viral Sosok Misterius Disebut Hantu Kuyang di Bogor, Asli atau Khayalan?

Viral Video Penampakan Diduga Hantu Kuyang, Bikin Heboh Netizen

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Menegangkan Warga Temukan Ular Piton dalam Rumah, Sembunyi di Balik Lemari

Detik-Detik Menegangkan Warga Temukan Ular Piton dalam Rumah, Sembunyi di Balik Lemari

Momen warga temukan ular piton di balik lemari, bikin merinding!

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

Sahabat Dream bercanda lagi soal kantor yuk. Kali ini ada gak bos kamu yang seperti `PHP` dengan kata-kata manisnya? Cuma bercyanda ya....

Baca Selengkapnya