Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sisi Lain Hong Kong, Surganya Kuliner Mewah Hingga Street Food Berkelas

Sisi Lain Hong Kong, Surganya Kuliner Mewah Hingga Street Food Berkelas Kuliner Mewah Hong Kong (Istimewa)

Dream - Tak melulu soal suasana, Hong Kong punya daya tarik lain bagi pelancong dunia. Salah satunya, ragam kuliner khas yang sudah mendunia.

Reputasi ini diperkuat sejak 2009, ketika Michelin Guide memulai debutnya di kota tersebut dengan memberikan 31 bintang pada 22 restoran ternama di Hong Kong. Dalam semalam, the Guide telah membuat gebrakan baru menjadikan Hong Kong sebagai pelabuhan untuk makanan terbaik di Asia dan para koki ambisius untuk membuat pencapaian mereka.

"Michelin Guide memperjuangkan kancah kuliner Hong Kong dengan menonjolkan standar tinggi untuk masakan Kanton," ujar Managing Director Michelin Food & Beverages Asia, Nicolas Achard.

Pada 2009, Lung King Heen menjadi restoran China pertama dan satu-satunya yang meraih tiga bintang Michelin. Predikat ini mengangkat masakan Kanton masuk ke dalam destinasi wisata kuliner dunia.

Hebatnya, predikat tersebut mampu dipertahankan Lung King Heen hingga saat ini. Ini menjadikan restoran tersebut pemegang bintang tiga Michelin terpanjang dalam 12 tahun berturut-turut.

 

Semangat Generasi Muda

Penghargaan Michelin Guide tidak hanya menyoroti keunggulan kuliner khas Hong Kong. Lebih dari itu, menginspirasi banyak koki muda bereksperimen dan berinovasi dalam teknik memasak baru di dapur.

Talenta muda tersebut seperti Koki Vicky Cheng yang melatih dirinya di program manajemen kuliner di George Brown College, Toronto dan kembali ke Hong Kong pada tahun 2011. Dia mendirikan VEA pada tahun 2016 dan memenangkan bintang Michelin pada tahun pertama restoran ini beroperasi.

Cheng baru berusia 36 tahun ini menciptakan gaya baru dengan konsep fusionnya "Frenchifying Chinese Food". Dia sukses memadukan citarasa dua benua sekaligus dalam satu sajian yang menggugah selera.

Talenta lainnya adalah Vicky Lau dari Tate Dining Room, yang diakui dengan dua bintang Michelin pada 2021. Mengambil suasana Hong Kong sebagai sumber inspirasi, Lau telah menciptakan menu "Ode to Fruits", yang fokus menyajikan bahan-bahan utama untuk masakan China, termasuk termasuk eksplorasi teh, tahu dan kecap asin.

 

Restoran Mewah dengan Menu Luar

Tak hanya masakan Kanton, Hong Kong juga punya banyak referensi kuliner luar. Seperti pada 8 ½ Otto e Mezzo BOMBANA, restoran Italia pertama dan satu-satunya di luar Italia yang diakui dengan tiga bintang Michelin.

Kepala Koki Umberto Bombana, telah tinggal di Hong Kong selama hampir tiga dekade. Ia menyukai energi, kenyamanan, dan nuansa kosmopolitan Hong Kong.

Restoran terkenal lainnya adalah New Punjab Club, yang telah mengangkat hidangan Punjabi ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan menu hidangan seperti daging rusa tandoori yang disiram dengan lassi mangga yang menyegarkan, restoran Pakistan pertama di dunia yang diakui dengan bintang Michelin.

 

Street Food Yang Membanggakan

Makanan kaki lima atas street food Hong Kong juga tidak boleh dilewatkan. Selain restoran, Hong Kong juga membanggakan salah satu tempat makannya dengan harga terjangkau yang diakui Michelin.

Terletak di lingkungan para pekerja Sham Shui Po, Tim Ho Wan merupakan restoran terjangkau yang memegang predikat bintang Michelin selama 10 tahun berturut-turut.

Hong Kong adalah salah satu dari sedikit kota yang streetfoodnya diakui oleh Michelin Guide. Distrik Jordan dan Yau Ma Tei memiliki beberapa kedai jajanan yang termasuk dalam Michelin Guide ini.

Bagi penikmat hidangan mie, Mak Man Kee Noodle Shop sudah berusia lebih dari enam dekade dan masih menyajikan mie telur kenyal dengan wanton udang ukuran besar.

Sementara itu, Kai Kai Dessert terkenal dengan makanan penutup tradisional Kanton seperti sup wijen hitam dengan bahan wijen hitam segar yang baru digiling, sup almond, dan pangsit yang diisi dengan pasta wijen hitam.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Restoran di Hong Kong Ini Ramah Muslim & Wajib Banget Dicoba!

5 Restoran di Hong Kong Ini Ramah Muslim & Wajib Banget Dicoba!

Jelajahi kuliner halal di Hong Kong yang bikin traveling makin seru!

Baca Selengkapnya
Trik Mudah Mencari Makanan Halal Saat Traveling ke Jepang

Trik Mudah Mencari Makanan Halal Saat Traveling ke Jepang

Mencari makanan halal di Jepang tentu tidak semudah di Indonesia. Cari tahu cara menemukan restoran halal di Jepang menurut warga lokal.

Baca Selengkapnya
Mulai dari Makanan hingga Penginapan, Intip Ragam Destinasi Wisata Halal di Singapura Ini!

Mulai dari Makanan hingga Penginapan, Intip Ragam Destinasi Wisata Halal di Singapura Ini!

Singapura telah menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Hong Kong Kedatangan Lebih dari 252 Ribu Turis Indonesia Sepanjang 2023

Hong Kong Kedatangan Lebih dari 252 Ribu Turis Indonesia Sepanjang 2023

Momentum positif itu berlanjut hingga Februari 2024, dengan jumlah kedatangan mencapai 101%

Baca Selengkapnya
Selain Coto Makassar, Ternyata Ini Deretan Hidangan Khas Makassar yang Nggak Kalah Enak!

Selain Coto Makassar, Ternyata Ini Deretan Hidangan Khas Makassar yang Nggak Kalah Enak!

Inilah saatnya untuk menggali lebih dalam dunia kuliner kota ini selain coto Makassar.

Baca Selengkapnya
Daftar 10 Bandara dengan Restoran Terbaik di Dunia 2024

Daftar 10 Bandara dengan Restoran Terbaik di Dunia 2024

Penghargaan ini melibatkan lebih dari 180 food and travel journalists sebagai panelis.

Baca Selengkapnya