Tak Lekang oleh Zaman, Inilah 9 Masjid Tertua di Dunia

Masjid-masjid ini sudah menjadi saksi dari berbagai peristiwa dan sejarah penting.

Puri Yuanita
| 7 Desember 2017 17:05

Dream - Melihat 9 masjid tertua di dunia ini akan membuat kamu bangga sekaligus bernostalgia mengenang kehebatan Islam yang sudah berjaya sejak dulu.

Masjid-masjid ini sudah menjadi saksi dari berbagai peristiwa dan sejarah penting. Mulai dari peperangan hingga lahir dan berkembangnya peradaban-peradaban baru.

Berikut 9 masjid tertua di dunia.

1. Masjid Al Haram

Masjid Al Haram (Kabah), tidak dapat disangkal merupakan masjid pertama dan tertua di dunia. Ini menjadi tempat dimana Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail biasa berdoa. Ini juga merupakan tempat paling suci dalam Islam. Umat muslim di seluruh dunia menyembah ke arah kiblat Kabah 5 kali sehari. Ini juga merupakan rumah pertama bagi umat manusia yang dibangun untuk memuja Allah SWT.

masjid

(Sumber: www.yamsafer.com)

2. Masjid An Nabawi

Masjid An Nabawi disebut juga Masjid Nabi. Terletak di Madinah, Sarab Saudi. Dibangun sesaat setelah Nabi SAW bermigrasi ke Madinah dari Mekkah, masjid ini dianggap sebagai situs tersuci kedua dalam Islam. Hampir 1.400 tahun, masjid ini telah mengalami banyak perubahaan bentuk. Dari yang dulunya masjid sederhana menjadi masjid terbesar kedua di dunia.

masjid

(Sumber: OneHDWallpapers.com)

3. Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa di Yerusalem dibangun pada tahun 705 M. Ini merupakan situs yang sangat penting dan suci dalam Islam. Menurut sebuah hadis Al Bukhari, ini adalah situs tersuci ketiga dan melaksanakan sholat di sini bernilai 1000 sholat. Masjid Al Aqsa juga pernah menjadi kiblat umat muslim sebelum akhirnya beralih ke Kabah. Al Aqsa adalah salah satu masjid yang penuh sejarah dan merupakan kebanggaan umat Islam di seluruh dunia.

masjid

(Sumber: Al Jazeera)

 

 

Selanjutnya :

Dari Yaman Sampai Suriah

Ketika Ario Bayu Nggak Ganteng Lagi

Jangan Lewatkan