Sensasi Menjajal Kereta 'Jadul' Ala Victoria

Puffing Billy membawa pengungjung ke masa lalu.

Arie Dwi Budiawati
| 6 Oktober 2019 17:50

Dream - Keberadaan kereta api tidak pernah bisa dilepaskan dari perjalanan sejarah di sejumlah negara. Alat angkut tersebut berjasa besar bagi perkembangan peradaban.

Indonesia memiliki beberapa kereta dengan penggerak lokomotif uap yang sebagian disimpan di Ambarawa, Jawa Tengah. Demikian halnya dengan Australia, yang mengabadikan sebagian lokomotif tersebut di Victoria.

Bahkan, kereta 'jadul' tersebut masih dioperasikan hingga saat ini. Kereta tua bernama 'Puffing Billy' ini merupakan salah satu atraksi bagi pengunjung Victoria.

" Jalur kereta ini dibangun sejak 1900," kata Marketing Manager Puffing Billy, Emma Hutchinson, di Stasiun Menzie Creek, Puffing Billy Railway, Victoria, Australia.

Emma menuturkan pembangunan jalur kereta ini dulu untuk mengangkut penumpang, kentang, tanaman, sampai hewan ternak. Rel kereta ini terhubung dengan enam stasiun, yaitu Belgrave Station, Menzies Creek Station, Emerald Station, Lakeside Station, Cockatoo Station, dan Gembrook Station.

Malah pada 1953, rel kereta di antara Belgrave Station dan Menziek Creek Station tertimbun longsor. " Setelah itu, jalurnya direstorasi," kata dia.

 

Selanjutnya :

Jadi Atraksi Wisata Menarik

Topik Terkait :

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan

Jangan Lewatkan