Unik, `Runway` Bandara Berpotongan dengan Rel Kereta

Bandara ini merupakan salah satu dari sedikit bandara di dunia yang landasan pesawatnya berpotongan dengan jalur kereta api.

Puri Yuanita
| 9 Juli 2016 16:10

Dream - Bandara Gisborne adalah bandara regional kecil yang terletak di pinggiran barat Gisborne, Pantai Timur dari Pulau Utara Selandia Baru. Bandara ini merupakan salah satu dari sedikit bandara di dunia yang landasan pesawatnya berpotongan dengan jalur kereta api.

Bandara Gisborne meliputi lahan seluas 160 hektar, memiliki tiga landasan pacu rumput dan satu landasan utama yang berpotongan dengan jalur kereta api Palmerston North-Gisborne. Sebelumnya ada juga Bandara Wynyard di Pantai Utara Tasmania yang memiliki keunikan sama dengan Bandara Gisborne. Namun, lalu lintas kereta akhirnya membuat Bandara Wynyard ditutup pada 2005 silam.

Sementara Gisborne hingga kini masih beroperasi. Jalur kereta yang berpotongan dengan bandara ini juga masih aktif dan masih dilewati kereta api sehari-harinya, antara pukul 6.30 pagi hingga 8.30 malam. 

Rel kereta api memotong landasan hampir di tengah-tengah. Pernah beberapa kali pesawat dan kereta tak sengaja berpapasan. Dalam kondisi tersebut, pesawat udara akan dihentikan untuk menunggu kereta lebih dulu lewat.

Hal semacam ini menjadi tantangan tersendiri bagi otoritas Bandara Gisborne. Saat ini, Gisborne sendiri melayani sekitar 60 penerbangan domestik. Lebih dari 150 ribu penumpang terbang melalui bandara ini setiap tahun.

(Sumber: Amusingplanet.com)

 

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Mobil Wifi Penyelamat Siswa

Jangan Lewatkan