Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Puasa Tambah Seru, Yuk Wisata Ramadan ke Masjid Agung Demak!

Puasa Tambah Seru, Yuk Wisata Ramadan ke Masjid Agung Demak! Masjid Agung Demak (Foto: Facebook/Kemenpar)

Dream - Sama halnya dengan makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Masjid Agung Demak Jawa Tengah juga ramai pengunjung sejak bulan Rejeb (Rajab) dan Ruwah kemarin. Persis dengan yang diduga Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, bahwa pergerakan wisata religi itu makin besar di Bulan Ramadan. "Mereka akan datang berduyun-duyun dengan bus, dari malam sampai pagi," sebut Arief Yahya dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 29 Mei 2017.

Arief Yahya berharap, Pemkab Demak menjaga betul kebersihan dan sampah di kompleks destinasi wisata religi itu. Sebab, para peziarah itu datang sejak malam sampai pagi. "Itu saat-saat kritis, karena jam kerja petugas kebersihan biasanya pagi sampai sore. Karena itu harus dipikirkan dengan baik, agar destinasi terlihat rapi, bersih, dan sehat," kata Menteri Arief.

masjid demak

Seperti diketahui, jarak makam Sunan Kalijaga di Kadilangu menuju Masjid Agung Demak itu tidak lebih dari 3 kilometer. Sangat dekat. Bahkan mengendarai mobil sendiri, tidak lebih dari 15 menit. Karena itu, pengunjung yang ke Kadilangu, pasti juga akan mampir ke Alun-Alun Demak, tempat masjid dengan desain arsitektur Joglo Jawa pertama itu berdiri.

Kisah Masjid Agung itu sendiri sudah penuh dengan cerita yang memikat. Antara legenda, cerita sejarah, dan kisah yang sesungguhnya bercampur menjadi satu. Tetapi, endingnya tetap menarik untuk dijadikan warisan cerita turun temurun.

Wajar, jika komplek makam itu juga ramai pengunjung. Masjid Agung Demak itu juga sangat semarak, dan di depannya ada alun-alun besar. Para pengunjung tersebut selain sholat di masjid para wali, juga melakukan ziarah di makam-makam Raja Demak. Diantaranya adalah makam Sultan Fatah atau raja pertama Demak, makam Pati Unus atau Pangeran Sabrang Lor, Raja Demak ke-2, dan makam Sultan Trenggono, Raja Demak yang ke-3.

masjid demak

Menjelang hingga memasuki Ramadan ini komplek pemakaman raja-raja sangat ramai peziarah. Mereka datang dari berbagai wilayah di pulau Jawa dan luar Jawa. Tidak jarang para pejabat berziarah dan sholat di tempat ini.

Ahmad Yani Nasution, salah seorang pengurus masjid Demak mengatakan, menjelang ramadhan kemarin suasanya ramai. Menurutnya dalam sehari bisa 20 hingga 60 bus datang baik dari Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Jawa Barat. "Ramainya saat Rejeb ruah, atau sebelum Ramadan. Tetapi Ramadan tetap lumayan," jelasnya.

Sedangkan untuk kegiatan saat Ramadan bisanya diisi dengan pengajian sehabis sholat Ashar dan khataman Quran. "Biasanya akan ramai lagi saat malam likuran atau malam-malam terakhir mulai tanggal 21, 23, 27, dan 29," ujar lelaki ramah ini.

masjid

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Rudi Santoso, menambahkan adanya tradisi yang sudah turun temurun juga yang disebut "Megengan". Dilakukan sehari menjelang puasa. Tradisi Megengan sendiri menurut Rudi adalah tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut bulan puasa.

Megengan sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya 'menahan'. Ini merupakan peringatan bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan puasa. Bulan dimana semua umat Islam diwajibkan berpuasa. Yaitu menahan untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat menggugurkan ibadah puasa tersebut.

"Untuk Megengan kemarin ditampilkan tari Zippin, serta atraksi budaya lainnya di depan Masjid Agung. Kemudian dilanjutkan dengan melihat stan-stan makanan khas Demak seperti sate keong dan masih banyak lagi," terangnya.

masjid demak

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah
4 Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadan di Yogyakarta, Salah Satunya Nyadran atau Ziarah

Tradisi tersebut dilakukan secara turun temurun setiap tahunnya saat menyabut bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan pada 10 Maret 2024, Berikut 134 Titik Seluruh Indonesia

Baca Selengkapnya
Ketentuan Puasa bagi Musafir, Mana yang Lebih Utama Antara Tetap Puasa atau Membatalkannya?
Ketentuan Puasa bagi Musafir, Mana yang Lebih Utama Antara Tetap Puasa atau Membatalkannya?

Ketentuan puasa Ramadan bagi musafir dalam membatalkan atau melanjutkan puasanya disesuaikan dengan kondisi mereka.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!
NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih batal istirahat setelah kerja keras karena teringat cicilan. Yuk berbagi. Kali aja ada yg senasib

Baca Selengkapnya
Kabar Terkini Ningsih Tinampi yang Pernah Terkenal karena Bisa Obati Pasien Covid-19
Kabar Terkini Ningsih Tinampi yang Pernah Terkenal karena Bisa Obati Pasien Covid-19

Yuk Intip kabar Terbaru Ningsih Tinampi yang dulu viral bisa obati pasien covid-19.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Punya Teman Cepat Lapar
NOTED KAK! Ketika Punya Teman Cepat Lapar

"Bu Agus Lapar Bu!" Sahabat Dream, punya gak temen yang cepat banget lapar kalau lagi kerja? Ikut senewen nggak sih melihatnya?

Baca Selengkapnya