Selain Machu Picchu, Peru Punya Banyak Destinasi Menarik lho!

Kamu bisa menikmati kota kuno Inca di Cusco atau jalan-jalan keliling kota Lima.

Cynthia Amanda Male
| 15 November 2018 11:11

Dream - Sebagai negara yang menyimpan sisa peradaban Bangsa Inca, traveler lebih sering berkunjung ke Machu Picchu ketika berada di Peru. Machu Picchu sendiri merupakan situs reruntuhan peninggalan peradaban Inca sebelum kedatangan Columbus ke Benua Amerika.

Padahal, Peru menyimpan banyak sekali destinasi menarik. Bentang alam yang indah serta nilai budaya yang tinggi membuat sejumlah destinasi ini sayang untuk dilewatkan.

Salah satunya adalah Cusco. Kota yang menjadi lokasi situs Machu Picchu ini juga punya destinasi alam menarik yaitu Sacred Valley.

" Di Peru kamu bisa ke kota Lima dan Cusco. Tapi, kalau ingin langsung melihat beragam situs budaya, bisa memilih direct flight ke Cusco," ujar Spouse of Ambassador of Peru, Susan Santos de Cardenas di kediamannya, Jakarta, Selasa 13 November 2018.

 Kota Lima Peru

Suasana Eropa klasik di Lima (Foto: Shutterstock)

April hingga Juni merupakan waktu terbaik untuk liburan ke Peru. Pada bulan-bulan ini, kamu bakal mendapatkan pemandangan bentang alam terbaik dari Peru. Kamu bisa menyaksikan padang rumput yang menghijau sebelum musim hujan tiba.

" Kalau di awal tahun, warna rerumputannya akan berubah. Sedangkan akhir tahun, apalagi September-Desember adalah musim hujan. Jadi, datanglah bulan April-Juni. Saat musim semi," tutur Susan.

Tetapi, berwisata ke Peru tidak disarankan bagi mereka yang memiliki fisik lemah. Sebab, agenda wisata akan lebih banyak dijalankan dengan berjalan kaki melewati medan tanjakan dan turunan.

 Reruntuhan kuno peninggalan peradaban Inca di Cusco

Reruntuhan peninggalan peradaban Inca di Cusco (Foto: Shutterstock)

Jika malas berwisata ke alam bebas, kamu bisa memilih jalan-jalan keliling kota Lima. Ada banyak sekali bangunan berarsitektur Avant-Garde, menarik untuk kamu jadikan latar belakang foto.

Selain itu, kamu juga bisa memanjakan perut dengan beragam kuliner khas Peru.

" Kalau mau tempat yang lebih dekat dengan nuansa kota, Lima tempatnya. Di sana masih banyak tempat-tempat budaya dan bisa telusuri makanan khas Peru seperti Potato Salad dan Anticucho (Peruvian Satay)," terang Susan.

Karena saking banyaknya destinasi menarik di Peru, liburan singkat tentu tidak cukup. Sebaiknya, luangkan waktumu lebih panjang agar bisa puas liburan.

" Minimal 8 hari untuk jelajahi Peru. Masing-masing 2 malam di Lima, Cusco dan Sacred Valley," kata Susan.

Ada yang terlewat. Berkunjung ke Peru di awal tahun juga menawarkan keuntungan lebih buat kamu. Harga tiket ke sana periode April-Agustus lumayan miring.

 Sacred Valley

Sacred Valley di Peru (Foto: Shutterstock)

Secara keseluruhan, kamu perlu menyiapkan uang saku sekitar Rp15-50 juta. Biaya tersebut sudah termasuk tiket pesawat, penginapan, dan transportasi selama di Peru.

" Saya merekomendasikan flight ke Peru via Eropa dan Barcelona. Walaupun sedikit lebih mahal dari Los Angeles, tapi hassel free. Tidak perlu pindah bagasi. Cukup pindah pesawat. Pelayanannya pun lebih baik," tambahnya.

Untuk bepergian antar-daerah di Peru, kamu bisa memanfaatkan bus atau pesawat. Tetapi, lebih banyak turis memilih jalan kaki karena tak mau melewatkan setiap keindahan di Peru.

" Lebih baik naik pesawat hanya 1 jam. Naik bus akan menghabiskan 20 jam. Ada juga turis yang jalan kaki, menghabiskan 4 hari," ucap Susan.

Selanjutnya :

Kenalan dengan Kuliner Eksotis Khas Peru

Topik Terkait :

PKB Berharap Jatah Menterinya Tidak Dikurangi

Jangan Lewatkan