Pulau Terbersih di Jepang, Traveler Wajib Bawa Kembali Kotoran

Kotoran buang air besar dapat membawa dampak buruk pada kelestarian pulau ini.

Ahmad Baiquni
| 8 Maret 2021 11:10

Solusi Terbaik

Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan membawa kotoran tersebut saat kembali. Namun, akan sulit untuk melakukan itu, jadi Irimote memberikan solusi lebih sederhana dengan membuat toilet tenda

Tim pembuat toilet tenda ini mendapatkan dana dari Kementertian Lingkungan Hidup dan menghubungi perusahaan kebersihan yang memproduksi dudukan toilet, kantong sampah, daan bilik nilon. Yang awalnya cara ini dirancang untuk para pendaki tetapi ternyata dapat juga berguna secara praktis untuk hutan hujan tropis Irimote.

Toilet darurat ini dipasang pertama kali di Air Terjun Pinaisara pada Juli 2019 untuk uji coba dua bulan, dan masih ada hingga sekarang.

Saat tiba, nantinya pengunjung akan menerima penduan secara singkat mengenai segala hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perjalanan wisatanya.

“Sebagian besar pengunjung Pinaisara mengikuti tur berpemandu, jadi pemandu menjelaskan cara menggunakannya dan memberi mereka kantong sampanh,” tutur Ma-chan.

Saat pengunjung melakukan buang air besar, kotoran akan ditampung pada plastik yang telah di berikan, kegiatannya akan dilakukan di dalam tenda toilet yang telah disiapkan. Setelah kotoran keluar dan ditampung dalam plastik, nantinya plastik akan diikat dan dibawa hingga akhir tur, lalu dibuang ke tempat sampah yang telah disiapkan. Akhirnya, penjaga akan mengumpulkan plastik-plastik tersebut dan dakan dibakar.

“Sejak toilet itu dipasang, saya menyadari lingkungan di sekitar air terjun Pinaisara menjadi lebih baik, dan ini lebih baik daripada melakukannya di semak-semak hutan” tutur Ma-chan.

 

Selanjutnya :

Toilet Tenda

Sederet Fashion Lesty Kejora Semasa Hamil, Harganya Jadi Sorotan

Jangan Lewatkan