Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Survei Agoda: Jakarta, Bali dan Bandung Masih Jadi Destinasi Favorit Akhir Tahun

Survei Agoda: Jakarta, Bali dan Bandung Masih Jadi Destinasi Favorit Akhir Tahun Suasana Malam Di Jakarta (Shutterstock.com)

Dream - Tahun baru tidak sekadar dipandang sebagai momen bergantinya tahun. Lebih dari itu, momen ini juga dilihat sebagai pergantian suasana.

Karena itu, wisatawan biasanya memilih kota-kota tertentu dalam merayakan tahun baru yang pasti berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya. Cara ini dilakukan demi mendapatkan suasana dan pengalaman merayakan tahun baru yang penuh kesan.

Platform perjalanan digital, Agoda, merilis hasil survei kecenderungan traveler merayakan pergantian tahun. Data menunjukkan dalam merayakan pergantian tahun 2021-2022, traveler lebih memilih destinasi alam dan memanjakan diri di hotel kelas atas.

Hasil survei tersebut juga menunjukkan tahun ini para wisatawan ingin kembali memanjakan diri setelah banyak menghabiskan waktu di rumah saja akibat lockdown berulang kali. Preferensi untuk hotel bintang 4-5 semakin kuat dengan meningkatnya jumlah wisatawan Taiwan dan Thailand yang lebih memilih hotel bintang 4-5 dibanding akomodasi bintang 1-3,5 untuk Malam Tahun Baru tahun ini.

Kondisi yang sama juga terjadi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, dan wisatawan Vietnam yang konsisten memilih tempat-tempat berbintang 4-5 untuk merayakan datangnya tahun 2022. Di India, hotel bintang 1-3,5 tetap populer di kalangan wisatawan, berdasarkan tren di tahun 2020.

"Kota-kota besar kembali dibuka untuk bisnis pada malam tahun baru ini di sebagian besar wilayah, hal ini menambah minat wisatawan untuk berkunjung untuk liburan tahun baru," ujar Wakil Presiden Pengembangan Perusahaan Agoda, Tim Hughes.

 

Tren Ingin Bersenang-senang

Dia juga mengungkapkan perjalanan domestik masih mendominasi rencana malam tahun baru ini. Selain itu, daya tarik pantai Asia serta pemandangan yang menakjubkan membuat orang berbondong-bondong menuju pantai dan pegunungan.

"Di Vietnam, Hanoi tersingkir dari tiga besar oleh Sapa, sementara Kuching menggeser Langkawi untuk posisi tiga besar tempat wisata di Malaysia, dan Boracay muncul di tempat kedua untuk Filipina, hal ini mencerminkan keinginan para wisatawan untuk kembali menjelajahi lebih banyak tempat di satu negara," ucap dia.

Bali

Tak hanya itu, muncul tren wisatawan memanfaatkan penawaran upgrade ke hotel bintang 4-5. Tren ini terlihat pada wisatawan Taiwan dan Thailand yang memilih hotel berbintang lebih tinggi tahun ini

"Seperti halnya wisatawan Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea dan Vietnam yang ingin bersenang-senang lagi," kata Hughes.

Dari hasil survei Agoda, Jakarta, Bali dan Bandung masih menempati urutan teratas pilihan destinasi traveler Indonesia dalam dua tahun yaitu pada 2020 dan 2021.

Jakarta terpilih di posisi teratas karena menawarkan berbagai hiburan dan aktivitas menarik selama tahun baru. Posisi kedua diisi Bali yang diserbu pengunjung di tengah pelonggaran pembatasan perjalanan oleh Pemerintah Indonesia.

Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya secara berurutan menempati posisi ketiga, keempat dan kelima pilihan traveler. Sedangkan posisi Malang di urutan keenam pada 2020 digeser oleh Medan di 2021.

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tak Cuma Mudik, Pencarian Akomodasi Libur Lebaran ke Luar Negeri Meroket 50%
Tak Cuma Mudik, Pencarian Akomodasi Libur Lebaran ke Luar Negeri Meroket 50%

Pencarian tiket pesawat untuk destinasi Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik sebesar dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan
8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

Yogyakarta juga memiliki banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman liburan yang unik

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tes Kemistri Nama Buah
BUNGKUS! Tes Kemistri Nama Buah

Seberapa dekat hubungan dengan temanmu, kira-kira mereka bisa jawab nggak nama buah-buahan ini?

Baca Selengkapnya