Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ternyata Ini yang Bikin Seoul Begitu Disukai Turis Indonesia

Ternyata Ini yang Bikin Seoul Begitu Disukai Turis Indonesia Seoul, Korea Selatan (Foto: Seoulcitytourinkorea.com)

Dream - Cantik, damai, modern, namun juga kental dengan nuansa tradisional. Begitulah kesan yang muncul saat membayangkan negara satu ini. Negara yang belakangan kian mencuri perhatian masyarakat Indonesia lantaran pesona drama-drama romantis serta paras menawan aktor dan aktrisnya.

Sudah bisa tebak? Ya, tak lain dan tak bukan adalah Korea Selatan (Korsel). Daya pikat negara berjuluk Negeri Ginseng ini sukses membuat sebagian besar masyarakat Indonesia tergila-gila. Segala yang berbau Korea, laku keras di Indonesia. Rasanya tak berlebihan jika dikatakan demikian.

Tengok saja, film atau drama serial Korea yang tayang di televisi tanah air. Meski kerap diputar ulang, tetap tak kehilangan penggemar setianya. Demikian pula popularitas boyband/girlband K-Pop yang kerap membetot perhatian anak-anak muda Indonesia. Tak tanggung-tanggung, tiap kali para penyanyi itu menggelar konser di tanah air, tiket selalu ludes dan penonton membludak.

Dalam hal kuliner pun Korsel punya banyak fans di Indonesia. Sajian-sajian khas Korea seperti Kimchi, Kimbap, Bibimbap, Bulgogi, dan Ramyeon, banyak dicari. Bahkan akhir-akhir ini, Indonesia turut dilanda "demam" Mie Samyang. Mie super pedas asal Korea itu berhasil membuat banyak orang penasaran ingin mencicipi.

Tak cuma itu, belakangan, hal lain yang tak kalah booming adalah pariwisata Korea. Mengapa dibilang booming? Karena semakin ke sini, Korea kian difavoritkan orang Indonesia sebagai tujuan wisata. Tak heran, karena negara ini punya segudang tempat indah yang tiap sudutnya menarik untuk dijelajahi.

Salah satunya, tentu saja Kota Seoul. Sudah lebih dari 600 tahun Seoul menjadi ibukota dari negara Korea, namun hingga kini tak pernah kehilangan pesonanya. Dan sekarang, kota tua itu telah menjelma menjadi kota metropolitan yang sibuk sebagai pusat kegiatan politik, ekonomi, sosial hingga budaya dari warga Korea.

Sungai Hangang yang mengalir di pusat Seoul menjadi ikon sekaligus pembelah dua bagian wilayah kota itu. Wilayah utara berorientasi pada kawasan budaya dan sejarah, sedangkan wilayah selatan untuk kawasan bisnis.

Selain pusat kegiatan masyarakat Korea, Seoul juga menjadi pusat tujuan wisatawan lho. Dan hebatnya, 80,3 persen wisatawan yang berkunjung ke kota itu adalah wisatawan mancanegara (wisman). Termasuk wisatawan asal Indonesia tentunya.

Jumlah wisman yang datang ke Negeri Kimchi itu pun dari tahun ke tahun terus meningkat. Terlebih semenjak Piala Dunia Korea-Jepang tahun 2002 silam. Dan pada 2015 lalu, Seoul berhasil menduduki peringkat 9 untuk destinasi kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Keren ya?!

Melihat pesatnya perkembangan wisata Seoul, pemerintah setempat pun cepat merespon. Dengan harapan daya saing pariwisata Kota Seoul semakin baik, mereka meluncurkan brand I.SEOUL.U (Seoul Belongs to You and I) pada tahun 2015 lalu. Dan benar saja, feedback-nya pun kian bagus. Wisata Seoul semakin eksis dan mendunia.

Lantas apa sih yang membuat Seoul begitu dilirik wisatawan dunia, termasuk Indonesia? Ternyata, ciri khas Seoul yang sarat harmonisasi antara budaya tradisional dan modern adalah salah satu hal yang paling membuat turis jatuh hati. Hal lain yang paling diburu wisman di kota ini adalah kosmetik dan fesyen.

Dan bagi para traveler dan backpacker sejati, Seoul menjadi surganya tempat-tempat wisata menarik yang menggugah hasrat untuk menjelajah. Destinasi yang paling populer di Seoul antara lain kawasan perbelanjaan seperti Myengdong, Pasar Dongdaemun, dan Pasar Namdaemun.

Bagi penyuka wisata sejarah, bisa berkunjung ke Istana Gyeongbokgung dan Changgyeonggung. Jangan lewatkan pula menyaksikan pemandangan alam dan atraksi menakjubkan di Namsan Seoul Tower serta Lotte World. Ada juga Hongdae/Shinchon, Chengdam, Gangnam yang merupakan daerah baru, yang dikembangkan menjadi tempat populer untuk wisatawan.

Hal lain yang sayang dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Seoul adalah dining out (makan di luar) alias berburu kuliner. Berburu kuliner di Seoul menjadi satu kenikmatan tersendiri karena kota ini terkenal akan hidangan makanan lokal yang beragam dan sehat. Jika kamu biasa memakan Bulgogi atau Bibimbap versi Indonesia, maka saat di Seoul wajib mencicipi versi aslinya.

