Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pulau Ini Berganti Pemilik Setiap 6 Bulan Sekali

Pulau Ini Berganti Pemilik Setiap 6 Bulan Sekali Pulau Pheasant Yang Membelah Prancis Dan Spanyol (Foto: Www.armada.mde.es)

Dream - Sungai Pheasant yang terletak kurang lebih 6 km di dekat perbatasan Prancis dan Spanyol, memiliki makna penting. Pada tahun 1659 perwakilan kedua negara menandatangani perjanjian Pyerenees. Mereka menyepakati untuk mengakhiri perang yang telah terjadi selama 30 tahun.

Perjanjian ini juga secara otomatis membentuk perbatasan alami yang mengikuti aliran sungai. Padahal, idealnya perbatasan kedua negara itu harus membelah Sungai Pheasant. Memisahkan pulau seluas 1,6 hektar menjadi dua bagian untuk dikendalikan masing-masing negara.

Namun, perjanjian Pyreness menyepakati Pulau Pheasant untuk dijadikan sebuah kondominium. Sebuah wilayah yang digunakan untuk kerjasama beberapa negara dalam latihan kekuasaan dan kedaulatan. Namun tanpa menyelam ke dalam zona nasional yang berbeda. Antartika adalah contoh sebuah kondominium yang sukses.

Pulau Pheasant tidak hanya membuktikan sebagai kondominium tertua, tapi juga satu-satunya kedaulatan yang tidak dibagi secara bersamaan. Spanyol dan Prancis menyepakati untuk bergantian selama enam bulan sekali dalam setahun.

Sebelum perang dan penandatangan perjanjian, status Pulau Pheasant adalah tempat netral. Bahkan sering digunakan Raja Prancis dan Spanyol untuk untuk membicarakan pertukaran tahanan secara langsung. Hingga tercatat banyak perisitiwa sejarah terjadi di tempat itu.

Seperti saat Raja Louis XIII bertemu calon istri Spanyol-nya, yaitu seorang perempuan bernama Ana. Sedangkan pada saat yang sama, kakaknya, Philip IV menjatuhkan pandangan pada pengantin Prancis dan saudara perempuan Louis XIII, Elisabeth dari Prancis. Kemudian putra Louis XIII atau Louis XIV bertemu dengan calon istrinya Maria Theresa dari Spanyol.

Selama bertahun-tahun kemudian, msih banyak terjadi pertukaran pengantin lainnya. Seperti Marie Louise d'Orleans diserahkan kepada Charles II dari Spanyol dan Mariana Victoria Spanyol kepada raja Prancis Louis XV, meskipun perkawinan ini tidak berjalan ke depannya.

Saat ini, pengunjung Pulau Pheasant dibatasi namun mereka dapat menyaksikannya dari jarak dekat.

(Sumber: Amusingplanet)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pulau Pheasant, Sepetak Tanah yang Bisa Ubah Batas Wilayah 2 Negara Setiap 6 Bulan
Pulau Pheasant, Sepetak Tanah yang Bisa Ubah Batas Wilayah 2 Negara Setiap 6 Bulan

Terletak di sepanjang Sungai Bidasoa, berbatasan langsung antara Spanyol dan Perancis, terdapat Pulau Pheasant.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Derita Anak Kost
BUNGKUS! Derita Anak Kost

Sahabat Dream yang pernah hidup di kost pasti pernah merasa pengalaman ini. Kadang makan enak, kadang ya gitu deh. Yuk anak kost berbagi cerita.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Tarian penarik Viewers
NOTED KAK! Tarian penarik Viewers

Demi dapat views banyak memang boleh ya `seritual` ini? Sahabat Dream ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya