Selain Yerusalem, Ini Dia 4 Kota Tua Bersejarah di Palestina

Membahas soal kota tua yang penting dan bersejarah di Palestina, ada juga lho sejumlah kota lainnya yang mungkin namanya tak sepopuler Yerusalem, namun menarik untuk dikulik.

Puri Yuanita
| 15 Desember 2017 13:37

Dream - Belakangan ini, masyarakat dunia tengah dikejutkan dengan keputusan kontroversial Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Pengakuan Donald Trump tersebut tak pelak menuai kegeraman dan protes banyak pihak lantaran dianggap sebagai " kejahatan" yang mengancam perdamaian dunia.

Sebagai " jawaban" atas keputusan Presiden AS yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pun berkumpul di Turki untuk mengakui secara resmi Yerusalem sebagai ibukota negara Palestina.

Dan hingga kini, Yerusalem pun kian menjadi sorotan dunia. Bicara soal Yerusalem, kota tua bersejarah di Palestina ini memang sudah sejak lama menjadi rebutan lantaran posisi pentingnya sebagai kota suci tiga agama.

Membahas soal kota tua yang penting dan bersejarah di Palestina, ada juga lho sejumlah kota lainnya yang mungkin namanya tak sepopuler Yerusalem, namun menarik untuk dikulik. Kota apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Ramallah

Ramallah dikenal memiliki iklim yang sejuk dan menyenangkan. Selama abad ke-12, Tentara Salib Prancis membangun benteng di Ramallah, dan sisa-sisa menara Tentara Salib yang dikenal sebagai At-Tira, masih bisa dilihat di Ramallah bagian lama.

Sementara Ramallah bagian modern memiliki pusat kota yang semarak dengan museum, galeri seni, bioskop, taman, restoran hingga kehidupan malam yang ramai. Ramallah dikenal sebagai kota kosmopolitan yang cukup berkembang pesat. Hal ini terlihat dari sektor pariwisatanya yang banyak dilirik wisatawan dari berbagai negara.

 palestina

(Foto: Shutterstock)

2. Nablus

Seratus kilometer di utara Yerusalem, Kota Nablus terbentang dengan pemandangan perbukitan yang indah dihiasi pohon zaitun dan lembah yang subur. Tujuh perempat Kota Nablus mewakili contoh khas arsitektur perkotaan tradisional di Palestina. Pusat kota ini memiliki pasar yang ramai, yang disebut souq.

Di kota ini banyak masjid-masjid menakjubkan, pemandian Turki dan pabrik-pabrik sabun tradisional. Pada akhir abad ke-18, kota ini mulai berkembang pesat. Dan saat ini Nablus dianggap sebagai pusat komersial, industri dan pertanian utama di wilayah utara Palestina. Nablus dikenal dengan produksi zaitun, pandai emas berbakat serta permen tradisionalnya.

 palestina

(Foto: Shutterstock)

 

 

 

Selanjutnya :

Kota Suci Keempat Bagi Muslim

Beautiful in Hijab with Azzura

Jangan Lewatkan