Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Selain Pompeii, Inilah 'Korban' Lain Keganasan Gunung Vesuvius

Selain Pompeii, Inilah 'Korban' Lain Keganasan Gunung Vesuvius (Foto: Simon/Flickr)

Dream - Pada akhir Agustus 79 Masehi, Gunung Vesuvius meniupkan lavanya dan mengakibatkan hujan turun selama tiga hari di atas kota, mengubur rumah-rumah dan peternakan di sekitar gunung berapi tersebut. Salah satu korban paling terkenal dari letusan tersebut adalah Kota Romawi Pompeii, yang dikenal dengan penduduknya yang kaya raya serta rumah-rumah yang dihias dengan mewah.

Korban lainnya adalah Herculaneum, sebuah resor perdagangan dan pelabuhan dagang yang sama kaya dengan Pompeii, namu lebih kecil.

herculaneum

Pompeii yang lebih besar dan terkenal dengan rumah pelacuran, bar serta amfiteaternya, membuat Herculaneum dan kota-kota lainnya tak begitu populer. Sisa-sisa reruntuhan Herculaneum masih dapat disaksikan kini dan kondisi situs ini masih jauh lebih baik dari Pompeii.

Herculaneum terletak lebih dekat ke kawah daripada Pompeii. Meski begitu kota ini berhasil lolos dari serangan awal hujan lava karena letaknya berlawanan dengan arah bertiupnya angin. Jadi, ketika angin membawa awan gas dan abu yang mematikan ke arah Kota Pompeii, dimana perlahan "mencekik" warga kota yang malang itu, banyak penduduk Herculaneum yang masih sempat menyelamatkan barang-barang mereka dan bersiap untuk melarikan diri.

herculaneum

Malam berikutnya, Vesuvius melepaskan "amarahnya" pada Kota Herculaneum yang saat itu kebanyakan penduduknya telah dievakuasi. Aliran lahar panas mengubur bangunan kota, merobohkan dinding, merobek benda-benda di sekitarnya. Sementara daerah lainnya hanya dilanda abu dan gas panas, sehingga hanya sedikit yang mengalami kerusakan.

Herculaneum memiliki struktur terbaik yang diawetkan. Ketika kota ini digali sebagian pada awal abad ke-18, para arkeolog menemukan bangunan utuh, perabotan kayu dan bahan organik seperti buah dan roti ditemukan telah dalam kondisi berkarbonasi.

herculaneum

Mereka juga menemukan sekitar 300 kerangka yang mengungkap fakta bahwa penduduk kota tersebut belum semuanya dievakuasi. Tidak seperti Pompeii, sebagian besar Kota Herculaneum belum digali.

Herculaneum jauh lebih mudah dijelajahi daripada Pompeii karena ukurannya lebih kecil dan turis yang mengunjungi situs ini sekarang jauh lebih sedikit ketimbang di Pompeii. Bangunan yang paling penting di Herculaneum adalah vila mewah yang disebut "Villa of the Papyri".

herculaneum

 

Villa ini diduga milik Lucius Calpurnius Piso Caesoninus, ayah mertua Julius Caesar, meskipun penelitian selanjutnya telah meragukan identitas pemilik vila tersebut. Vila ini membentang ke arah laut dengan 4 teras dan memiliki perpustakaan yang bagus. Perpustakaan satu-satunya yang bisa bertahan utuh dari zaman purbakala.

herculaneum

(Sumber: www.amusingplanet.com)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Korban 'Kutukan Pompeii' Ungkap Kejadian Menyeramkan Usai Curi Batu di Reruntuhan Kota Kuno
Korban 'Kutukan Pompeii' Ungkap Kejadian Menyeramkan Usai Curi Batu di Reruntuhan Kota Kuno

Turis tersebut mengalami kejadian aneh selama setahun setelah membawa pulang beberapa batu sebagai kenang-kenangan.

Baca Selengkapnya
Arkeolog Temukan Kota Canggih yang Mendadak Hilang 3.000 Tahun Lalu, di Sini Lokasinya
Arkeolog Temukan Kota Canggih yang Mendadak Hilang 3.000 Tahun Lalu, di Sini Lokasinya

Tim peneliti mendapatkan temuan mengejutkan di dalam hutan Amazon berupa 'lembah yang hilang' berisi kota yang dibangun ribuan tahun lalu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.