Jangan khawatir soal kehalalan, karena kini banyak restoran bersertifikat halal tersebar di penjuru Seoul. Kamu bisa memilih restoran hal yang disuka sesuai selera. Selain makanan halal, kamu yang muslim juga tak perlu khawatir soal tempat ibadah selama berwisata ke Seoul.

Meningkatnya jumlah wisatawan muslim yang datang ke Seoul setiap tahunnya, membuat pemerintah setempat cepat tanggap. Mereka membangun berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan dan kenyaman wisman muslim.

Alhasil, kini di Seoul banyak bertebaran restoran halal, masjid, hingga tempat-tempat perbelanjaan yang menyediakan mushola. Untuk memudahkan para wisatawan muslim diluncurkan pula aplikasi Halal Korea. Aplikasi ini memiliki fitur Qibla yang bisa menginformasikan pada wisatawan di mana arah kiblat, lokasi tempat ibadah hingga keberadaan restoran-restoran halal.

Nah, jadi makin penarasan dengan Seoul? Makin bersemangat untuk terbang ke ibukota Korsel ini? Sembari membuat itinerary perjalananmu ke sana, ada baiknya kunjungi situs Visit Seoul untuk mendapatkan informasi terlengkap mengenai kota tersebut.

Visit Seoul (http://english.visitseoul.net/index) adalah situs resmi untuk wisatawan yang disediakan oleh Kota Seoul. Dalam situs ini terdapat berbagai macam informasi seperti tempat wisata, belanja, akomodasi hingga tempat-tempat yang direkomendasikan.

Situs ini juga memberikan daftar 10 tempat terbaik sesuai tema kategori (seperti kehidupan malam, hiburan Korea, belanja, tradisi, wisata keluarga, pemandangan lampu Kota Seoul, dan sebagainya).

Tidak hanya informasi wisata, reservasi untuk hotel dan pertunjukan juga disediakan di situs ini. Detail seperti tanggal, harga juga diinformasikan. Untuk setiap anggota dari Visit Seoul dapat melakukan pemesanan tiket di situs ini.

Panduan resmi Kota Seoul berisi peta, informasi transportasi, dan nomor telepon tersedia dalam format PDF, dan dapat diunduh pula di situs Visit Seoul. Panduan tersebut dapat diunduh di link berikut: (http://english.visitseoul.net/map-guide-book).

Nah, tunggu apa lagi? Yuk segera jadwalkan liburanmu ke Seoul bersama keluarga dan teman-teman. Selamat jalan-jalan!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Alasan Ini Bikin Turis Indonesia Nyaman Jalan-jalan di Korea Selatan

5 Alasan Ini Bikin Turis Indonesia Nyaman Jalan-jalan di Korea Selatan

Tanpa sadar, orang Indonesia dan Korea memiliki beberapa kesamaan selera atau kebiasaan. Hal ini bisa membuat turis Indonesia nyaman berjalan-jalan ke Korsel.

Baca Selengkapnya
Serunya Lari Sambil Nikmati 3 Keindahan Taman Kota di Seoul Marathon Festival 2024

Serunya Lari Sambil Nikmati 3 Keindahan Taman Kota di Seoul Marathon Festival 2024

Wisatawan Indonesia juga bisa ikutan lho, Dijamin lari kamu makin menyenangkan!

Baca Selengkapnya
Cak Imin Mau Bikin 40 Kota Setara Jakarta, Wali Kota Balikpapan Ungkap IKN Lebih Realistis

Cak Imin Mau Bikin 40 Kota Setara Jakarta, Wali Kota Balikpapan Ungkap IKN Lebih Realistis

Wali kota Balikpapan dininiali setuju untuk pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ngakak! Cucian Milik TKI di Korea Ini Bikin Melongo, Air Sekalian Bajunya Membeku Gara-Gara Musim Dingin

Ngakak! Cucian Milik TKI di Korea Ini Bikin Melongo, Air Sekalian Bajunya Membeku Gara-Gara Musim Dingin

Josim yang bekerja sebagai TKI di Korea Selatan terkejut karena cucian yang direndamnya jadi beku.

Baca Selengkapnya
Intip Fasilitas Mewah untuk Perawatan Ibu yang Baru Melahirkan di Korea

Intip Fasilitas Mewah untuk Perawatan Ibu yang Baru Melahirkan di Korea

Para ibu yang masih dalam tahap pemulihan didampingi bidan dan akan dimanjakan dengan banyak perawatan.

Baca Selengkapnya
20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023

20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023

Apakah Jakarta masuk dalam daftar kota tujuan wisata teratas?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Game Pakai Wadah Bekas Minuman, Awas Bikin Geregetan

BUNGKUS! Game Pakai Wadah Bekas Minuman, Awas Bikin Geregetan

Lagi iseng karena tugas sudah selesai, daripada manyun coba ajak temen kamu main game ini. Awalnya sih biasa-biasa saja, tapi kok jadi penasaran

Baca Selengkapnya