Unik, Kota di Papua Ini Berdiri di Atas Papan

Agats adalah salah satu kota tanpa polusi di dunia. Keren!

Dwifantya
| 16 Mei 2018 18:24

Dream - Tak banyak yang tahu, ada sebuah kota yang sangat unik di Papua. Terletak di Kabupaten Asmat, Kota Agats sangat unik karena hampir semua bangunannya berdiri di atas papan termasuk jalan-jalan di kota ini. Kota ini didirikan di atas ribuan papan dengan tiang pancang dari kayu.

Semua infrastruktur baik perumahan, perkantoran dan jalan raya di Kota Agats--ibukota Kabupaten Asmat ini-- terbuat dari kayu dengan konstruksi panggung. Aktivitas sehari-hari warganya dilakukan di atas papan seperti bersekolah, bekerja bahkan berolahraga.

Di Agats warganya bermain bola di atas lapangan yang terbuat dari papan. Jalan di kota Asgats pun berupa jembatan kayu yang menghubungkan antara satu tempat dengan tempat lainnya. Seluruh jalan di Agats tersebut berbentuk panggung.

Ada mitos soal kenapa tanah di Agats selalu basah dan bahkan cenderung berlumpur. Menurut kepercayaan warga Agats, rawa dan lumpur yang ada di sana itu adalah akibat dari kutukan seorang pastur bernama Jan Smith.

Awalnya, ia adalah seorang missionaris yang mengajarkan Injil pada warga Papua. Namun, ia tiba-tiba meninggal tanpa ada yang tahu sebabnya apa. Sesaat sebelum meninggal, Jan membuat sebuah pernyataan.

“ Sebuah wilayah pesisir selatan Papua yang bernama Agats ini akan basah dan menjadi wilayah rawa untuk selamanya”.

Kendaraan di kota ini hanya ada motor listrik dan sepeda karena hanya kedua jenis kendaraan itu saja yang boleh digunakan di Agats. Dengan sarana dan prasarana yang seperti itu, tentunya bukan hal mudah bagi kendaraan bermotor untuk melewatinya. Papan kayu yang berdiri di atas tanah berlumpur dan rawa-rawa jelas tak akan kuat menopang beban dari kendaraan bermotor.

Bupati Agats juga melarang warganya untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor. Selain karena beban kendaraan bermotor yang berat, emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor juga berbahaya bagi kesehatan. Maka, bisa dibilang Agats adalah salah satu kota tanpa polusi di dunia.

(Berbagai sumber)

Topik Terkait :

Nikita Mirzani Menghapus Semua Foto di Instagramnya

Jangan Lewatkan