Tempat Nol Kasus Covid-19 di Jawa Tengah Siap Sambut Wisatawan

Karimunjawa sudah buka lagi mulai 3 September 2021.

Ahmad Baiquni
| 12 September 2021 13:11

Dream - Pulau Karimunjawa di Kabupaten Jepara yang merupakan tempat dengan nol kasus Covid-19 di Jawa Tengah sejak pertama kali pandemi melanda Indonesia akhirnya kembali dibuka untuk wisatawan. Namun demikian, pembukaan destinasi wisata Karimunjawa dilakukan secara bertahap.

Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Titik Sudaryanti, mengatakan baru tiga destinasi yang sudah dikunjungi wisatawan sejak 3 September 2021. Menurut catatan Titik, sekitar 70 pengunjung sudah mengisi waktu liburan di Karimunjawa, dengan 40 wisatawan datang pada Sabtu pekan lalu dan 30 orang di keesokan harinya.

" Kebanyakan turis lokal dan kemungkinan pas akhir pekan yang datang untuk liburan bisa jadi bertambah banyak," ujar Titik.

Menurut Titik, destinasi wisata yang sudah dibuka yaitu area snorkling dan diving, tempat penangkaran penyu, serta hutan mangrove. " Baru tiga lokasi wisata itu yang dibuka," kata dia.

Titik juga menjelaskan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Karimunjawa diharuskan memenuhi sejumlah syarat. Seperti sudah mendapatkan vaksinasi yang ditunjukkan dengan kepemilikan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi ketika menyeberang dengan kapal ke Karimunjawa.

" Kapasitas penumpang (kapal) dibatasi 50 persen, tapi dengan situasi PPKM Jepara yang diturunkan ke level 2, animo masyarakat untuk liburan ke Karimunjawa memang cukup tinggi," kata dia.

 

Selanjutnya :

Belum Banyak Wisatawan

Catat, Ini Syarat Perjalanan Libur Natal dan Tahun Baru Selama PPKM level 3 - DreamID

Jangan Lewatkan