Traveling ke Shanghai? Yuk Mampir Sholat ke 5 Masjid Megah Ini

Buat para traveler yang ingin jalan-jalan ke Shanghai masjid-masjid ini bisa jadi pilihan tepat, saat kamu mencari tempat sholat yang nyaman.

Puri Yuanita
| 24 Juli 2017 17:17

Dream - Siapa sangka jika di Shanghai yang mayoritas dihuni penduduk non-muslim, terdapat beberapa masjid megah yang kondisinya begitu terjaga. Masjid-masjid ini berperan penting pula dalam pemberitaan dan penyebaran dakwah Islam di Shanghai.

Nah, buat para traveler yang ingin jalan-jalan ke Shanghai masjid-masjid ini bisa jadi pilihan tepat, saat kamu mencari tempat sholat yang nyaman. Sekaligus pilihan terbaik sebagai tujuan wisata religi.

Masjid apa saja ya? Penasaran? Simak langsung yuk ulasannya.

1. Shanghai Songjiang Mosque

Didirikan pada masa pemerintahan Zhizheng, ini adalah masjid tertua di Shanghai. Dikelilingi oleh taman-taman indah dan luas, dengan konstruksi yang sesuai gaya arsitektur Arab berpadu dengan pengaruh dari Dinasti Ming dan Qing China. Bagian paling terkenal dari masjid ini adalah ruang sholat, ruang doa, koridor, dan ruang khotbah.

Lokasi masjid terbagi menjadi dua alamat:
- 43 Middle Part of Middle Mountain Road, Songjiang District, Shanghai, atau
- 21 Gangbeng Alleyway, Songjiang District.

2. Xiaotaoyuan Mosque

Ini adalah masjid terbesar di Shanghai, dan pertama kali dibangun pada tahun 1917 lalu direkonstruksi 8 tahun kemudian pada 1925. Masjid megah ini menyimpan sejarah yang kaya. Bangunannya terdiri dari dua aula sholat, ruang khotbah, perpustakaan dan ruang baca, ruang imam serta ruang tamu.

Sejak awal, masjid ini telah menerima dan melayani umat Islam di Shanghai melalui banyak sekolah dan panti asuhan serta menjadi markas besar bagi banyak organisasi atau komunitas muslim seperti the Management Committee of Mosques in Shanghai, Shanghai Islam Association, dan lainnya.

Pengunjung juga dapat menikmati jalan-jalan di halaman masjid yang luas atau melangkah lebih jauh keluar untuk menikmati beragam makanan halal terbaik yang ditawarkan oleh para pedagang kaki lima.

Lokasi: 52 Xiaotaoyuan Street, Nanshi District, Shanghai.

3. Pudong Mosque

Dibangun pada tahun 1935 dan diperluas pada tahun 1984, terletak di dekat Jalan Dongshang di Distrik Pudong, menawarkan akses mudah bagi wisatawan dan meliputi banyak area dengan luas keseluruhan mencapai 1.650 meter persegi. Masjid ini memiliki ruang sholat besar, ruang imam, dan aula khotbah.

Menara setinggi 36 meter berdiri tegak di bagian luar masjid, dimana kamu juga akan menemukan toko dan pedagang yang menjual buku-buku Islam dan makanan halal.

Lokasi: 375 Yuansheng Road, Pudong District, Shanghai.

4. Shanghai Fuyou Road Mosque

Juga dikenal sebagai Masjid Utara, Shanghai Fuyou Road Mosque didirikan pada masa Dinasti Qing. Selama periode waktu tertentu, ini pernah menjadi pusat agama, politik, dan kebudayaan umat Islam di Shanghai kala itu.

Area utama masjid meliputi halaman yang luas, aula imam, perpustakaan, banyak ruang konferensi, dan aula sholat yang luar biasa, yang dirancang menyerupai bangunan bergaya istana Tionghoa.

Lokasi: 378 Fuyou Road, Shanghai.

5. Shanghai Huxi Mosque

Ini adalah masjid pertama di Shanghai yang direkonstruksi setelah berdirinya Republik Rakyat China. Masjid tersebut menunjukkan pengaruh besar dari gaya arsitektur tradisional Arab/Islam, baik di bagian dalam masjid maupun eksteriornya.

Masjid Shanghai Huxi terdiri dari sebuah aula sholat dua lantai dengan lengkungan berbentuk hati ganda dan kubah berbentuk kipas. Masjid ini juga memiliki menara setinggi 25 meter, kubah, air mancur yang terletak di kedua halaman, depan dan belakang.

Lokasi: 3 Lane, 1328 Changde Road, Putuo District, Shanghai.

(Sumber: halaltrip.com)

Jokowi Kunjungi Papua Resmikan Monumen Kapsul Waktu

Jangan Lewatkan