Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sejarah Mengerikan Sebuah Kota Hantu di Turki

Sejarah Mengerikan Sebuah Kota Hantu di Turki Penampakan Kota Hantu Di Turki (Foto: Dennis & Patty/Flickr )

Dream - Turki memiliki keunikan sendiri yang mampu menarik kunjungan wisatawan. Seperti sisa-sisa reruntuhan kampung yang terletak di Livissi, 8 km ke arah selatan dari kota Fethiye, di sebelah barat Turki.

Sekitar 500 reruntuhan rumah milik masyarakat Kristen Ortodok Yunani menjadi destinasi unik yang mendapat julukan Kayakoy atau Kampung Batu. Kemungkinan rumah-rumah ini dibangun pada abad ke-18, tepatnya di situs kuno Lebessus.

turki

Foto Kredit:  Tania & Artur / Flickr

Tempat itu diperkirakan menjadi menjadi tempat persembunyian masyarakat Bizantium Gemiler yang melarikan diri dari perampokan bajak laut. Setelah bencana gempa bumi dan kebakaran melanda, Fethiye seperti sebuah tanah terbuang.

Penduduknya banyak yang memutuskan pindah ke Livissi yang sedang tumbuh. Sebelum perang dunia I, banyak penduduk Yunani yang hidup damai di bagian Turki Barta. Tapi ketika perang dimulai, orang Yunani mulai dimusuhi dan mendapat belas kasih dari Ottoman.

turki

Foto Kredit: Dany Sternfeld / Flickr

Ratusan ribu orang Yunani dibantai selama perang. Hal itu dilakukan sebagai upaya pembersihan etnis yang dilakukan oleh Turki. Meskipun sebagian ada yang berhasil melarikan diri ke Yunani, namun banyak pula yang dideportasi secara paksa.

Penduduk Livissi diusir dari rumah dan mereka dipaksa berbaris untuk berjalan kaki ke lokasi lain sejauh 220 km. Banyak yang kemudian tewas akibat kelellahan dan kelaparan, selawa pawai kematian itu.

Setelah Turki kalah perang dan menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Ottoman, orang Yunanni memutuskan untuk pergi merampas tanah mereka kembali dan menyerang Turki. Akibatnya perang berjalan selama tiga tahun, dan banyak kejahatan mengerikan terjadi. Seperti pembunuhan masal, pemerkosaan, penyembelihan dan pembakaran kota yang dianggap sebagai sebuah kewajaran.

Hingga akhirnya perjanjian damai ditandatangani pada tahun 1923. Kedua negara sepakat mengenai pertukaran populasi. Lebih dari satu juta penganut Kristen Ortodok harus kembali ke Yunani dan secara bersamaan sekitar 500 ribu umat Muslim dikembalikan ke Turki.

Pada saat perang berakhir, Livissi ditinggalkan bahkan keluarga yang tersisa pun harus dideportasi. Nah, bertepatan dengan hal itu umat Muslim yang telah dideportasi menempati Livissi.

turki

Foto Kredit: Dennis & Patty / Flickr

Namun sayangnya perbedaan gaya hidup, membuat para Muslim yang terbiasa hidup dalam wilayah luas dan sebur tidak betah hidup di situ. Mereka hanya melihat bukit berbatu sehingga tidak layak untuk dijadikan tempat tinggal. Ditambah dengan gempa berkekuatan 7,1 magnitude menghancurkan sebagaian besar kota.

Kota Livissi sekarang telah berganti nama menjadi Kayakoy yang sepi, nemun tetap dipertahankan sebagai museum dan monumen bersejarah. Sayangnya, saat ini pemerintah Turki tengah menggodok rencana untuk mengubah bagian dari kota bersejarah ini menjadi lebih bergairah dengan poembangunan hotel, toko-toko dan fasilitas lainnya.

turki

Foto Kredit: David Bacon / Flickr

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sejarah dan Asal Kata Mudik, Maknanya Tak Sekadar Tradisi Pulang Kampung Jelang Lebaran

Sejarah dan Asal Kata Mudik, Maknanya Tak Sekadar Tradisi Pulang Kampung Jelang Lebaran

Selain memperkuat ikatan keluarga, mudik juga sarana untuk menjaga kebersamaan dan mengenang asal-usul masyarakat kita.

Baca Selengkapnya
Potret Kampung Terbengkalai yang Dihapus Dari Peta Jawa Barat, Isinya Rumah Zaman Belanda, Kini Penampakannya Bikin Merinding!

Potret Kampung Terbengkalai yang Dihapus Dari Peta Jawa Barat, Isinya Rumah Zaman Belanda, Kini Penampakannya Bikin Merinding!

Kampung tersebut bernama Kampung Pangheotan yang kini sudah terbengkalai

Baca Selengkapnya
KAI Beber Asal Mula Muncul Tenda dan Panggung Hajatan Warga di Rel Kereta Api Tanjung Priok

KAI Beber Asal Mula Muncul Tenda dan Panggung Hajatan Warga di Rel Kereta Api Tanjung Priok

Penjelasan KAI soal hajatan di tengah rel KA Tanjung Priok.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.