Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

SGS 2018, Solo Manjakan Wisatawan dengan Diskon Besar-besaran

SGS 2018, Solo Manjakan Wisatawan dengan Diskon Besar-besaran Pembukaan Solo Great Sale (SGS) 2018 (Foto: Facebook/Kementerian Pariwisata)

Dream - Ajang tahunan Solo Great Sale (SGS) tahun 2018 resmi diluncurkan, pada Minggu 28 Januari kemarin. Selama satu bulan penuh di sepanjang bulan Februari mendatang, wisatawan bakal dipuaskan dengan berbagai pilihan wisata.

Mau belanja, atau sekadar jalan-jalan menikmati suguhan budaya dan kuliner khas Solo, semuanya lengkap. Ada 5.000 tenant yang ikut serta. Lebih besar dibanding tahun kemarin yang hanya 2.500 tenant. Mulai dari mall hingga pasar tradisional. Mulai dari hotel hingga industri UMKM. Semuanya aktif ikut serta.

Serunya lagi, semua disajikan dalam harga-harga serta paket yang dijamin tidak membuat kantong jebol. Lorin Solo Hotel misalnya. Selama tanggal 1 hingga 28 Februari mendatang, Lorin memberikan diskon 50 persen untuk kamar. Selain itu diskon 15 persen untuk food and beverage.

Harga menarik juga ditawarkan Hotel Kusuma Sahid Perince Solo. Hotel di bawah manajemen Sahid Group ini menawarkan diskon hingga 50 persen untuk semua jenis tipe kamar. Selain itu juga harga menarik untuk food and beverage serta laundry and dry cleaning.

Selain itu ada juga Pose In Hotel yang menawarkan potongan harga hingga 50 persen untuk kamar. Ingin mencari kebutuhan perlengkapan rumah tangga, bisa memilih Informa yang juga hadir dengan berbagai penawaran diskon. Juga pusat perbelanjaan atau mall Solo Paragon yang berbagai tenant di dalamnya juga ikutan program ini. Diskon hingga 80 persen.

Belum cukup, jika ingin mencari sensasi berbelanja di pasar tradisional di Solo dengan beragam produk-produk khasnya juga bisa. Tak kurang dari 44 pasar tradisional juga ikutan SGS 2018. Sebut saja macam Pasar Gede, Pasar Rejosari, Pasar Tanggul, Pasar Sangkrah, Pasar Jebres, Pasar Ngemplak dan tak ketinggalan Pasar Klewer serta pasar-pasar lainnya juga siap menyukseskan Solo Great Sale 2018.

Berburu kain batik, bumbu pecel, berbagai penganan krupuk atau lainnya, semua ada di pasar-pasar tersebut. Harganya juga ikutan miring. Belum lagi PT KAI yang juga memberikan diskon untuk tiket kereta. Para agen perjalanan juga bekerja sama dengan hotel dan airline menyiapkan paket-paket yang bisa dipilih wisatawan.

Tidak hanya wisata belanja yang mengusung tema "Semarak Budaya Belanja Cerdas Tanpa Batas", tapi juga rangkaian sejumlah event dan budaya. Setidaknya akan ada 14 event mengiringi SGS Tahun 2018. Mulai dari Grebeg Sudiro, Perayaan Imlek, Kirab Budaya, Solo Computer Bazaar dan lainnya.

Inilah acara yang bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Solo sekaligus memberikan dampak perekonomian ke masyarakat. Peresmian gelaran Solo Great Sale 2018 sendiri berlangsung meriah. Memanfaatkan ajang Hari Bebas Kendaraan di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka secara resmi SGS 2018. Acara pembukaan juga diisi dengan karnaval dari para tenant peserta SGS 2018.

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo sangat mengapresiasi gelaran Solo Great Sale 2018. Yang tahun ini memasuki penyelenggaraannya yang ke-4. Ia berharap event ini benar-benar dapat mendorong geliat perekonomian di Kota Solo. Terutama di bulan Februari yang merupakan masa low season.

