Pulau Terbersih di Jepang, Traveler Wajib Bawa Kembali Kotoran

Kotoran buang air besar dapat membawa dampak buruk pada kelestarian pulau ini.

Ahmad Baiquni
| 8 Maret 2021 11:10

Dream - Tempat liburan dengan pepohonan kelapa, hutan bakau lebat, gemuruh suara ombak, kicauan burung dan serangga tropis, kolam batu kristal beserta gumpalan air terjun bisa kamu temukan di Pulau Iriomote, Jepang. Ditambah, pulau ini adalah rumah dari Air Terjun Pinaisara, air terjun tertinggi di Okinawa.

Pulau seluas 110 mil persegi berada di ujung selatan Jepang –lebih dekat ke Taiwan daripada Tokyo– terputus dari daratan sejauh 650 mil lautan, diperindah dua kali lipat oleh adanya hutan berbukti dan labirin sungai.

Sayangnya, pada surga ini pengunjung yang membutuhkan kamar kecil akan sulit menemukan toilet. Kamu menempuh waktu selama 45 menit dengan kayak dayung dan 50 menit dengan jalan kaki untuk menemukan toilet terdekat.

Susahnya dan sedikitnya toilet pada pulau ini akan membahayakan lingkungan bila pengunjung yang datang semakin banyak. Dengan populasi penduduk sebanyak 2.500 orang bila ditambah setidaknya 400 ribu pengunjung saja akan memperburuk keadaan hutan hujan tropis ini, apalagi bila nantinya pulau ini sudah menjadi situs warisan dunia dan pandemi telah usai.

Sementara pejalan kaki, orang berkemah, dan turis yang semakin banyak datang akan melakukan kegiatan buang air besar pada permukaan dekat Air Terjun Pinaisara dikarenakan penuhnya kapasitas jamban yang ada. Hal ini akan merusak lingkungan pulau tersebut.

" Ketika kamu datang bersamaan banyak orang, kamu akan sering mengangkat batu yang sama untuk dibuang di bawahnya. Kemudian mereka mulai buang air besar di permukaan, dan saat hujan, kamu akan mencuci kotoran dan patogen manusia ke dalam air," ujar Geoff Hill pakar pengelolaan limbah manusia dan pendiri ToiletTech.

" Ini akan menurunkan kualitas situs, dan membuatnya lebih mudah rusak di bagian hilir," tambahnya.

 

Selanjutnya :

Kotoran Manusia Bisa Merusak Lingkungan

Pesan Menohok Indro Warkop Terhadap 3 Pria Mirip Warkop DKI

Jangan Lewatkan