Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tempat Nol Kasus Covid-19 di Jawa Tengah Siap Sambut Wisatawan

Tempat Nol Kasus Covid-19 di Jawa Tengah Siap Sambut Wisatawan Karimunjawa (Shutterstock.com)

Dream - Pulau Karimunjawa di Kabupaten Jepara yang merupakan tempat dengan nol kasus Covid-19 di Jawa Tengah sejak pertama kali pandemi melanda Indonesia akhirnya kembali dibuka untuk wisatawan. Namun demikian, pembukaan destinasi wisata Karimunjawa dilakukan secara bertahap.

Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Titik Sudaryanti, mengatakan baru tiga destinasi yang sudah dikunjungi wisatawan sejak 3 September 2021. Menurut catatan Titik, sekitar 70 pengunjung sudah mengisi waktu liburan di Karimunjawa, dengan 40 wisatawan datang pada Sabtu pekan lalu dan 30 orang di keesokan harinya.

"Kebanyakan turis lokal dan kemungkinan pas akhir pekan yang datang untuk liburan bisa jadi bertambah banyak," ujar Titik.

Menurut Titik, destinasi wisata yang sudah dibuka yaitu area snorkling dan diving, tempat penangkaran penyu, serta hutan mangrove. "Baru tiga lokasi wisata itu yang dibuka," kata dia.

Titik juga menjelaskan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Karimunjawa diharuskan memenuhi sejumlah syarat. Seperti sudah mendapatkan vaksinasi yang ditunjukkan dengan kepemilikan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi ketika menyeberang dengan kapal ke Karimunjawa.

"Kapasitas penumpang (kapal) dibatasi 50 persen, tapi dengan situasi PPKM Jepara yang diturunkan ke level 2, animo masyarakat untuk liburan ke Karimunjawa memang cukup tinggi," kata dia.

 

Belum Banyak Wisatawan

Titik mengakui jumlah wisatawan ke Karimunjawa untuk saat ini masih sedikit. Meski begitu, Karimunjawa tetap jadi destinasi favorit masyarakat pecinta wisata.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mempersiapkan seluruh infrastruktur jelang kedatangan wisatawan. Juga membuka kembali jadwal penyeberangan Kapal Express Bahari setiap Senin dan Jumat, dan jadwal penyeberangan Kapal Motor (KM) Siginjai setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Tak hanya itu, Titik menyatakan semua tempat penginapan di Karimunjawa sudah melakukan pembenahan menyesuaikan situasi pandemi. Sehingga, Karimunjawa sudah siap sepenuhnya menyambut kembali pelancong.

"Semua fasilitas penunjang di tempat penginapan sudah disiapkan dengan memadai oleh pelaku wisata Karimunjawa, yang pasti protokol kesehatannya juga dilengkapi dengan baik supaya wisatawan nyaman dan aman pas liburan," terang Titik, dikutip dari Merdeka.com.

Karimunjawa saat ini tentu masih sepi. Sahabat Dream, ini kesempatan baik karena kamu bakal puas menikmati keindahan pulau di utara Jawa Tengah ini. 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi
Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Beberapa tempat memiliki jumlah virus lebih tinggi dibandingkan area lain. Kamu wajib meningkatkan daya tahan tubuh jika ingin mengunjunginya.

Baca Selengkapnya
Fakta-Fakta Pasien Covid-19 JN.1 di Batam Meninggal Dunia
Fakta-Fakta Pasien Covid-19 JN.1 di Batam Meninggal Dunia

Diketahui, varian JN.1 pertama kali dilaporkan di Indonesia pada bulan November lalu.

Baca Selengkapnya
20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023
20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023

Apakah Jakarta masuk dalam daftar kota tujuan wisata teratas?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.