"Tidak hanya industri-industri besar, tapi juga mendongkrak perekonomian hingga ke masyarakat. Apalagi pasar-pasar tradisional juga ikut serta," ujar Ganjar Pranowo.

Penyelenggaraan suatu event dikatakannya memang efektif dalam mendatangkan wisatawan. Sekaligus menjadi ajang promosi bagi satu daerah. Untuk itu ia berharap penyelenggaraan event Solo Great Sale 2018 dapat menular ke daerah-daerah lain. Sehingga dampak positif yang ditimbulkan semakin luas. Kemudian juga membuka peluang investasi bagi investor.

"Pesan saya, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, kuncinya adalah deregulasi. Pebisnis akan senang jika usahanya gampang, perizinanya tidak bertele-tele dan cepat," kata Ganjar.

Jika itu dilakukan, ujar Ganjar, maka akan mudah menarik investor dari luar ke Indonesia. "Kita harus permudah seluruh izin. Mari kita buat Pasar Klewer ramai dengan wisatawan," ujar Ganjar.

Solo Great Sale merupakan event tahunan yang digelar oleh Pemkot Surakarta dan KADIN Solo. Hal ini guna merespons bulan low season, dimana perputaran bisnis berada pada titik rendah. Tahun ini SGS menargetkan nilai transaksi lebih besar dari tahun kemarin. Yakni sebesar Rp400 miliar dari tahun lalu yang hanya Rp245 miliar.

"Tingginya target itu tidak lepas dari partisipasi tenant yang semakin besar. Hal ini karena stimulus dari kita yang administrasi free semua. Kita ingin semua pihak mudah untuk ikut," ujar Daryono, Ketua 1 Solo Great Sale 2018.

Ia menjelaskan, konsumen yang berbelanja nantinya akan mendapatkan Solo Great Sale Card. Yakni kartu elektronik yang akan menyimpan data konsumen dan transaksi dan jumlah poin yang dikumpulkan. Dengan belanja minimal Rp50 ribu setiap transaksi maka konsumen akan diberikan 1 poin, dan berlaku kelipatan.

Pada akhir bulan Februari panitia akan mengundi seluruh poin transaksi yang masuk pada daftar SGS secara lucky draw. Adapun hadiah utama yakni 1 unit rumah, lima unit sepeda motor, 10 sepeda gunung, dan puluhan produk elektronik.

"Kami sangat berharap hal ini dapat terus memacu kunjungan wisatawan. Kami pun akan melakukan evaluasi agar lebih baik lagi di penyelenggaraan ke depannya," kata dia.

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ada Hari Jomblo Sedunia, Ini 3 Destinasi Pilihan untuk Solo Traveling
Ada Hari Jomblo Sedunia, Ini 3 Destinasi Pilihan untuk Solo Traveling

Jomblo, jangan terus bersedih. Kamu wajib explore tiga destinasi ini sendirian!

Baca Selengkapnya
Mau Pengalaman Solo Traveling Anti Ribet? Coba Siapin 5 Barang Ini Sebelum Pergi!
Mau Pengalaman Solo Traveling Anti Ribet? Coba Siapin 5 Barang Ini Sebelum Pergi!

Solo traveling anti ribet dengan berbagai persiapan tepat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Parodi Iklan Permen Jadul
BUNGKUS! Parodi Iklan Permen Jadul

Sahabat Dream masih ingat dengan iklan ini? Di masa kejayaannya, iklan permen ini selalu tayang di TV lho.

Baca Selengkapnya
Dress IT! 1 Cardigan Untuk Jadi 3 Style
Dress IT! 1 Cardigan Untuk Jadi 3 Style

Sahabat Dream, kalian bisa coba nih, Outfit dengan 1 cardigan bisa bikin 3 style loh. Udah hemat penampilan tetap oke.

Baca Selengkapnya