'Tol Kahyangan', Pesona Keindahan Jalur Penghubung Banjarnegara-Batang

Jalan ini punya pemandangan yang mempesona, dijamin kamu akan tersihir.

Ahmad Baiquni
| 2 Juli 2020 11:10

Dream - Banjarnegara dan Batang, dua kabupaten yang mendapat anugerah cantiknya alam lereng Dieng. Keduanya menyandarkan pendapatan dari sektor pertanian yang subur.

Tetapi, antara Banjarnegara dan Batang sempat tak terhubung. Masyarakat di dataran tinggi Dieng sempat tak ada yang menjadi petani lantaran hasilnya tak bisa dijual.

Lokasi yang jauh dari pusat keramaian jadi salah satu penyebabnya. Tetapi ada masalah lebih berat yaitu tidak ada jalan untuk mengangkut hasil ladang.

Kisah derita itu ternyata didengar langsung oleh Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, dari masyarakat sekitar. Dia mengelus dada, dan bertekad membangun jalan agar masyarakatnya bisa bercocok tanam di lereng Dieng yang terkenal subur.

Kini, jalan tersebut membentang dari Banjarnegara menuju Batang. Masyarakat pun bergairah untuk mengolah lahan mereka.

Jalan yang dibangun dengan bahan beton ini dijuluki 'Tol Kahyangan'. Nama ini disematkan karena pemandangan di sepanjang jalan ini sungguh menakjubkan.

Kita bisa menyaksikan hamparan sawah dan ladang terbentang luas. Udara tertutup kabut membuat suasana terasa begitu menenangkan sehingga membuat kita merasa di kahyangan.

" Kualitas jalannya cukup bagus, dengan pemandangan indah dan hawa yang sejuk," kata Budhi.

 Tol Kahyangan

 Tol Kahyangan

Foto: Liputan6.com/Rudal Afgani Dirgantara

Selesai dibangun, ternyata jalan ini tidak hanya menjadi jalur masyarakat untuk mengangkut hasil panen. Jalan ini pula mengantarkan banyak pelancong yang singgah melepas penat.

Perlahan, jalan ini menjadi destinasi wisata tersendiri. Aktivitas ekonomi masyarakat sekitar pun mulai menggeliat.

Tidak sedikit orang yang menangkap peluang tersebut dengan mendirikan usaha. Seperti Nur, yang mendirikan warung kopi dilengkapi spot foto menarik.

" Alhamdulillah sebelum Corona omzet warung saya tembus Rp7 juta sampai Rp8 juta, hanya dari kopi dan makanan kecil," kata Nur.

Jika sudah punya waktu untuk jalan-jalan, kamu harus liburan ke tempat ini. Tempat indah dan nyaman tak selalu ada di luar negeri kok.

Sumber: Liputan6.com/Rudal Afgani Dirgantara

BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK

Jangan Lewatkan